Juni 02, 2010

Karimunjawa - Day 1

Sabtu, 29 Mei 2010

Dengan kereta malam aku menuju Semarang...untuk seterusnya melanjutkan perjalanan ke Kepulauan Karimunjawa. Kereta nyampe stasiun Tawang sesuai dengan jadwal, dan aku ketemuan dengan adikku disitu. Kami masih harus menunggu beberapa jam di stasiun untuk melanjutkan ke Pelabuhan Tanjung Mas. Kapal Cepat Kartini yang menuju Karimunjawa memang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas, dan kapal ini tidak setiap hari berangkat ke Karimunjawa lho...jadi untuk yang berminat liburan ke Karimunjawa harus tau hal itu. Jadwal kapal ini hari Sabtu jam 09.00 WIB berangkat ke Karimunjawa (kalau hari lainnya, kalau gak salah hari Selasa dan Kamis). Oya jarak Stasiun Tawang ke Pelabuhan Tanjung Mas gak jauh kok, aku kemarin naik Blue Bird hanya sekitar 5 menit aja (untuk ke Pelabuhan bisa denngan naik taksi, ojek atau becak).

Sekedar info kalau berminat ke Karimunjawa lebih baik menghubungi agen tour setempat, jadi kita tinggal berangkat aja dan tau beres. Kemarin sih aku memakai tour Pak Ipong. Waktu berangkat kemarin ada calon wisatawan domestik yang kecele karena mereka gak memesan tiket dulu tapi go show ke pelabuhan...jelaslah tiketnya udah abis...maklum lagi long weekend.

Kapal berangkat tepat jam 09.00 WIB...perjalanan ditempuh selama 4 jam...cukup panjang memang. Disarankan untuk yang gampang mabuk laut sebelum berangkat sarapan dulu, minum obat anti mabok dan bagian pusar ditempelin salon pas (tapi jangan yang cabe ya...ntar malah kepanasan hehehe...). Di kapal cepat ini ada 2 kelas yaitu kelas bisnis dan eksekutif, atau untuk yang mau duduk di buritan juga ada kok kursinya tapi memang jumlahnya lebih sedikit.

Begitu nyampe di dermaga Karimunjawa kami udah dijemput oleh mobil untuk diantar ke penginapan. Setelah makan siang, mandi dan sholat kami langsung berangkat lagi menuju Pulau Cemara Besar dengan menaiki perahu kayu bermesin untuk snorkling. Cukup menyewa alat snorkling Rp 35.000 saja kami sudah bisa puas bersnorkling...melihat terumbu karang dan ikan-ikan yang bersliweran.

Perahu Kayu Bermesin

Hanya perlu diingat disini lautnya dangkal jadi harus hati-hati saat berenang...lututku kena goresan karang dan tanganku kena bulu babi..hiks...rasanya mantap banget deh...cenut...cenut...langsung menghilangkan konsentrasi...bulu bai yang tertinggal ditanganku dibejek-bejek (aih istilahnya) ma pemandunya sampai ancur trus gak berapa lama hilang deh sakitnya. Belum lagi telapak kakiku kram...beuh gara2 gak pemanasan dulu dan emang jarang berenang nih.

Puas snorkling kami menuju Pulau Tanjung Gelam sambil menunggu sunset...pulau ini tidak berpenghuni, pasirnya putih dan lembut...disudut-sudutnya ada batu karang yang artistik. Sayang saat itu matahari tertutup mendung jadi gagal deh menyaksikan sunset yang sempurna. Hari semakin gelap...kapal kami pun membawa kami kembali ke Pulau Karimunjawa. Sepanjang perjalanan aku menggigil kedinginan, karena kan abis snorkling gak bisa ganti baju karena emang gak ada tempat untuk ganti baju...tapi aku mendapatkan pemandangan yang menakjubkan...taburan bintang-bintang di langit yang begitu banyak (udah lama aku gak melihat bintang sebanyak itu). Sampai akhirnya kami tiba di dermaga dan kembali ke penginapan untuk mandi dan sholat.

Makan malam diadakan di Hotel Nirwana yan letaknya agak jauh dari penginapanku. Tempatnya luas, begitu memasuki pekarangan Hotel disambut oleh lampu-lampu redup yang berjajar di sepanjang jalan...romantis...tapi kesan romantis itu hilang saat aku menengok ke kanan kiri dipenuhi pohon kamboja. Emmm bukan apa2 sih cuman ditempatku kamboja banyak ada di pekuburan :D

Menu makan malam kami malam itu kepiting dan Ikan Bakar....rasanya enak...walaupun harus direpotkan dengan capit-capit kepiting yang susah diajak kompromi itu. Tempat makannya romantis...bangunan bentuk joglo dengan lampu2 redup dan bangunannya terletak persis di bibir tebing laut. Tapi karena besok pagi kami harus bangun pagi untuk menikmati sunrise akhirnya kami pulang ke penginapan biar bisa cepat tidur. Oya sebelum tidur masih sempat untuk belanja souvenir di depan penginapan...jadi besoknya kan gak perlu repot lagi beli souvenir :)

10 komentar:

  1. Mba Nana, saya boleh minta link agen tour Pak Ipong itu downk... atau Contack Person'nya. Mkasiiih mba... :)

    BalasHapus
  2. www.karimunjawa.wordpress.com
    HP Pak Ipong 08122827007/081914617007

    BalasHapus
  3. hmmmm, mantap pemandangannya,
    bagus-bagus tuch..

    BalasHapus
  4. aku dah pernah kesana tahun 2010 pulau bagus banget pokoknya ga nyesal dah kesana, hehehe
    salam kenal ya :)

    BalasHapus
  5. Mb karimun jawa menginap di hotel apa? Boleh minta cp hotelnya?
    Trs sama cp utk kita snorkling ya...
    Makasih..

    BalasHapus
  6. Mb karimun jawa menginap di hotel apa? Boleh minta cp hotelnya?
    Trs sama cp utk kita snorkling ya...
    Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dulu ikut tour jadi penginapan dan alat snorkeling sudah termasuk paket tour.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus