Juni 13, 2013

Pah Log & Mah Log

Siapa sih Pah Log & Mah Log??? mereka adalah sepasang suami istri yang mempunyai toko di pinggir jalan di samping rumahku. Pah Log & Mah Log adalah orang Chinese. Tokonya menyediakan kue-kue, aneka permen, aneka snack dll.

Aku dulu sering banget jajan di tokonya Pah Log ini...yah usia-usia TK dan awal2 SD. Dalam ingatanku...kalau Pah Log itu orangnya ramah dan baik banget, kadang kalau aku beli jajanan suka dilebihin, kebalikannya sama Mah Log...kalau Mah Log ini dulu terkenal galak dan pelit. Aku pernah beli jajanan dan seharusnya ada kembaliannya eh gak dikasih kembalian, aku udah protes eh dicuekin ama Mah Log. Waktu itu Pah Log sedang tidak ada di tokonya. Besoknya aku ke toko Pah Log lagi dan ketemu Pah Log...trus aku bilang ke Pah Log kalau kemarin aku gak dikasih kembalian ama istrinya....eh Pah Log-nya minta maaf trus duitku dibalikin plus dikasih permen pula...baik banget Pah Log ini :)

Pah Log punya halaman belakang yang luas, sekeliling halamannya dikelilingi tembok yang tinggi. Halamannya berbatasan dengan halaman rumahku dan halaman belakang rumah Mbah Uti-ku. Aku dan sepupuku yang cowok sering ngintip-ngintip ke halaman belakang rumahnya Pah Log ini...caranya dengan naik pohon jambu benik yang ada di belakang rumah Mbah Uti. Trus...ngegangguin anjing-anjing peliharaan Mah Log (Mah Log adalah penyayang anjing). Anjing-anjing Mah Log dilepas di halaman dan sering kejar-kejaran di halaman itu. Trus sesekali aku dan sepupuku melempari anjing-anjing itu dengan kerikil...lebih sering sih ngelempar kerikil ke kolam yang ada di dalam halaman mereka. Trus anjing-anjingnya jadi kaget dan menyalak. Abis itu Mah Log-nya keluar trus marah-marah sambil teriak-teriak..."Siapa gangguin anjingku!!!" Aku dan sepupuku langsung sembunyi di balik dinding :D
Abisnya dulu sebel banget ama Mah Log ini sering marah-marah gak jelas...akhirnya dibikin marah aja sekalian... (ampunnnn bandel banget ya ternyata aku dulu...hadeuhhhh....)

Oya Pah Log punya pohon kelengkeng yang selalu berbuah sangat lebat, setiap tahun selalu panen kelengkeng. Biasanya sih dibeli oleh penjual buah...selagi kelengkengnya masih kecil-kecil biasanya dibungkus dengan pelepah pinang supaya gak dimakan codot (kelelawar gede yang suka makan buah). Sebagian dahan-dahan pohon kelengkeng Pah Log ini melewati dinding pembatas dan menjorok di halaman rumahku jadinya daun-daun yang tua jatuh mengotori halamanku. Trus aku bilang ke Pah Log, "Pah, pohon kelengkengmu bikin halamanku kotor tuh berarti kelengkeng yang tumbuh di dahan yang menjorok ke rumahku jadi bagianku dong."
Yah walaupun bandel gini aku sering ngedengerin pengajian, dan kalau dalam hukum Islam apabila ada pohon buah yang menjorok ke halaman tetangga dan daun-daunnya mengotori halaman tetangga berarti buahnya menjadi hak tetangganya tersebut. Pah Log walaupun non muslim tapi dia mengerti dengan hal ini...mungkin karena tinggal di lingkungan yang mayoritas muslim jadi dia tau. Waktu itu dia hanya tersenyum sambil ngangguk-ngangguk. Eh sorenya...pembantunya Pah Log nganter sekarung buah kelengkeng ke rumahku. Trus dahan-dahan kelengkeng yang menjorok ke halaman rumahku kemudian dipotong, jadi gak mengotori halaman rumahku lagi :)

Bapak waktu itu bingung kok tiba-tiba dikasih sekarung kelengkeng yang sudah matang, trus Pah Log cerita ke Bapak soal aku yang ngomongin dahan kelengkeng itu ke Pah Log. Bapak geleng-geleng trus manggut-manggut...Bapak dan Pah Log ngobrol-ngobrol sambil ketawa-ketawa. Trus kata Pah Log ke Bapak,"Pak Hud, anakmu ini nakal banget tapi pinter ya." Jawab Bapak,"Lha iya anakku harus pinter hahahaha..." Aku sih waktu itu cuek aja mondar mandir disekitar mereka sambil ngejar-ngejar kucing piaraanku.

Tapi beberapa tahun kemudian Pah Log dan Mah Log dibawa ke Jakarta oleh anaknya, dan rumahnya disewain. Abis itu gak ngerti lagi gimana kabar mereka, denger-denger mereka udah meninggal. Karena waktu itu mereka juga udah agak jompo, mungkin anak-anaknya gak tega kalau orang tuanya hanya tinggal berdua...yah walaupun pembantunya da beberapa sih. Dan walaupun aku sering musuhan ama Mah Log tapi waktu dia mau pindah aku dielus-elus kepalaku trus dikasih permen. Maaf ya Mah Log...aku dulu sering jahil sama Mah Log. Makasih ya Pah Log atas semua kebaikanmu padaku. Semoga kalian bahagia di alam keabadian :)

2 komentar:

  1. Thank`s a lot for this sharing. You have had good memories with pah Log. I heard pah Log`s house will be sold for 1.5 or 2 Million rupiah. I wait for your another neighbors stories. Thx again.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lek aku nduwe duit akeh wis tak tuku kuwi :D

      Hapus