September 09, 2008

Tempat Seserahan

Hari Sabtu tanggal 6 September 2008 kemarin aku pergi ke Pasar Mayestik dengan tujuan mencari tempat seserahan dan kain tulle untuk souvenir. Terpaksa deh pergi sendiri karena kasihan kalau ngajak adikku, dia kan puasa sedangkan aku lagi nggak puasa...biasaaa ada 'tamu'...
Berangkat ke Mayestik jam 09.00 WIB dari Benhil nyampe sana pasar masih sepi, masih ada toko2 yang belum buka, malah enak buat aku. karena kalau ngeliat orang lalu lalang suka pusing hehehe....
Begitu nyampe di Mayestik aku langsung menuju toko Fancy buat nyari kain tulle & double ciffon buat furing, setelah itu ke toko Mumbay yang ada didepannya toko Fancy, dan beli kain chiffon buat kerudung nyokap (padahal sebelumnya udah beli cuman kayaknya kainnya kurang nyaman kalau dipakai). Sempet sih tergoda untuk beli kain kebaya buat seragam panitia karena ngeliat harganya yang murah...cuman mikir lagi deh...budget terbatas nih...
Beres urusan beli kain aku mampir ke Pusacho untuk ngeliat harga mutiara imitasi (souvenir panitia tasbih dari mutiara imitasi yang aku rangkai sendiri), ternyata harga mutiara imitasi di Pusacho jauh lebih mahal apabila dibandingkan harga di toko charisma di Mangga Dua Square lt.3, dan pilihannya pun sangat terbatas kalau di Pusacho. Aku ngerasa nyaman kalau beli payet, mutiara imitasi dan lain2 di toko charisma itu karena pilihannya banyak banget dan tempatnya nyaman :).

Abis dari Pusacho aku ke kios yang jual beraneka macam tempat seserahan yang tempatnya di bagian belakang dari pasar, dan beberapa bulan sebelumnya emang udah pernah survey ke tempat ini sih. Aku langsung tanya harga tempat seserahan yang aku mau, kotak yang terbuat dari anyaman lidi. Dulu waktu liat di pameran di JCC dan tanya harganya satu set isi 4 kotak Rp 320.000 (terlalu mahal buatku). Harga tempat seserahan anyaman lidi di Mayestik ditawarkan hargannya RP 185.000 per set (isi 4 kotak) tapi aku nawar dong dan akhirnya harga disepakati jadi Rp 135.000 per set...lumayanlah... Aku beli 2 set plus satu keranjang yang terbuat dari bahan yang sama yang harganya Rp 45.000. Dan akhirnya aku harus pulang dengan membawa belanjaan yang lumayan berattttt.... padahal rencananya abis dari Mayestik aku mau langsung ke Laris Benhil untuk jaitin kebaya.

Akhirnya aku minta jemput adikku di halte Benhil (maklum naik bus kota sih...ngirit ongkos taksi hehehe...). Dari halte Benhil jalan kaki ke Laris dan harus naik ke Lt. 4....ngos2an deh....
Ketemu deh ama Pak Haji yang akan ngukur dan jahit kebayaku. Aku langsung jaitin 2 kebaya. Dan ternyat ongkos jait kebaya dah naik...oohhhhh....kata Mbak2 disana sih kan harga benang juga naik...benang jahit kan harganya cuma Rp 1.500/gulung di pasar Benhil...alasan aja nih....
Sebelumnya aku jaitin kebaya ongkos jaitnya Rp 125.000 bustier Rp 150.000 (8 tulang), sekarang harganya kalau jaitin jadi Rp 150.000, bustier 16 tulang Rp 200.000, jait full furing Rp 175.000 padahal dulu sama kayak jahit tanpa furing :( .... aplikasi krah Rp 50.000...hmmmmm....budget membengkak deh. Total biaya yang harus aku keluarkan untuk jaitin 2 kebaya (satu tanpa furing, satu full furing), 2 buah bustier 16 tulang dan aplikasi kebaya jadi Rp 825.000...
Untuk payet kebaya aku putusin mayetin sendiri aja. Biaya pasang payet di Laris untuk kebaya panjang Rp 900.000 (dan itupun aku liat pola payetnya biasa aja, gak ada yang istimewa). Sementara kalau aku mayet sendiri untuk payet tabur cuma butuh biaya Rp 40.000 (payet Jepang harganya Rp 20.000/bungkus) dan untuk full payet paling banter butuh biaya Rp 100.000 plus kalau mau pakai kristal swarosky (eh gimana sih spellingnya) harganya Rp 85.000/gros (144 butir) untuk ukuran yang paling kecil, semakin gede ukuran kristal harganya semakin mahal. Tapi emang butuh kesabaran ekstra kalau mau mayet sendiri...tapi gak apa2lah karena aku merasa puas dengan hasil payetanku dan teman2ku pun mengakui kalau hasil payetan perdanaku bagus hehehehe... *Bangga mode on
Sampai rumah langsung deh ngepak kain dan barang lain yang akan aku kirim ke rumah ortu di Jatim....wuahhhhh....berat juga ya......dan akhirnya aku harus nyari kardus di pasar Benhil untuk tempat kotak seserahan, karena kalau gak dimasukin kardus takutnya rusak saat pengiriman. Hmm....packing dah selesai tinggal kirim aja....mo lewat pos apa Elteha ya...Tiki dah mahal sekarang. Kalau lewat Pos murah sih tapi agak lama, gak apa2 deh yang penting menghemat budget :D

4 komentar:

  1. Hi ariana, salam kenal yaa...
    hebat banget kamu mau mayetin sendiri kebayamu. Aku salut! two thumbs up for you.
    Smangat-smangat yaa... :)

    BalasHapus
  2. Hi...salam kenal juga. Sebenarnya aku belum pernah pasang payet sebelumnya, dan setelah survey ke beberapa penjahit kok ternyata ongkos pasang payet mahal bgt (untuk ukuranku ya) dan hasilnya menurutku kurang sesuai dengan harganya....so aku memutuskan pasang payet sendiri dan ternyata hasilnya gak mengecewakan hehehe...yah walaupun membutuhkan kesabaran dan ketelatenan plus mata & tangan pegel :D

    BalasHapus
  3. Trimakasih infonya Ariana.
    Saya mau mantu, trimakasih dapat masukan yang berguna...

    retno

    BalasHapus
  4. Sama-sama Ibu Retno. Senang rasanya kalau tulisan saya berguna bua orang lain :)

    BalasHapus