Januari 20, 2009

Sup Iga Kacang Merah ala Ariana

Weekend kemarin mumpung libur kerja jadi pengen masak. Kebetulan lagi pengen makan sup iga kacang merah. Akhirnya belanja deh di Giant Plaza Semanggi karena kebetulan sekalian mo ambil hadiah ultah dari Body Shop, jadi sebelum ke Giant aku mampir di Body Shop Centro...lumayan dapet sabun gratis...

Wuihh ternyata belanjaan lumayan berat juga...maklum isi kulkas dah kosong nih, untung adikku dah datang dari Yogya jadi bisa bantuin belanja hehehe..

Sampai rumah kegiatan memasak dimulai, aku aja yang masak adikku cuman ngeliatin....
Sebenarnya bumbu sup itu paling gampang kok yah asal ada daun bawang, merica, garam dan bawang putih aja....kalau suka bisa ditambah pala, bawang merah, cengkih....kalau aku sih selalu aku tambahin gula putih dikit sebagai pengganti bumbu penyedap.

  • Kacang merah direndam selama 2-3 jam trus direbus setengah matang (untuk lebih mudahnya beli kacang merah yang udah direndam, di Giant or Carrefour pasti ada tuh)
  • Wortel dan seledri dipotong sesuai selera
  • Bawang putih, bawang merah, merica dihaluskan (bawang merah bisa juga diiris tipis trus digoreng dan dibuat sebagai taburan) lalu ditumis dengan margarin sampai harum trus masukkan irisan daun bawang
  • Iga sapi direbus sampai setengah matang, masukkan kacang merah, wortel, irisan seledri, pala, 1 sdt gula putih, garam dan bumbu yang sudah ditumis. Tunggu sampai matang.
  • Sup siap dihidangkan, kalau suka beri irisan daun seledri segar diatasnya.
Hasilnya seperti foto dibawah ini:

Sup Iga Kacang Merah

2 komentar: