Juni 26, 2013

Di Ujung Maut...

Maut itu begitu dekat...paling tidak selama aku hidup aku sudah beberapa kali berhadapan dengan maut. Proses kelahiranku dulu adalah proses yang sangat sulit, Ibuku kehabisan air ketuban, posisi bayi terlilit tali pusar dan masih "nangkring" di atas, biasanya bayi kalau udah mau lahir kan udah di perut bagian bawah kan? nah kalau aku dulu katanya masih nangkring aja di perut bagian atas sepertinya krasan dalam perut hehehe. Waktu itu sedang hujan badai dan aku harus "dipaksa" lahir, karena kalau tidak bisa berakibat fatal terhadap Ibuku dan aku. Akhirnya diputuskan operasi caesar....dan parahnya saat itu di kotaku belum ada dokter kandungan, karena memang hanya kota kecil. Dan akhirnya Ibuku dioperasi oleh dr. Soebroto, beliau adalah dokter umum...dan sebelumnya belum pernah menangani operasi caesar. Jadi aku adalah eksperimen pertamanya dan Alhamdulillah selamat...keren kan? ;)
Alhamdulillah aku lahir dengan selamat walaupun bikin heboh seluruh keluarga besar dan para tetangga. Karena pada masa itu kalau operasi caesar pasien harus dibius total...jadi keluarga besar Ibu dan Bapak sebagian besar diambil darahnya untuk jaga-jaga transfusi darah untuk Ibuku.

Saat masih bayi usia beberapa bulan aku sempat juga dirawat di RS gara-gara semua susu dan makanan yang masuk ke perutku keluarnya wujudnya juga masih sama karena pencernaanku ada yang tidak beres, waktu itu kata Ibu...dokternya udah pasrah. Dan akhirnya aku dibawa ke dukun urut bayi...eh sembuh lho :)

Umur 2 tahun aku pernah kecemplung kolam ikan karena ya lagi-lagi disebabkan rasa ingin tauku yang begitu besar, tapi berhasil diselamatkan oleh Bulikku. Umur 5 tahun aku juga pernah tenggelam di kolam renang karena nekat berenang sendiri padahal belum bisa renang tapi diselamatkan oleh Embah Kakungku. Setelah itu aku tenggelam lagi 2 kali tapi lagi-lagi ada yang menyelamatkan. Waktu TK aku pernah kejatuhan pohon kelapa, jadi aku main-main didekat tumpukan pohon kelapa yang udah dipotong tapi masih dalam bentuk gelondongan, eh pasak yang menahan pohon kelapa itu lepas dan ada sebatang pohon kelapa yang menggelinding menimpa punggungku....kayaknya waktu itu aku agak-agak pingsan deh. Pernah kena air panas di punggungku, pernah jatuh dari sepeda motor...kalau kaki atau tangan luka-luka karena jatuh sih itu gak usah dihitung hehehe...

Waktu SMA aku pernah naik motor dan nabrak beton sampai dari hidungku keluar darah. Trus pernah juga hanpir tertabrak sepeda motor sewaktu menyeberang jalan...waktu aku lihat kanan kiri bener-bener sepi kok dan aku gak ngeliat ada motor eh tiba-tiba aja pas aku nyebrang udah muncul gitu aja motornya. Untungnya gak kena sih. Trus sewaktu kuliah dan ikut kegiatan kampus di kaki Gunung Merapi aku juga hampir jatuh ke jurang...waktu itu aku harus melewati jurang selebar kurang lebih 25 meter dengan menggunakan tali, jadi jalan meniti tali gitu dengan ransel di punggung dan karena angin yang begitu kencang akhirnya aku kehilangan keseimbangan dan jatuh, untungnya masih ada tali pengaman dan aku gak pingsan. Karena kalau aku pingsan lebih repot lagi, dalam kondisi tergantung di tali pengaman dengan posisi kepala di bawah aku harus mengangkat badanku dan mencoba menarik tali pengaman yang lain supaya bisa ditarik ke tepi oleh tim penolong. Waktu itu proses evakuasi memakan waktu kurang lebih 30 menit.

Nah pas baru-baru di Jakarta aku pernah terjatuh dari bus patas AC...jadi ceritanya aku naik ke bus tapi kakiku belum menapak sempurna dan busnya udah jalan. Walhasil aku jatuh terbanting ke aspal, untungnya mobil yang ada di samping bus bisa mengerem dengan cepat kalau nggak wah gak tau deh nasibku gimana. Waktu itu kepalaku benar-benar pusing, gegar otak ringan.

Terakhir...hari Senin kemarin aku mengalami kejadian menakutkan lagi. Setiap hari aku berangkat dan pulang kantor ikut bus jemputan dari kantor. Dan udah 3 minggu ini supirnya baru. Sebenarnya dari awal aku udah minta supir ini diganti karena gak enak banget kalau nyetir, suka mainin gas dan rem seenaknya, suka nyeruduk kanan kiri, dan kayaknya ada masalah dengan pendengaran jadi kalau ada penumpang yang mau turun harus teriak-teriak dulu baru dia denger...itupun kadang gak diturunin di jalur aman, suka mendadak berhenti di tengah jalan dan penumpangnya disuruh turun...hadeuhh emang sableng tuh orang. Aku uda bolak balik protes ke GA tapi belum diganti juga. Nah Senin pagi kemarin saat sampai di rel kereta api...kondisinya saat itu palang rel udah diturunkan dan sirine juga udah dibunyikan, tapi memang palang relnya hanya tinggal separuh karena sepertinya ditabrak mobil yang menerobos rel kereta. Eh tiba-tiba si supir sableng itu ambil jalur kanan dan langsung nerobos palang dan melintasi rel kereta. Saat aku menoleh kereta udah sangat dekat sekitar 30-40m dari posisi bus. Kereta udah menyalakan lampu depan dan membunyikan klakson...gilaaaaa...jantungku serasa mau copot!!! Aku dan teman-temanku langsung teriak dan marah ke supirnya...eh si supir yang saat itu bawa temennya malah ketawa-ketawa cengengesan. Duh bener-bener emosiku udah di ubun-ubun...udah habis kesabaranku ngadepin supir sableng ini. Begitu sampai kantor aku langsung tulis email ke GA bagian kendaraan cc ke Vice President BSS dan juga cc ke beberapa teman-temanku. Aku minta supir diganti secepatnya karena sudah membahayakan nyawa kami. Dan ternyata besoknya langsung diganti...syukurlah...

Kematian itu begitu dekat kawan...sangat dekat...kita tidak pernah tau kapan maut akan menjemput kita ke alam keabadian. Selalu berusaha memperbaiki diri sehingga mempunyai bekal yang cukup kalau sewaktu-waktu dipanggil oleh Allah SWT...kita tidak pernah tahu kapan waktu itu akan datang... Jadi...selalu bersiaplah :)

2 komentar:

  1. Jarene wong jowo, iku nyawa saringan, sebab wis ping pira wae nemahi blai slamet...

    BalasHapus
  2. Koyo teh wae ndadak disaring hehehe...

    BalasHapus