Desember 31, 2008

Berburu Kain panjang (Jarik) di Yogyakarta

Hari kedua di Yogyakarta (26 Desember 2008)

Rencananya aku mau mencari kain panjang. Tujuan pertama adalah toko batik kepunyaan Luluk & Tommy (Luluk temen kostku saat di Yogya dulu) Batik Puspa Kencana yang beralamat di Jl. Gejayan CT X No. 13A Yogyakarta, Telp 0274 518449.
Sebelumnya aku dah telpon Luluk kalau mau mampir ke tokonya, tapi hari itu Luluk pergi ke Solo ada saudaranya yang meninggal, tapi tokonya tetap buka, ada kakak Luluk yang ngejagain toko.
Sampai sana aku langsung lihat2 kain panjang, aku nyari kain panjang motif Truntum, Sidomukti dan Wahyu Tumurun. Ternyata Sidomukti-nya dah abis...maklum musim orang kawinan nih....jadi aku cuma beli kain panjang motif Truntum kombinasi batik tulis dan cap harga resminya Rp 225.000......untuk aku harga pertemanan dong huehhehehe....

Truntum

Aku melanjutkan perburuan ke Malioboro. Sepanjang jalan Malioboro ada beberapa toko Batik. Toko pertama yang aku masuki adalah toko Adiningrat (depan Malioboro Mall)....disini ada batik Sidomukti tapi sayang nggak ada yang batik tulis adanya yang kombinasi. lanjut ke toko Ningrat....gak ada juga yang sido mukti tulis, Danar Hadi...ada sih batik tulis sido mukti tapi harus beli sepasang sementara aku butuhnya cuman satu aja, harganya kalau sepasang Rp 1,125,000. Masuk toko Margaria eh Sido Mukti gak ada juga, begitu pula di Batik Keris dan beberapa toko batik yang aku lupa namanya.....wah dah mulai capek nih....


Semoga di Mirota Batik ada....aku meneruskan langkahku ke Mirota Batik yang beralamat di Jl. Jend. A. Yani 9 (depan Pasar Beringharjo) Telp./Fax. (0274) 588524, 518127, 547016, 547017 Yogyakarta.
Begitu masuk...wuahhhhhh penuh sekaleeeee....mungkin karena musim liburan ya. Aku tanya ke pramuniaganya ada nggak sido mukti tulis....dan dia bilang ada, ternyata batik tulis sido mukti Solo tinggal satu yang lain batik tulis Yogya. Entah kenapa aku lebih suka batik tulis Solo. Tapi sayangnya aku kurang sreg dengan kain sido mukti Solo yang ada di Mirota Batik....oya harga disini lebih mahal dibanding toko2 lain yang udah aku kunjungin....harga Sido Mukti disini Rp 715.000.

Aku langsung menuju Mirota Batik lantai 2 untuk ngeliat barang kerajinan. Akhirnya aku beli beberapa barang, wayang kayu, miniatur prajurit kraton, wajan & anglo serabi, alas dari lidi yang dianyam....hmmm lumayan berat juga nih.....

Puas di Mirota Batik aku masuk ke Pasar Beringharjo setelah sebelumnya mampir minum es kelapa muda dulu....hmmm segarrrrrr.......
Di Beringharjo aku gak beli apa2. Aku balik lagi ke arah Malioboro Mall (maklum janjian ma Dyah temen kuliahku disana).....eh setelah pasar Beringharjo ternyata ada toko batik lagi namanya Juwita Batik yang beralamat di Jl. Jend. A. Yani 64 Yogyakarta Telp. 0274 512875 - 513981 Fax. 0274 513981. Iseng-iseng aku masuk ke Juwita batik dan tanya ada gak kain panjang sido mukti tulis asli...ternyata ada lhooooo......wah senangnyaaaa........
Akhirnya aku beli satu, harganya Rp 495.000 diskon 10%...lumayannnnnn......ada juga Wahyu Tumurun tapi aku masih ragu-ragu beli apa nggak, soalnya udah beli saat di Pasar Besar Malang.
Walaupun keesokan harinya aku beli Wahyu Tumurun di tokonya Luluk :)

Sido Mukti Luhur (Batik Solo)

Sido Mukti Ukel Lembat (Batik Solo)

Wahyu Tumurun (Batik Yogya)

Perjalanan lanjut ke Malioboro Mall....disana aku ketemuan dengan Dyah....ngobrol2...maklum dah lama gak ketemuan. Lanjut ke Matahari Dept. Store...yah belanja lagi deh akhirnya.....
Langit semakin gelap....akhirnya aku pulang dengan diantar Jazz metalik milik Dyah....
Capekkkk tapi senenggggg.......

3 komentar:

  1. sebagai warga indonesia apalagi orang jawa, emang harus bangga sama batik, krn batik sekarang dah mendunia lho, kaya taun lalu batik dah dikombinasiin dengan gaya pakaian harajuku nya jepang "harjutik". soo...bt anak2 muda gak usah gengsi deh pake batik, orang jepang aje pada suka kenapa kita mesti malu...bukan begitu jeng nana....

    BalasHapus
  2. Benar sekali Jeng Tri....emang kita harus melestarikan batik. Yah walaupun aku kurang suka menggunakan bahan batik sebagai baju atasan hehehe....
    Aku punya beberapa batik tapi aku pakai sebagai kain panjang (bawahan aja). Dan berkaitan untuk keperluan nikah....Ibuku berpesan harus punya jarik/kain panjang batik sendiri.....makanya aku bela-belain berburu batik tulis ke Jogja.

    BalasHapus
  3. jarit batik tulis , sekarang ini harganya relatif mahal. minimal 400 rb. jadi kayaknya kalangan menengah ke atas yang bisa koleksi. kebetulan saya pecinta batik juga, saya juga rawat jarit batik tulis peninggalan ibu. moga2 kesejahteraan rakyat jogjameningkat. sehingga bis jarit batik tulis. sebuah kebanggaan bisa mengenakan batik di acara2 formal

    BalasHapus