Januari 15, 2009

Bangsa Indonesia, Bangsa Arab dan Kemanusiaan

Akhir-akhir ini berita di koran, televisi maupun radio dipenuhi dengan berita serbuan Israel ke Palestina. Korban dari pihak Palestina sampai saat ini dilaporkan hampir mencapai 1000 orang (bahkan mungkin lebih banyak kali ya...). Bahkan ada beberapa wartawan dan relawan yang ikut terbunuh dalam serangan-serangan Israel ke Gaza Palestina....bahkan sekarang serangan meluas ke Rafah dan perbatasan Lebanon.

Melihat gambar-gambar anak kecil yang terluka maupun ikut tewas dalam serangan itu....sangat miris....
Dunia ikut bereaksi....berbagai himbauan, kecaman, kutukan berdatangan. Bahkan DK PBB menyerukan segera dilakukan gencatan senjata tetapi keputusan itu diveto oleh USA yang notabene sekutu dekatnya Israel.

Sebagian Bangsa Indonesia berbondong-bondong menyuarakan keprihatinan, melakukan aksi pengumpulan dana untuk disumbangkan ke Palestina, bahkan ada yang bersedia pergi ke Palestina sebagai Laskar Jihad. Kenapa aku bilang sebagian Bangsa Indonesia??? karena ada sebagian yang malah berkomentar "ngapain sih mikirin Palestina, bangsa sendiri aja banyak yang susah, mending duitnya dipakai buat membantu bangsa sendiri aja!"
Halooooo......kita di dunia ini nggak hidup sendiri.....saat Bangsa Indonesia tertimpa bencana pun banyak bangsa lain yang mengulurkan bantuan ke Indonesia. Okay mungkin emang ada bangsa Indonesia yang masih berada dalam kesulitan ekonomi.....tapi hal itu bukan berarti kita gak boleh membantu bangsa lain yang sedang mengalami bencana.

Timbul pertanyaan dalam hati dan kepalaku.....orang-orang yang mencibir penggalangan bantuan untuk Palestina dan bilang mending nyumbang buat bangsa sendiri itu...sudahkah mereka memberikan bantuan kepada Bangsa Indonesia yang mengalami kesulitan??
Aku gak tau jawabannya...

Memang aku gak setuju dengan pengiriman orang Indonesia untuk ikut berperang di Palestina karena kemungkinan jatuhnya korban sangat besar...karena orang kita gak tau medan disana...jangan sampai merepotkan pihak-pihak disana yang udah sangat repot menghadapi situasi yang kacau. Tapi kalau bantuan dana untuk Palestina aku rasa memang seharusnya dilakukan.

Di saat bangsa-bangsa lain bereaksi keras dengan serangan Israel ke Palestina...aku melihat Bangsa Arab lainnya tampak begitu acuh dan gak gitu peduli....entahlah....mungkin penilaianku ini salah. Dimana ya rasa kemanusiaan mereka???
Tapi dalam hal persatuan memang Bangsa Indonesia patut diacungi jempol dibandingkan dengan Bangsa Arab, apalagi kalau ada Bangsa lain yang menyerang rasa kebangsaan Indonesia....ya contohnya kasus Malaysia yang mengakui karya-karya Bangsa Indonesia....banyak orang Indonesia yang bereaksi keras.
Dalam banyak kejadian....malah di antara Bangsa Arab sendiri terjadi pertikaian dan perpecahan. Padahal kalau mereka bersatu...Israel dan sekutu-sekutunya gak akan bisa semena-mena melakukan apa yang mereka suka di tanah Arab.

Semoga aja perdamaian segera terjadi....Yaa Allah...selamatkan Bangsa Palestina dari kehancuran....Amin....

0 comments:

Posting Komentar