September 28, 2009

Wisata Kuliner di Wlingi Blitar

Banyak sekali makanan di daerahku ini, berbagai jajanan pasar, sate kambing, soto, tahu campur, bakso dengan berbagai variasinya, pecel tumpang, bebek goreng, burung puyuh goreng, peyek uceng, ikan bakar dan masih banyak lagi.
Pengen ngerasain kuliner daerah sendiri, akhirnya aku ngajakin Elva (sepupuku yang masih kelas 5 SD) untuk nemenin aku nyicipin aneka makanan yang ada di kotaku.


Makanan yang sempat aku cicipin antara lain:
  • Tahu Campur, isinya tahu yang digoreng setengah matang, lontong/nasi, bumbunya terdiri dari petis, bubuk kedelai, cabe, kecap, bawang putih dan ditaburi dengan irisan daun seledri....paling enak dimakan saat hangat...rasanya so yummy...dan harganya cukup Rp 3.000/porsi. Lokasinya di Jl. Bromo Wlingi Blitar sebelah kiri Indomaret dan bukanya malam hari saja. Penjualnya Ibunya temanku nih :)


  • Serabi. Aku tadinya pengen serabi bikinan tetanggaku...wah rasanya enak deh...biasanya dihidangkan bersama kicir-kicir, kicir-kicir itu dibuat dari tepung juga tapi aku lupa tepung apa yang jelas tepungnya campuran antara tepung beras ma tepung yang lain dan dikasih warna dengan daun suji jadi warnanya hijau...menarik dan enak. Tapi ternyata dia belum jualan...hmm lebaran ikut libur juga rupanya. Akhirnya pas lagi jalan ke rumah Bulikku ketemu tukang jual serabi keliling, kata sepupuku namanya Pak Toyib (wah ternyata 3 kali puasa 3 kali lebaran gak pulang2...akhirnya setelah pulang Bang Toyib jualan serabi keliling huehehehe...). Harganya Rp 1.000/setangkup serabi plus kuahnya yang terdiri dari santan dan gula cair. Rasanya biasa2 aja menurutku....jauh lebih enak bikinan tetanggaku itu tapi ya gimana lagi....gak jualan sih.


  • Bebek Goreng Guntur. Guntur adalah nama pemiliknya :). Daging bebek gorengnya begitu empuk walaupun tekstur serat dagingnya masih terlihat, dengan kulit bebek yang garing dan bumbu yang meresap ke daging bebek...enakkkkkk bin maknyussss...kalau sambalnya terlalu pedas bisa ditambahi kecap. Harganya Rp 17.000/porsi (bebek goreng, nasi, sambal dan lalapan). Lokasinya di Jl. Bromo Wlingi Blitar di depan Toko Jakarta (sebelum SMP 2 Wlingi). Buka mulai pukup 18.00 WIB.

  • Bakso Kikil. Ada banyak aneka Bakso di Wlingi tapi yang paling aku suka tetap Bakso Kikil, jangan salah biarpun namanya Bakso Kikil tapi gak ada kikil didalamnya hehehe...isinya bakso, tahu, suun dan tetelan daging...rasanya hmm nikmattttttt. Harganya Rp 5.000/porsi. Lokasinya di Utara pasar Wlingi (sebelah kiri Pasar Wlingi) di Jl. Merapi Gurit Wlingi. Bakso Kikil buka dari Jam 09.00 - 20.00 WIB

  • Ikan Nila Bakar. Nah kalau jenis makanan yang satu ini baru ada di Wlingi beberapa bulan ini (info dari sepupuku). Satu porsi berisi nasi putih, ikan nila bakar ukuran kecil, sambal dan lalapan. Penampilannya sih menurutku kurang oke yah saat aku pesan, karena kulitnya kelihatan terlalu gosong (mungkin apinya terlalu besar saat memanggang) tapi rasanya enak lho, menteganya terasa banget di kulit ikannya dan bumbunya juga merasuk ke daging ikannya. Harganya cukup murah yaitu Rp 7.500/porsi (mungkin kalau ikan nilanya yang ukuran besar harganya lain). Lokasinya di depan SMP 1 Wlingi (di seberang jalan). Bukanya malam hari aja.

Masih banyak sih jenis kuliner yang lain...tapi gak mungkin dicobain semua karena di rumah pun makanan melimpah...bisa-bisa kena omel Ibu tercinta kalau makan di luar terus hehehe...

11 komentar:

  1. koreksi dunk...bukan tahu campur kali ya namanya...tapi lontong tahu/nasi tahu,kalo tahu campur kan udah lain lg,yang makanan khas lamongan itu

    BalasHapus
  2. Di tempatku namanya emang tahu campur jadi gak ada yang perlu dikoreksi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gobLok tahu campur itu lamongan ada dagingnya....klo itu nasi tahu or tahu lontong klo org wlingi dan memang pecinta kuliner pasti tau lah,.....udh salah dibenerin eh malah ngeyel!!!!GOBLOK!!

      Hapus
    2. Anda akan lebih terhormat bila berkomentar secara santun...

      Hapus
    3. Aduh jangan ribut. Cobalah untuk berkomentar secara santun, saling menghormati jadi tidak ada yang tersinggung...hanya masalah kebiasaan menyebut nama makanan aja kok. Damai yah :)

      Hapus
  3. Soto gurid kok gak di posting pisan..

    BalasHapus
  4. Hehe... Asalkan bisa disantap sudah lah..
    Knp ribut???

    Aku biasa nyebut jg terbalik.
    Misalnya soto mee atau mee soto gtu...

    Penjualnya dah faham jg, gak slh ngasih tu.... alhamdulillah

    BalasHapus
  5. memang benar kata mbak ariana itu hanya beda penyebutan saja kalau di PASURUAN ada yg menyebut tahu campur ada juga TAHU TEK, anonim benar juga yg secara umum dimaksud tahu campur lamongan bahannya ada dagungnya...

    BalasHapus
  6. Orang nyebut tahu campur ya gak masalah,toh didlmya jg dicampur isinya....mau nyebut tahu bumbu jg gak masalah beda blitar dan lamongan....dimalang orang makan bakso diluar malng bisa saja orang makan bakwan,yg goblok disini bukan masalh bener pa salahnya,tpi tutur katanya....

    BalasHapus
  7. Kalau sekarang bisa di coba Mba Mei, sebelah baratnya Lampu Merah. Backpacker blitar

    BalasHapus