Juli 08, 2013

Bau Badan

Setiap orang memiliki bau badan yang khas, tetapi ada juga yang bau badannya terlalu "khas" jadi mengganggu orang lain disekitarnya. Bau badan bisa disebabkan oleh masalah pencernaan, masalah asupan makanan atau masalah kebersihan yang tidak terjaga. Beberapa jenis makanan memang bisa menyebabkan badan menjadi bau misalnya seperti bawang putih, olahan dari susu, daging. Perokok juga badan dan nafasnya bau...bahkan baju-bajunya pun juga bau rokok. 


Jaman aku dulu masih kuliah di UGM dan mengikuti KKN (Kuliah Kerja Nyata), aku tergabung dalam satu sub unit yang terdiri dari 8 orang Mahasiswa dan Mahasiswi dari 8 Fakultas yang berbeda. Salah satu diantara temanku itu ada yang dari Fakultas Kehutanan. Wajahnya sih lumayan manis, hidungnya mancung dan orangnya sangat baik hati...tapi sayangnya dia bauuu....
Dan ternyata setelah aku tanya dia itu jarang mandi dan jarang ganti baju...hadeuuuhhh. 

Trus aku bujuk-bujuk supaya dia rajin mandi, aku bilang begini ke dia,"Mandi dong Cok...biar segar, biar sehat, biar wangi. Bagaimana mau dapat cewek kalau malas mandi kayak gitu."
Eh orangnya masih males-malesan mandi, trus aku bilang lagi ke dia,"Cok, kamu tuh ganteng lho." (wah langsung senyum-senyum gitu dibilang ganteng hahahaha). Aku lanjutin lagi,"Dan akan tambah ganteng lagi kalau kamu mandi." Langsung dia berangkat mandi huahahahahahaha....
Abis mandi dia bilang ke aku,"Na, aku udah mandi lho."
"Nah gitu dong, enak kan badannya jadi seger dan wangi...emm tapi bajunya ganti juga dong. Percuma kalau abis mandi tapi bajunya gak ganti kan tetap gak wangi."
Langsung ngacir ganti baju huahahahahaha....teman-temanku yang lain pada ngikik-ngikik nahan ketawa ngeliat tingkah si Ucok.

Waktu awal-awal kost aku juga punya teman sekamar yang bau badannya "khas". Aku merasa sangat terganggu apalagi dia gak suka kalau jendela dan pintu kamar dibuka, maunya ditutup rapat jadi kan baunya berputar aja di dalam kamar. Gara-gara hal itu aku jadi bisa tidur telungkup...gara-gara gak tahan ama baunya. Mau negur langsung gak enak karena sama-sama cewek...akhirnya aku minta tolong ke temen kostku yang lain. Minta tolong ke Mbak Bonita yang cantik tapi kalau ngomong ceplas ceplos hehehe. Trus Mbak Bonita masuk ke kamarku dia sengaja duduk di lantai trus kepalanya disandarkan ke tempat tidurnya temenku.
Mbak Bonita: "Aduh...kok jadi gatal-gatal ya pipiku...wah spreinya kurang bersih nih. Terakhir kapan kamu ganti spreinya?"
Temen sekamarku: "Lupa Mbak."
Mbak Bonita: "Hah berarti udah lama banget dong gak diganti, pantesan pipiku gatal-gatal. Harus rajin ganti sprei lho kalau nggak kan banyak kuman."
Teman sekamarku: "Iya mbak."
Mbak Bonita: "Itu baju-baju bergantungan kayak gitu bersih gak? kalau udah pernah dipakai trus digantung tuh mengundang nyamuk datang...bahaya ntar bisa kena DBD. Nyamuk DBD kan suka di baju-baju kayak gitu."
Teman sekamarku: "Iya mbak." (sambil mulai meringkasi baju-bajunya dan mengganti spreinya)
Mbak Bonita: "Pintu dan jendela kamar juga harus sering dibuka jadi udaranya gak pengap, biar dapat udara segar. Kan badan jadi sehat kalau udaranya segar."
Teman sekamarku: (manggut-manggut aja)
Mbak Bonita: "Oya, aku punya bedak MBK lho. Kamu mau gak? enak lho bikin badan jadi segar. Coba pakai deh."
Teman sekamarku menerimanya dengan wajah yang sumringah dan wajahku pun gak kalah sumringah. Makasih Mbak Bonita *peluk erat-erat* akhirnya masalah teratasi...fiuhhhh....

Kalau waktu kerja di bagian marketing dulu aku satu ruangan ber-4, yang 3 orang laki-laki. Nah salah satu temanku punya anak buah, laki-laki juga. Anak buahnya itu punya bau badan yang luar biasaaaaa. Tiap dia masuk ke ruanganku...rasa-rasanya aku pengen punya ilmu menahan nafas. Dan begitu dia keluar langsung seluruh pintu dan jendela dibuka lebar-lebar...bayangin aja di ruangan ber-AC trus ada yang bau kan baunya berputar terus disitu. Ternyata ketiga orang teman seruanganku pun mengeluhkan hal yang sama, cuma gak ada yang berani negur. Trus aku minta tolong ke bosku untuk kasih tau orang itu eh bosku pun ngerasa gak enak padahal biasanya dia bawel. Akhirnya aku coba negur sendiri aja. Bismillah....

Orangnya saat itu baru tugas lapangan dan masuk ke ruanganku. Tentu saja dengan baunya yang aduhai itu. Aku tanya-tanya aja dengan nada bercanda.

Aku: "Dari mana B? kayaknya capek banget?"
B : "Biasa Mbak, abis dari lapangan...panas banget diluar. " (sambil kipas-kipas)
Aku: "Udah punya cewek ya B? kayaknya semangat banget kalau tugas keluar..."
B : "Ah Mbak bisa aja, mana ada cewek yang mau sama saya. Belum dapet cewek juga nih sampai sekarang."
Aku: "Makanya harus wangi dong biar cewek-cewek nempel kayak perangko, kalau bau gitu mana ada yang mau...malah menjauh deh ceweknya."
B : (ngendus-ngendus bajunya) "Saya bau ya Mbak?" Maklum abis kena sinar matahari jadi bau deh."
Aku: "Mau aku kasih tau gak biar gak bau?"
B : "Mau dong Mbak, gimana caranya?"
Aku: "Pertama harus rajin mandi, trus rajin ganti baju, trus pakai tawas di ketiak. Dijamin gak bau lagi deh."
B : "Tawas nyarinya dimana Mbak?"
Aku: "beli di pasar2 juga ada kok, kalau nggak kamu pakai bedak MBK aja itu kan ada kandungan tawasnya.
B : "Oke Mbak makasih ya sarannya." (sambil senyum dia pergi). Aku jadi kayak salesnya bedak MBK ya hehehehe....

Dua hari kemudian si B masuk lagi ke ruanganku dan kali ini tidak tercium bau apapun. Trus dia bilang,"Mbak aku udah pakai tuh bedak MBK-nya, makasih ya."
"Sama-sama B,"jawabku sambil tersenyum lega. Dan abis si B keluar teman-teman seruanganku bilang ke aku,"Na, makasih yaaaaa."

Masalah BB tidak berhenti sampai disitu...waktu di TransJ aku pernah berdiri dekat cewek yang pakai baju "U can see" dan dia tangannya pegangan keatas...aduhai baunya. Trus pernah juga di TransJ duduk manis eh di halte berikutnya naik bapak-bapak yang berdiri didepanku dan tangannya juga berpegangan keatas...sadis banget baunyaaaa. Akhirnya aku mengeluarkan tissue basah dan menangkupkan ke wajahku...dan ibu-ibu yang duduk disamping kanan kiriku pun berusaha mencari wangi-wangian ditasnya.

Teman...mau secantik dan seganteng apapun Anda...tapi tolong perhatikan soal bau badan masing-masing. Kadang hidung kita sudah terbiasa dengan aroma badan kita sendiri jadi kurang sensitif dengan bau badan kita sendiri. Oleh karena itu jagalah kebersihan badan, rajin ganti baju, perhatikan asupan makanan dan pakailah produk-produk yang bisa meminimalisir bau badan kita. 
Kalau ada saudara atau teman kita yang punya masalah dengan bau badan...bisa diingatkan dengan cara halus atau sambil bercanda sehingga dia tidak tersinggung. Hal itu sebenarnya juga membantu dia lho, sehingga tidak bermasalah lagi dengan bau badan.

KEBERSIHAN adalah SEBAGIAN DARI IMAN.

0 comments:

Poskan Komentar