Desember 19, 2014

Islam Menyuruh Kita Kaya

Hari Minggu kemarin aku datang ke acara kajian bulanan yang diadakan oleh Majlis Taklim Wirausaha yang dipimpin oleh Ustadz Valentino Dinsi. Kajian diadakan di Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia jam 08.00 - 12.00 WIB. Ini adalah kali kedua aku ikut kajian Majlis Taklim Wirausaha.

Tema kajian kali ini adalah "Islam Menyuruh Kita Kaya" dengan 3 orang pembicara yaitu Ustadz Valentino Dinsi, Ustadz Amir Faishol dan Mas Mono (Owner Ayam Bakar Masmono). Mas Mono mendapat kesempatan pertama untuk memberikan kajian atau lebih tepatnya berbagi pengalaman beliau bagaimana membangun usahanya.

Mas Mono memulai usahanya di Jakarta dengan berjualan gorengan, kemudian beliau terpacu lagi untuk lebih maju dan mulai berjualan nasi uduk dan lontong sayur di pagi hari, sementara sore sampai malam hari berjualan ayam bakar. Beliau memulai usahanya dengan hanya berjualan di pinggir jalan sebagai pedagang kaki lima. Semakin lama usahanya semakin maju dan berkembang...sampai akhirnya Mas Mono memutuskan untuk fokus ke usaha ayam bakar.


 Singkat cerita Mas Mono berhasil mendirikan Rumah Makan Ayam Bakar Mas Mono, mendapatkan order catering dari salah satu Televisi Nasional untuk seluruh karyawannya, dan kerjasama catering ini sudah berlangsung selama 12 tahun dan tanpa MOU hanya berdasar kepercayaan semata....HEBAT!!!
Beliau selalu berusaha menjaga kepercayaan yang sudah diberikan oleh customernya. Kejujuran dan komitmen adalah prinsip yang dipegang dalam berbisnis.

Saat ini Mas Mono sudah mempunyai beberapa perusahaan yang bergerak di berbagai bidang diantaranya usaha kuliner (ayam bakar, bakso, soto dll), usaha properti, sekolah dll. Dalam mengelola perusahaannya Mas Mono tidak hanya memperhatikan soal kesejahteraan karyawannya, tapi juga memperhatikan soal kebutuhan rohani karyawan. Semua karyawan Mas Mono secara rutin bisa mengikuti pengajian, Umrah gratis secara bergilir, training dll.

Oya setahu aku Mas Mono juga menjadi penggerak usaha sosial MAKELAR SEDEKAH yang menyalurkan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan misal orang miskin yang sakit dan membutuhkan pengobatan, membantu pembangunan Mushola dan Masjid, memberikan santunan kepada kaum dhuafa dll. Menurutku inilah pengusaha yang sangat berhasil. Beliau tidak hanya bisa mensejahterakan keluarganya tapijuga bisa mensejahterakan karyawan, lingkungan sekitar dan orang lain yang membutuhkan. SALUT....HEBAT!!! Semoga semakin banyak lahir pengusaha muslim seperti beliau ini.

Mengapa Islam menyuruh kita kaya?
Karena kalau kita kaya...kita bisa membantu orang-orang dhuafa di sekitar kita, kita bisa membantu pembangunan Mushola dan Masjid, kita bisa memperkerjakan orang lain dan otomatis memberi penghasilan untuk mereka dan begitu banyak kebaikan yang bisa kita lakukan kalau kita kaya. Orang Islam harus bertekad untuk kaya....tentu saja cara memperoleh kekayaannya secara halal sehingga membawa berkah untuk kehidupan pribadinya dan kehidupan orang lain di sekitarnya.
Kalau mau jujur...siapa sih orang yang mau menjadi orang miskin seumur hidup? Tentu normalnya tidak ada. Kalaupun kita miskin tetap usahakan menjadi orang yang berguna untuk orang lain.

Selalu banyak manfaat yang aku peroleh setelah mengikuti kajian yang diberikan oleh orang-orang hebat ini. Semoga beliau-beliau ini tidak bosan-bosannya untuk berbagi ilmu dengan orang lain, semoga ilmunya selalu penuh manfaat, usahanya membawa berkah untuk banyak orang.
Semoga impian Ustadz Valentino Dinsi untuk menciptakan Satu Keluarga Satu Pengusaha berhasil... Aamiin Aamiin Aamiin Yaa Robbal Alamiin...

0 comments:

Poskan Komentar