Maret 27, 2009

Batam...

Day 2 (27 Maret 2009)

Hari kedua di Batam....aku diajak jalan Nurul ke Pulau Galang (pulau tempat orang2 Vietnam mengungsi). Aku pergi bareng Nurul, Ibunya Nurul dan Wiwit (temen Nurul). Perjalanan lumayan jauh....melintasi jalanan di Batam yang panjang, naik turun tapi bebas macet.....

Setelah beberapa lama kami sampai ke Jembatan Barelang (Batam, Rempang, Galang)....jembatannya mempunyai bentuk yang unik....dan tentu saja aku gak melewatkan sesi bernarsis-narsis di jembatan ini :D

Jembatan Pulau Rempang - Pulau Galang

Wiwiet & Aku @Jembatan Barelang

Kalau melihat ke bawah...wow lautan begitu indah....dengan airnya yang beriak dan berwarna kehijauan...sesekali ada kapal2 kecil lewat...dan juga pulau-pulau kecil yang tersebar di lautan yang indah itu....gak habis2nya aku mengagumi alam Indonesia yang begitu indah ini.

Perjalanan lanjut ke Pulau Rempang dan akhirnya sampailah kami ke Pulau Galang. Untuk memasuki area eks pemukiman orang Vietnam ini harus membayar Rp 10.000 (satu mobil cukup Rp 10.000 saja...murah ya....)
Tujuan pertama adalah tempat peribadatan...sejenis Kelenteng gitu sih....di situ ada patung Dewi Kwan Im, ada Kelentengnya dan kebetulan saat kami disana ada Biksu yang sedang membaca doa. Tentu saja sesi bernarsis-narsis tetap berlangsung hehehe....berfoto di setiap sudut adalah suatu keharusan :D
Lukisan Kelenteng

Ibunya Nurul & Aku
Nurul, Nurul's Mom, Aku

Penjara Pulau Galang (pantes gak??? yaa nggaklah...)

Puas di Kelenteng kami pergi ke area eks pemukiman orang Vietnam itu, kami melintasi Gereja, Pemakaman, dan beberapa tempat lain yang tidak menarik minat kami untuk berfoto (serammmm sihhhhh...) sampai akhirnya kami tiba di tempat perahu-perahu yang dulu digunakan oleh manusia perahu (sebutan pengungsi dari Vietnam) untuk lari dari negerinya dan akhirnya sampai di Pulau Galang ini. Perahu2 itu tentu saja sudah lapuk...sayang sekali yaaa....
Dan juga mampir ke eks penjara Pulau Galang....bahkan aku sempat masuk ke penjaranya....

Puas di Pulau Galang kami menuju Pantai Melur.....pantai yang sangat indah (gak kalah dengan pantai di Thailand) sayangnya tidak terawat...karena banyak sampah disana-sini...dan karena hari ini bukan hari libur jadi pantai sepi banget.
Oya menurut Wiwit (dia orang Batam asli nih)....ada kepercayaan masyarakat setempat bahwa pengunjung Pantai Melur tidak boleh berendam di dalam pasir, karena kejadian2 sebelumnya orang2 yang berendam di pasis Pantai Melur gak lama kemudian akan meninggal dunia (benar tidaknya Wallahu alam bisawab)

Nurul & Aku @ Pantai Melur

Kami hanya sebentar di Pantai Melur...kemudian kami balik lagi ke arah Batuaji untuk menuju tempat makan yang bernama KTM (singkatan nama pemiliknya yang orang Singapura).
KTM berada di daerah Sekupang, dekat dengan pelabuhan Sekupang (pelabuhan untuk menyeberang ke Singapura)
Suasana tempat ini sangat menyenangkan....bayangkan kita makan dengan ditemani deburan ombak laut dan kalau cuaca sedang cerah bisa melihat bayangan gedung2 tinggi di Singapura....juga melihat kapal2 baik besar maupun kecil yang melintas.....dan beberapa pemancing ikan tradisional....

Di KTM kami memesan beberapa menu makanan yaitu sup seafood, sup bakso ikan, tom yam, kangkung belacan, cah paria telur (aku gak doyan yg ini...pahitttt), kerang gonggong (khas daerah Batam nih), scalop. Nah dari beberapa menu yang kami pesan itu aku paling suka dengan rasa tom yam-nya...mantep banget...bumbunya berasa banget nendangnya....oya harga makanan disini mulai dari Rp 25.000.

Gonggong

Kapis

Tom Yam Seafood

Sup Baso ikan

Kangkung Belacan

Perut dah kenyang trus ngapain yah....ternyata oh ternyata ada spa di KTM namanya Batam Spa Villa....akhirnya aku ke situ deh pengen nyobain...maklum badan pegal2 nih pengen massage aja sih. Dan akhirnya aku ambil perawatan Traditional Javanese Massage...oya untuk rate-nya pakai Singapore $ tapi bisa juga kok pakai rupiah.
Enak banget suasananya....bayangin aja dipijat di pinggir laut yang begitu indah (asal cuaca lg bagus ya) dan dipijat oleh tenaga profesional (yah paling nggak yang mijat aku mantap banget pijatannya namanya Mbak Yeni)

Batam Spa Villa

Sebenarnya aku ambil perawatan yang 1 jam tapi kok kayaknya Mbak Yeni lebih dari 1 jam ya mijat aku...pokoknya enak deh dipijat ma dia...badanku yang pegal2 langsung enakan abis dipijat.
Selesai pijat tentu aja berfoto-foto lagi (bener2 narsis abis hehehe...).
Karena di halaman KTM ada patung Dewi Kwan Im yang sangat besar...kebetulan saat ini patung tersebut sedang direnovasi. Kalau aku sih lebih suka foto dengan latar belakang pemandangan laut atau hutan sih...

Akhirnya kami pulang lagi ke Batuaji....agenda besok apa ya....entahlah...lihat saja besok....sekarang mo tidur dulu dah ngantuk banget nih...zzzzzzzzzz.......