Juli 10, 2013

Dekorasi Pelaminan di rumah

Kalau di kampung halamanku pernikahan itu masih banyak diadakan dirumah, ada juga sih yang di gedung. Sebenarnya sih pernikahan yang diadakan di gedung itu lebih enak lho, karena begitu acaranya berakhir misal: undangan jam 11.00 - 13.00 WIB berarti selepas jam itu acara benar-benar udah selesai. Tapi kalau acara diadakan di rumah terkadang undangan itu datangnya tidak kenal waktu. Walaupun acara ditetapkan jam 11.00 - 13.00 WIB bisa aja ada undangan yang datang pagi, sore atau bahkan malam hari.

Nah kalau acara diadakan di rumah yang kebetulan tidak besar dan tidak memiliki halaman yang luas biasanya agak terkendala dengan soal pelaminan. Kalau di tempat yang luas sih gak masalah mau pelaminan model apapun, tapi kalau tempatnya terbatas berarti model pelaminannya harus disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Tadi iseng-iseng browsing dan menemukan beberapa model pelaminan yang menurutku apik dan cocok untuk acara pernikahan yang diadakan di rumah. Karena aku suka yang nuansa segar jadi selalu ada unsur daun-daunan hijau dan bunga-bunga segar :)



 Pelaminan bernuansa putih, menggonakan gebyog berwarna putih dan kursi yang senada. Aku sangat suka dengan rangkaian bunga perpaduan warna putih, pink dan daun-daun hijau kelihatan segar :)



 Oya kalau misalkan keuangan terbatas pelaminan itu bisa dibuat sendiri lho, bisa kok sewa gebyog yang sederhana dan bunga-bunganya beli langsung aja di pasar bunga trus dirangkai sendiri atau minta tolong teman atau saudara yang punya keahlian merangkai bunga. Aku pernah bikin rangkaian bunga untuk kamar pengantin dan pelaminan saudaraku. Hasilnya cukup memuaskan kok...yah paling nggak banyak yang memuji hehehe. Dulu aku beli bunga di pasar Splendid Malang abis 200K dan udah bisa bikin beberapa rangkaian bunga untuk di pelaminan. Waktu itu aku pakai bunga krisan putih, bunga pompom, bunga mawar merah, bunga mawar putih dan baby breath, juga memakai dedaunan. Aku rangkai dengan menggunakan spons untuk tatakan bunga yang sudah direndam dalam air. Hasilnya cukup memuaskan :)

Kalau untuk pemanis ruangan bisa mempergunakan bunga sedap malam, selain cantik baunya juga wangi apalagi kalau sore sampai malam hari. Bunga sedap malam bisa dirangkai dengan menggunakan bokor atau bejana dari tanah liat dan dibentuk setengah lingkaran. 




Selain bunga sedap malam bisa juga memakai bunga melati yang dirangkai dengan menggunakan batang daun palem. Lumayan kan bisa menghemat budget untuk dekorasi. Tapi kalau gak mau repot, maunya terima beres dan ada dananya ya sebaiknya menggunakan tenaga profesional. Kita tinggal menerangkan maunya kita seperti apa dan apakah vendornya bisa memenuhi permintaan kita atau tidak, kalau perlu bawa contoh foto. Kalau vendornya memang profesional dan ahli dibidangnya pasti nggak ada masalah kita mau minta model dekorasi apapun tinggal disesuaikan aja dengan budget. Bunga potong apalagi yang impor itu mahal, jadi jangan bermimpi punya dekorasi yang mewah dengan budget terbatas...realistis aja. Bunga-bunga lokal juga nggak kalah cantik kok :)

4 komentar:

  1. Thanks infonya... aku lagi mempersiapkan pernikahan...agak pusing jg urusan pelaminan..bikin sendiri trnyata ok jg

    BalasHapus
  2. tips agar bunga msih terliat segar dlm rangkaian d mlm kedua pernkahan...wlo ga pke vas(isi air) apa ja y sis?

    BalasHapus
  3. Pakai busa yg khusus untuk bunga, busanya direndam dulu dalam air selama 1 jam baru bunga dirangkai diatas busa. Busa bisa disiram air 2-3 hari sekali. Biasanya bunga akan tetap segar.

    BalasHapus