September 18, 2013

Buah Tin & Biji Aprikot

Minggu kemarin Pak Bos pergi ke Turki selama 10 hari dan hari Senin kemarin udah kembali masuk kantor. Tentu saja kami dapat oleh-oleh dong hehehe. Pak Bos bawain buah tin kering dan biji aprikot. Buah tin kering itu kalau digigit terasa kenyal, ada serat-seratnya trus didalamnya ada biji yang kecil-kecil, rasanya sedikit manis. Kalau biji aprikot rasanya hampir kayak almond...emmm hampir-hampir samalah menurutku walaupun lebih enak almond.

Biji Aprikot
Buah Tin/Ara kering
Selain kedua makanan itu aku juga dapat oleh-oleh magnet kulkas dari Turki, temen-temen satu timku juga kebagian. Kalau yang diluar tim ya hanya bisa menikmati buah tin dan biji aprikot aja hehehe. Makasih Pak Bos untuk oleh-olehnya...koleksi magnet kulkasku bertambah lagi :D


Buah tin itu memiliki banyak sekali manfaat lho. Kalau menurut hasil googling buah tin itu memiliki manfaat antara lain:
  1. Kandungan kalium, omega 3 dan omega 6 pada buah tin membantu untuk menjaga tekanan darah sehingga bisa menghindarkan dari darah tinggi dan serangan jantung koroner.
  2. Buah Tin/ Ara kaya akan serat makanan yang membuat buah tin sangat efektif untuk program penurunan berat badan.
  3. Rebusan daun buah tin dapat membantu penyembuhan penyakit diabetes.
  4. Makan buah tin secara rutin dapat mengurangi resiko kanker payudara.
  5. Kandungan coumarin pada buah tin dapat mengurangi resiko kanker prostat.
  6. Tryptophan dalam buah tin dapat membantu membantu supaya kita bisa tidur nyenyak dan bisa menyembuhkan insomnia.
  7. Makan buah tin juga dapat mengurangi kelelahan, meningkatkan memori dan mencegah anemia.
  8. Buah tin mengandung pektin yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam darah.
  9. BUah tin yang dipanggang dapat menyembuhkan radang abses dan bisul.
  10. Buah tin memiliki kadar air yang tinggi sehingga bisa berfungsi sebagai pembersih kulit dan membantu dalam mencegah dan menyembuhkan jerawat.
  11. Buah tin kaya dengan kalsium yang sangat baik untuk terapi pengobatan orang-orang yang alergi terhadap produk susu.
  12. Buah tin kaya dengan phenol dan benzaldehid alami yang berfungsi sebagai zat anti tumor serta dapat membunuh microorganisme pathogen, jamur dan virus dalam tubuh manusia.
Biji aprikot juga memiliki banyak manfaat lho, antara lain: 
  1. Mencegah kanker.
  2. Menurunkan tekanan darah tinggi.
  3. Menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah sehingga bisa menghindarkan resiko atherosclerosis yaitu penyempitan dan pengerasan arteri jantung manusia.
Aku pengen beli pohon buah tin. Maunya sih beli 2 batang aja yang beda jenisnya. Aku sih maunya yang warna hijau dan ungu tapi kata Ibuku yang hijau dan merah aja lebih bagus...secara ya Ibuku tersayang itu sangat tidak suka dengan warna ungu hahahahaha....bahkan sampai warna buah aja pilih yang selain warna ungu. Ah tapi kadang juga suka masak sayur terong padahal kan ada yang berwarna ungu juga hehehe... 


Pohon Buah Tin

1 komentar: