Januari 14, 2009

Tips Merawat kain Songket

Indonesia sangat diberkahi dengan keanekaragaman budaya dan kerajinan tangan, termasuk berbagai jenis kain tenunannya. Salah satunya adalah songket, kain tenunan indah yang biasanya memakai bahan halus sutra dihiasi dengan dengan benang berwarna emas atau perak. Proses pembuatan untuk satu helai kain memakan waktu lumayan lama, bisa berminggu-minggu bahkan sampai berbulan-bulan, apalagi untuk motif-motif yang rumit. Bila Anda memiliki kain songket, sudah sepatutnyalah Anda pelihara. Di bawah ini tips singkat untuk perawatannya:

  1. Kain songket dianjurkan untuk tidak dicuci supaya benangnya tidak rusak. Namun, apabila Anda harus mencucinya, cucilah dengan memakai pelembut saja dan cukup dibilas kemudian dianginkan-anginkan. Jangan di-dry cleaned, di-laundry atau dijemur di bawah sinar matahari langsung.
  2. Sebaiknya setelah Anda memakainya, kain dianginkan-anginkan sebelum disimpan.
  3. Dalam penyimpanannya, kain songket jangan dilipat agar sulaman tidak rusak. Kain digulung seperti karpet dengan menggunakan paralon atau karton, sebelumnya terlebih dahulu dilapisi dengan kertas minyak atau kertas roti, memakai kertas koran tidak dianjurkan. Masukkan akar wangi supaya kain tidak menjadi bau.
  4. Kain yang telah digulung kemudian dibungkus dengan plastik atau tabung kertas. Disimpan dalam lemari dalam posisi berdiri atau miring. Lemari diberi kamper atau ditaburkan sedikit lada atau cengkeh agar rayap, ngengat dan semut tidak berani mendekat.
  5. Keluarkan kain dari penyimpanan sebulan sekali untuk dianginkan-anginkan apabila kain sudah lama tidak dipakai.
Sumber: dwplondonmedia

1 komentar:

  1. Kalo hari ini terasa membosankan... main donk ke www.ipopscollections.com beneran dech, kamu ga bakal rugi :)
    Di sana kamu bisa cuci mata dan hunting barang branded dengan harga MURAH.

    Mau cari jam tangan TAg Heuere, Bvlgari, Gucci, Guess... adaaaa
    Mau cari tas Louis Vuitton, Hermes, Tods, Prada, Gucci, Chanel??? Adaaaa...

    Pokoknya surganya para cewek deh...

    Terus, kalo kamu mau coba2 bisnis, kami akan kasih harga reseller juga... jadiii,ga rugiii kan? yuuuk happy shopping di ipopscollections :)

    http://tokotaskw1.blogspot.com

    See you

    BalasHapus