Januari 05, 2009

Tukang Ojek, Jaket dan Helm

Dulu saat aku usia sekitar 5-9 tahun sering diajak pergi ke tempat Mbah Kakung (Kakek) oleh Ibuku. Berhubung rumah Mbah Kakung di desa dan jauh dari jalan raya maka untuk menuju kesana harus disambung dengan naik ojek.

Nah saat mau naik ojek ini Ibuku selalu sibuk membujuk aku untuk mau segera naik ojek....maklum biarpun masih kecil aku gak mau sembarangan naik ojek. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi tukang ojek agar aku mau naik ojeknya (belagu banget ya hehehehe), antara lain:
  • Sepeda motornya bersih dan bagus, gak mau naik kalau motornya butut
  • Jaket tukang ojeknya gak bau
  • Helm untuk penumpang gak bau
  • Tukang ojeknya gak manyun, harus senyum
Dengan syarat2 di atas baru deh aku mau naik ojeknya....dan Ibuku selalu pusing dengan kelakuanku ini hehehehehe.....dan tukang ojek yang aku tolak selalu jadi bahan ledekan teman2nya karena sebenarnya kan sistemnya giliran. Jadi kalau pas giliran tukang ojek A tapi ternyata jaketnya bau menurut hidungku yah udah aku tolak dan pastilah dia jadi sasaran ledekan teman2nya....
Nah berhubung saat itu aku masih kecil ya cuek aja....ga ada rasa kasihan sedikit pun huehehehehe....yah pokoknya paling anti ama jaket bau deh. Ibuku sampai ngerasa gak enak ma tukang-tukang ojek itu. Untungnya mereka baik-baik. Dan hikmahnya tukang-tukang ojek itu jadi lebih rapi dan gak bau...."ntar ditolak penumpang kalau bau", gitu kata mereka...hahahaha.........

Rupanya sampai aku gede pun hidungku gak bisa diajak kompromi kalau soal bau. Masalahnya sekarang aku gak bisa seenaknya pilih2 tukang ojek....apalagi di Jakarta ini....wah bisa2 dipelototin ma tukang2 ojek itu.....mau jaketnya bau, mau helmnya bau, mau motornya butut, mau tukang ojeknya manyun ya udah pasrah aja...

Karena saking seringnya naik ojek di daerah tempat aku tinggal, aku dah hafal tukang2 ojek mana aja yang jaketnya bau.....yah paling-paling aku cuma bisa berdoa semoga bukan tukang ojek dengan jaket bau itu yang giliran nganter aku...kadang begitu khusyuknya aku berdoa sehingga Tuhan pun berbaik hati mengabulkan permintaanku agar tukang ojek dengan jaket bersih yang nganterin aku...hehehehe.....

0 comments:

Posting Komentar