Januari 06, 2009

Perawatan Kain Panjang

Kain panjang batik apalagi yang batik tulis asli memerlukan perawatan khusus, karena kalau tidak warna/soganya bisa gampang pudar.

Berikut tata cara perawatan kain panjang yang aku tau (berdasarkan informasi dari Ibuku):
  • Cuci kain panjang dengan menggunakan air dingin, cuci dengan tangan jangan pakai mesin cuci. Cuci dengan menggunakan lerak (bisa dibeli di pasar tradisional) supaya warna/soga batik tidak pudar. Lerak sejenis tumbuhan yang berbentuk bundar dengan biji didalamnya, yang dipakai untuk mencuci kain panjang adalah daging lerak tersebut. Daging buah lerak dilarutkan dengan air dingin dengan cara diperas-peras sampai keluar busanya (busanya dikit). Atau kalau mau praktis beli sari lerak aja, sekarang dah dijual di beberapa toko batik.
  • Bilas kain panjang yang sudah dicuci dengan lerak, bilas sampai busanya bersih. Jangan memeras kain panjang dengan cara dipelintir, tapi peras dengan posisi kain lurus kebawah.
  • Keringkan kain panjang dengan cara dibentangkan dan diangin-anginkan di tempat yang teduh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung supaya warna/soganya tidak cepat pudar.
  • Simpan kain panjang kering di tempat yang bersih dan berikan ratus atau wewangian supaya kain panjang tetap harum dan terhindar dari ngengat.

0 comments:

Posting Komentar