Januari 05, 2009

Pulang Kampung


Halaman Rumahku

Setelah menghabiskan masa libur di Yogya aku pulang kampung ke Blitar untuk ketemu dengan Ibuku tersayang :)
Dari Yogya ke Blitar aku naik Travel...enakkan dijemput di rumah Oomku di Yogya dan diantar sampai depan rumahku di Blitar. Perjalanan malam sih agak molor juga karena supirnya harus jemput2 penumpang....dan saat sampai perbatasan Kediri - Blitar aku dah was-was aja, gak bisa tidur karena aku liat supirnya dah ngantuk berat (maklum pada hari yang sama dari pagi dia bawa travel malang-Yogya dan malamnya bawa travel lagi Yogya - Malang.....sadis juga nih perusahaannya). Supirnya berhenti di Pom Bensin sejenak untuk cuci muka tapi aku tetap aja was-was maklum duduk di depan nih huehehehehe.......kebetulan aku punya permen trus aku kasih aja beberapa permen ke supir travel tersebut....lumayan sedikit mengurangi ngantuknya.

Nyampe di rumah Ibuku dah nunggu di teras rumah, maklum jadwal travelnya telat banget nih jadi Ibuku khawatir. Duuuhhhhh senangnya dah sampai rumah....ademmmm....sejukkkk......rumput di halaman rumahku menghijau semua karena sering kena ujan nih jadi tambah subur aja.

Kebetulan ada tetangga dan saudara yang baru pulang haji.....aku, Ibuku dan saudara-saudaraku yang lain ziarah haji....dah menjadi tradisi di daerahku kalau ada orang baru pulang haji banyak banget tamu yang datang.....jadi kayak kawinan aja deh....ribet juga ya....pasti capek sih orang yang baru pulang haji tapi mereka senang-senang aja tuh nerima tamu sedemikian banyaknya :)

Kegiatan di rumah kali ini adalah membuat kerudung dengan bahan kain tulle dan guntingan bunga dari motif kebaya....bagus juga bikinanku hehehe....lumayan nih harus ngejahit bunga2nya ke kain tulle selama 3 hari.

Kebetulan rumahku dekat banget dengan pasar tradisional terbesar di Blitar...tentunya banyak makanan tradisional yang yummy menurutku sihhh....setiap pulang aku selalu beli ampok (nasi jagung) dengan segala macam lauk dan sayurnya...duh enak banget....trus beli jajan pasar seperti cenil,getuk dan lupis.....eh pas lewat stand makanan kepunyaan tetanggaku aku dikasih putu tegal dan kue lumpur tapi yang kulitnya kayak kulit dadar gulung dan isinya fla....


Ampok




Cenil, Getuk & Lupis

Pengen sih makan sate kambing di warungnya ortunya temenku tapi gak sempet....wah satenya bener2 maknyussss.......sate yang dah aku cobain di seputar Jakarta, Yogyakarta, apalagi Sukabumi (sate rekomendasi pak Bondan Winarno) gak ada apa-apanya deh dibandingkan sate di daerahku ini. Saat kecil aku sering banget diajak Bapakku kesini apalagi kalau Ibuku sedang sibuk dengan segala macam kegiatannya dan gak sempat masak. Ada juga bakso kikil dan tahu campur yang bener-bener mantap....sayangnya lagi aku gak sempat nyobain lagi karena ujan mulu nih jadi aku males keluar rumah. Rencananya sih saat pernikahanku nanti aku mau pesan sate kambing, bakso kikil, tahu campur, dawet serabi di pedagangnya masing-masing ntar ditaruh di gubugan....jadi rasanya bener-bener orisinal dan dijamin enak. Kalau masakan catering wah juauhhhhhh buangettt rasanya dibanding pesen langsung ke pedagangnya.

Gak terasa aku harus balik ke Jakarta.....aduh malesnyaaaaa......
Aku naik kereta Gajayana dari Blitar. Berhubung rumahku jauh dari Stasiun Blitar aku minta antar sepupuku naik motor biar bisa ngebut hehehe. Ibuku sih dah nyuruh aku berangkat lebih awal takut kalau ketinggalan kereta katanya. Tapi aku santai aja, toh naik motor kan cepet gitu pikirku.....eh gak taunya baru setengah perjalanan bannya bocor.....huaaaaaaaa......aku gak mungkin nungguin ban ditambal karena paling nggak butuh waktu 45 menit...gitu kata tukang tambal bannya. Ya sudah akhirnya aku nungguin Colt (angkutan) lewat....jarang banget yang lewat karena hari Minggu....Taksi...jelas gak ada.....waduh gimana nih......
Akhirnya ada Colt lewat dan aku naik colt itu trus tanya ke keneknya kalau mau ke stasiun turun mana....maklum sekarang ini angkutan gak boleh masuk kota, lewat pinggir2, di dalam kotanya adanya becak....duh kan lelet kalau becak sedangkan aku ngejar waktu. Akhirnya aku dianterin sampai depan stasiun oleh colt yang aku naiki....jadi serasa diantar rombongan karena seluruh penumpang ikutan ngantar hehehehhehe......ya bayar lebih sih tapi gak apa2lah daripada ketinggalan kereta dan gak bisa ngantor tepat waktu....ntar si Bos tambah manyun aja :))
Begitu Ibuku tau aku hampir ketinggalan kereta langsung deh diomelin....."Bener kan apa kata Ibu tadi, berangkat lebih awal...bla...bla..bla......" Maklum gak sekali ini aja aku hampir ketinggalan kereta, di Jakarta juga pernah......naik Taksi eh ternyata macet banget trus naik ojek aku suruh ngebut....nyampe Gambir 5 menit sebelum kereta berangkat hehehehehe........

Ternyata feeling seorang Ibu tuh bener-bener tajem yah, yah paling nggak feeling Ibuku selalu benar. Hebat yah.....tapi emang dasar aku bandel sih jadi sering mengabaikan kekhawatiran Ibuku. Ibuku sayang....aku bener-bener sayang dan kagum denganmu....dengan segala kebaikan, kecerewetan, perhatian, feeling yang tajem dsb dsb......

2 komentar:

  1. Wahhh enak banget itu makan nasi ampok lengkap dengan lauk dan sayurannya.jadi pinggin nie....udah 2 tahun gak makan nasi ampok.

    BalasHapus
  2. iya...nasi ampok emang selalu ngangenin...menu wajib setiap aku pulang kampung :D

    Orang Jatim juga?

    BalasHapus