September 19, 2008

Memakai & Merawat Kebaya

Memakai & Merawat Kebaya

Ada beberapa hal yang dapat kami share kepada Anda mengenai cara pemakaian dan perawatan kain batik tulis, bustier, kebaya, dan bros.

Cara pemakaian:

1.Yg pertama-tama dipakai adalah kain batiknya terlebih dulu, baru kemudian bustiernya.
2.Kemudian baru pakai kebayanya, dengan cara memasukkan kedua tangan kedalam lengan kebaya secara bersamaan (karena badan kebaya dibuat pas badan, maka tidak bisa memakai seperti halnya memakai blouse). Supaya hasilnya bagus, sebaiknya pemakaiannya dibantu oleh orang lain.
3.Jangan memakai/menempel bros langsung pada kebaya, karena kebaya akan keberatan dan kemungkinan bisa sobek. Sebelum memakai bros, ujung kebaya bagian kancing pertama (paling atas) harus dipeniti dulu jadi satu dengan bagian atas bustier. Baru kemudian bros dipasang/dikaitkan tepat di bagian kebaya yang telah dipeniti jadi satu dengan bustier.

Cara perawatan kain batik tulis prada:

1. Sehabis dipakai, kain harus dicuci dengan air biasa tanpa menggunakan sabun/deterjen, jangan menggunakan mesin cuci atau pun di gilas/sikat (indonesia banget sih :)).
2. Peras kain dengan tangan, dan jangan juga menggunakan pengering mesin cuci.
3. Jemur dengan cara diangin-anginkan saja, jangan menjemur di bawah sinar matahari langsung karena warnanya bisa pudar.
4. Setelah kering, setrika dengan suhu sedang, tidak terlalu panas.
5. Lipat dan simpan kedalam kotak baju (bisa dibeli di pasar Mayestik).

Cara Perawatan bustier:

Dry clean only, simpan kembali ke dalam kotak baju

Cara Perawatan kebaya:

Sama dengan cara perawatan kain batik, tapi TIDAK BOLEH disetrika. Kebaya harus dilipat dan dimasukkan ke dalam kotak baju. Sebaiknya di dlm kotak diletakkan silica gel satu buah saja cukup. Kebaya TIDAK BOLEH digantung, karena akan sobek atau ukurannya bisa melar.

Sumber: Butik Hana

0 comments:

Posting Komentar