Maret 11, 2009

Apakah aku orang yang tegar???

Selama ini banyak teman dan saudara yang berkomentar aku (Ariana) adalah orang yang sangat tegar. Benarkah????
Aku sendiri bingung apakah emang aku orang yang tegar atau nggak. Sebenarnya apa sih batasan antara orang yang tegar atau nggak tegar itu???

Aku punya beberapa sepupu cowok dan aku dulu sangat dekat dengan salah satunya yaitu Ipung, sejak kecil aku sangat dekat dengan dia...karena Ipung seumuran dengan adikku. Malah saat SMP Ipung dan Zen tinggal dirumahku. Aku sih senang banget mereka tinggal di Rumahku karena kebetulan kau gak punya saudara kandung cowok. Adikku cewek....

Dulu sih biarpun masih kecil...Ipung dan Zen banyak banget penggemarnya.....cewek2 SD & SMP itu begitu centil2nya sampai2 kadang aku angkat telpon sambil cengar cengir ngegodain mereka dan bilang kalau telpon itu pasti dari penggemar mereka :D
Oya saat itu aku dah kuliah di Jogja sih, jadi aku ketemu mereka kalau lagi pulang ke Blitar aja.

SMP kelas 2 akhir....Ipung masuk rumah sakit dengan dugaan kena DBD.....tapi ternyata bukan. Dan aku sangat kaget waktu dia dinyatakan kena Anemia Aplastik (kemungkinan sembuh dari penyakit ini sangat kecil). Aku shock....aku gak bisa membayangkan anak seaktif Ipung harus tergolek di tempat tidur dalam jangka waktu yang lama.
Saat aku pulang ke Blitar.....aku gak menemukan lagi Ipung dirumahku karena dia harus menjalani perawatan di RS....dan itu berlangsung berbulan-bulan....
Aku sering deg-degan saat telpon kost berdering...apalagi kalau berdering tengah malam atau subuh....takut ada berita buruk....bahkan lebih deg-degan dibandingkan saat Ipung tergolek koma selama 13 hari gara-gara tertabrak mobil saat kelas 3 SD....

Saat aku kembali ke Jogja...aku masih terus kepikiran Ipung....sepupuku yang ganteng, sangat cerdas, ibadahnya sangat bagus walaupun masih umur belasan tahun (dia rajin dzikir & bisa baca kitab kuning...belajar dari Bapakku padahal aku sendiri gak meneruskan belajar jadi gak bisa baca kitab)...yah walaupun tetap aja dia itu anak yang suka jahil dan mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar :)

Saat aku pulang Lebaran...aku trenyuh melihat kondisi Ipung, badannya kurus sekali...maklum sudah berbulan-bulan dia bergulat dengan penyakitnya. Dia memelukku erat sekali dan menanyakan kabarku, di juga bercerita tentang banyak hal.
Besoknya dia minta dianterin ke rumahku...katanya dia masih sangat kangen ma aku....Ya Allah aku terharu sekali....dia datang dengan dibopong Ayahnya....

Beberapa hari kemudian aku harus kembali ke Jogja. Entah kenapa....saat sholat ataupun sedang membaca Al Qur'an tanpa terasa air mataku mengalir dengan derasnya....
Beberapa hari kemudian ada telpon dari Bapak yang memberitakan kalau Ipung sudah dipanggil Allah SWT....seluruh persendianku langsung lemas......gak akan lagi tawa lepas itu.....
Dan aku butuh waktu bertahun-tahun untuk menghilangkan rasa sakit karena kehilangan Ipung....hanya saja orang-orang disekelilingku gak tahu akan hal itu karena mereka mengira aku sangat tegar.

Saat kehilangan Bapak.....aku butuh waktu bertahun-tahun untuk tidak menanti telpon dari Bapak dengan tiba-tiba mengecek HP. Atau tiba2 aku memencet nomor HP Bapak. Atau tiba2 aku bengong dengan air mata yang mengalir....
Tapi hanya karena saat Bapak meninggal di pelukanku aku tidak meneteskan air mata....orang2 disekelilingku mengira aku tegar....mereka tidak tahu seperti apa kosongnya hatiku saat itu....
Saat tanteku (adik Bapak) meninggal...rasanya ada gumpalan didadaku apalagi kalau melihat sepupu-sepupuku yang saat itu masih kecil....
Saat Mbah Putri dan Mbah kakung meninggal....rasa sedih pasti ada dan aku butuh waktu untuk menghilangkan rasa sedih itu.
Tetap saja rasa kehilangan itu ada....dan sangat manusiawi...hanya saja aku menerima semua itu dengan ikhlas...karena memang jalan itu yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT untuk orang2 tercintaku itu....

Apakah aku orang yang tegar???? entahlah.....

0 comments:

Posting Komentar