April 14, 2009

Sakinah, Mawadah wa Rahmah

Semoga pernikahannya menjadi pernikahan yang abadi dan menjadi keluarga yang sakinah, mawadah wa rahmah....biasanya doa itu yang kita panjatkan untuk mempelai dalam sebuah pernikahan.

Nah arti sebenarnya dari sakinah, mawadah wa rahmah itu apa sih sebenarnya??
Pengertian umum dari kalimat sakinah, mawadah wa rahmah yakni damai, tenang dan tentram dalam rajut cinta dan kasih sayang nan sejuk dan abadi.
Secara historis-filologis, kalimat hasil rangkaian tiga kata utama:
  • Sakiinah artinya tenang, tentram
  • Mawaddah artinya cinta, harapan
  • Rahmah artinya kasih sayang dan satu kata sambung wa yang artinya dan
Tiga kata utama tersebut sejatinya merupakan istilah khas Arab-Islam yang dirujuk dari QS. Ar-Rum ayat 21.
"Di antara tanda-tanda (kemahaan-Nya) adalah Dia telah menciptakan dari jenismu (manusia) pasangan-pasangan agar kamu memperoleh sakiinah disisinya, dan dijadikannya di antara kamu mawaddah dan rahmah. Sesungguhnya dalam hal yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kemahaan-Nya) bagi kaum yang berpikir." (QS. Ar-Rum:21)

Dalam perkembangannya, kata sakiinah diadopsi ke dalam Bahasa Indonesia dengan ejaan yang disesuaikan menjadi sakinah yang berarti kedamaian, ketentraman, ketenangan, kebahagiaan.
Kata mawaddah juga sudah diadopsi ke Bahasa Indonesia menjadi mawadah yang b erarti kasih sayang. Mawaddah mengandung pengertian filosofis --> adanya dorongan batin yang kuat dalam diri sang pencinta untuk senantiasa berharap dan berusaha menghindarkan orang yang dicintainya dari segala hal yang buruk, dibenci dan menyakitinya. Mawaddah adalah kelapangan dada dan kehendak jiwa dari kehendak buruk.

Adapun kata rahmah, setelah diadopsi dalam Bahasa Indonesia ejaannya disesuaikan menjadi rahmat yang berarti kelembutanhati dan perasaan empati yang mendorong seseorang melakukan kebaikan kepada pihak lain yang patut dikasihi dan disayangi.

Karena itu, kedamaian dan kesejukan berumah tangga akan terbina dengan baik, harmonis serta penuh cinta kasih dan semangat berkorban bagi yang lain. Pada saat bersamaan jiwa dan ruh rahmah tersebut akan membingkainya dengan dekap kasih dan sapaan lembut sang Khalik.

Sumber: Cuplikan tulisan Umar Fayami dalam Majalah Noor edisi Pernikahan 2009

14 komentar:

  1. Ternyata tulisan ini banyak yang membacanya dan banyak yang copy paste untuk dipasang di blognya. Ada yang mencantumkan sumbernya dari blogku yaitu Ariana-myjourney ada yang tidak mencantumkan sumbernya, ada yang copas sampai tulisan Sumber: Cuplikan tulisan Umar Fayami dalam Majalah Noor edisi Pernikahan 2009.

    Hmm...senang kalau tulisan ini bermanfaat. Padahal sebagian tulisan ini tulisanku tapi banyak yg copas mentah2 tanpa menyebutkan sumbernya hehehe....

    Well...itulah dunia maya...siapa pun bisa dengan mudah copy paste. Tapi ada yang punya sopan santun ada yang tidak, sama seperti di sunia nyata :)

    Semoga artikel di atas bisa memberi manfaat untuk pembacanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aslamualaikum ariana .
      ya semoga saja tulisanm tidak menyesatkan umat, dan jika umat tersesat oleh tulisanmu, semoga saja kau segera bertaubat ke jalan yang benar dan ini sebagai reference bagi umat lain untuk tidak sembarangan asal bicara tanpa ada dalil yang jelas & benar. wasllb

      Hapus
    2. Wa'alaikumsalam Wr. Wb.,

      Apakah menurut saudara Johan ada tulisan di atas yang menyesatkan umat sehingga menuduh saya menulis sembarangan dalam hal ini?

      Apakah bisa Anda jelaskan bagian mana yang salah dan Anda beri penjelasan yang benar? Dan umat lain yang mana yang Anda maksud?

      Dan apakah Anda bisa menampilkan profil Anda secara jelas sehingga orang lain tahu siapa Anda tidak hanya nama?

      Btw menurut saya tidak elok kiranya ucapan salam disingkat sehingga memberikan makna yang salah :)

      Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

      Hapus
    3. Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh!
      Mbak Ariana, coba bandingkan tulisan anti dengan yang berikut ini.
      http://smkplusqurrotaayungarut.blogspot.com/2013/04/merajut-keluarga-sakinah-mawaddah.html#

      Hapus
    4. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wa barakatuh

      Hapus
  2. mohon ijin konten ini u/ web saya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Pak Toni...saya juga hanya menulis ulang sebagian. Semoga mendatangkan manfaat :)

      Hapus
  3. hi...assalamualaikum..
    syukron katsiran ya...

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Silahkan...semoga bermanfaat :)

      Hapus
  5. Mbak ariana : ikhlas saja mbak yg penting berguna jgn diperdebatkan :-)
    bagaimanapun sumbernya al quran

    BalasHapus
  6. Hatur nuhun eUceu...!! katampi pisan... :)

    BalasHapus