November 07, 2014

Pantai-Pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta

Pada hari ke-3 aku di Yogyakarta aku dan saudara-saudaraku pergi ke pantai-pantai di daerah Gunung Kidul. Kami berangkat jam 05.00 WIB dari rumah dengan menggunakan mobil. Tujuan pertama adalah ke Pantai Indrayanti yang sedang ngehits itu, penasaran juga kayak apa sih Pantai yang sering disebut-sebut indah ini.

Perjalanan memakan waktu kurang lebih 1,5 jam...mungkin karena masih pagi jadi jalanan relatif lancar. Oya biaya masuk ke area pantai-pantai ini adalah Rp 9.500/orang sedangkan biaya parkir mobil adalah Rp 5.000/pantai/mobil. Begitu sampai di Pantai Indrayanti ternyata pantai udah penuh dengan pengunjung. Pantai Indrayanti ini berpasir putih dengan ombak yang lumayan besar dan diapit dengan bukit karang disisi kanan dan kirinya. Sayang sekali pantai ini mulai terlihat kotor, aku lihat banyak sampah berserakan di pasir putihnya. Ternyata sebagian pengunjung pantai tidak bisa menjaga kebersihan pantai...aku melihat ada yang membuang bungkus ice cream sembarangan....miris....kapan ya bangsa ini bisa disiplin untuk membuang sampah di tempat sampah, bukan menganggap semua tanah yang dilewati adalah tempat sampah :(

Setelah puas menikmati Pantai Indrayanti kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Sundak. Di Pantai Sundak pengunjungnya tidak seramai di Indrayanti. Karakter pasir pantainya masih sama, karakter ombaknya juga sama dengan Pantai Indrayanti. Kami tidak begitu lama di Pantai Sundak, setelah berfoto-foto kami melanjutkan perjalanan lagi. Gak berapa lama ada jalan masuk ke salah satu pantai lagi...ternyata oh ternyata ini masih Pantai Sundak, garis pantainya memang lumayan panjang. Karena sebelumnya kami udah menyusuri Pantai Sundak akhirnya kami memutuskan untuk menaiki bukit batu karang yang ada di tepi Pantai Sundak. Pemandangan dari bukit batu karang ini sungguh luar biasa indah. Angin menerpa wajah kami dengan keras. Di puncak bukit ini ada bangunan yang bisa dipakai untuk berteduh.

Saat tengah menikmati pemandangan dari bukit batu karang ini kami dikejutkan dengan pemandangan yang luar biasa indah dari pantai yang berada di balik bukit batu karang ini. Pasir pantai itu sungguh sangat bersih dan garis pantainya pun juga menawan. Kami memutuskan untuk menuruni bukit batu karang ke arah pantai tersebut. Pantai indah itu ternyata bernama Pantai Ngandong. Pasirnya sungguh lembut dan sangat bersih, ombaknya tenang mungkin karena ombak sudah dipecah oleh bukit batu karang disisi-sisi pantai dan karang besar yang berdiri kokoh di laut.

Menurutku Pantai Ngandong ini gak kalah indahnya dengan pantai-pantai berpasir putih di Bali...sungguh sangat indah. Pengunjungnya juga sedikit apabila dibandingkan pantai-pantai yang aku kunjungi sebelumnya, mungkin karena lokasinya yang terlindung jadibelum banyak orang yang tahu dengan keberadaan Pantai Ngandong ini. Kami sangat betah berada di Pantai Ngandong ini dan memutuskan untuk menikmati pantai lebih lama lagi, kami menikmati kelapa muda di warung pinggir pantai dengan duduk di bangku kayu yang tertutup atap sirap....huaaaahhhhh nikmatnyaaaaaa.....

Setelah puas menikmati Pantai Ngandong ini kami kembali ke parkiran untuk meneruskan perjalanan. Tujuan kali ini adalah ke Pantai Krakal,  kami tidak begitu lama berada di pantai ini karena hari juga semakin panas dan perut mulai protes minta diisi. Perjalanan selanjutnya adalah ke Pantai Kukup. Kami Sholat Dhuhur dan makan siang di Kukup. Selesai makan siang barulah kami berjalan ke arah pantai. Karakter Pantai Kukup ini adalah berbatu-batu, jadi pantainya berupa hamparan batu dengan cekungan-cekungan yang berisi air. Terkadang kita bisa melihat ikan-ikan kecil yang berenang di cekungan berisi air itu, aku juga sempat melihat gurita kecil yang menyusup kedalam cekungan....nah diantara cekungan-cekungan batu itu banyak terdapat bulu babi, hati-hati lho jangan sampai tertusuk bulu babi. Aku udah dua kali merasakan "belaian" bulu babi yaitu saat di Karimunjawa dan di Belitung....rasanya sedaaaaappppp....nyeri-nyeri gimana gitu :D

Bulu Babi

Puas berfoto-foto di Pantai Kukup kami beranjak ke arah parkiran. Sebelum pulang kami membeli beberapa produk laut yang sudah dimasak, banyak kios-kios yang menjual makanan hasil laut ini...rata-rata sih digoreng tepung ada udang goreng tepung, rumput laut goreng tepung, aneka ikan goreng tepung, cumi goreng tepung dll.
Tadinya pengen ke Pantai Baron (dulu udah pernah sih kesini)....tapi kami membatalkannya, kenapa? karena ngeluiat parkirannya yang udah penuh dengan bus-bus besar...berasa lewat depan terminal. Udah terbayang betapa penuhnya pantai dengan manusia. Jadi kami memutuskan ke arah pantai-pantai lain.

Nah sama drivernya diajak ke Pantai Ngrenehan yang jarangnya kurang lebih 12 km dari Pantai Baron ini. Sepanjang jalan ke arah Pantai Ngrenehan banyak sawah terasering dan pembatasnya itu dibuat dari tumpukan batu karang...bagus juga lho, tampak rapi dan keren :)
30 menit kemudian kami sampai di Pantai Ngrenehan, Pantai ini dipenuhi oleh batu-batu besar yang mengapit sisi kanan kirinya. Pantainya sempit dan ombaknya sangat tenang karena memang pantai ini berada di cekungan. Kami tidak begitu lama berada di Pantai Ngrenehan, trus sama drivernya diajak ke Pantai Nguyahan dan...eng duh lupa nama pantai satunya lagi. Tapi kami memutuskan untuk tidak turun dari mobil, mengingat hari sudah sangat siang dan kami harus segera kembali ke Yogyakarta karena adikku harus kembali ke Jatim sore hari naik kereta api.

Perjalanan dari pantai diliputi suasana hening karena udah pada ngantuk...jadi tidur satu per satu kecuali drivernya hehehe....
Akhirnya sampai juga di Yogyakarta...Alhamdulillah...