Agustus 16, 2010

Puasa...apa sih manfaatnya?

Puasa Ramadhan...menjalankan perintah agama sekaligus melakukan detox tubuh. Sebenarnya apa sih manfaat dari puasa itu? Tentu banyak dari kita yang bertanya - tanya apa manfaat dari puasa. Manfaat Puasa, antara lain:
  1. Pola makan kita menjadi teratur yaitu pada saat kita sahur dan saat kita berbuka puasa, jadi ada kesempatan buat organ-organ pencernaan kita untuk beristirahat dan tidak kelelahan bekerja terus menerus.
  2. Kita menjadi lebih relaks, karena dalam puasa kita tidak hanya dituntut tidak makan dan minum selama waktu yang ditentukan, tapi kita juga harus menahan hawa nafsu (bukan berarti pada saat tidak berpuasa tidak harus menahan hawa nafsu ya :D). Saat berpuasa kita harus mengendalikan emosi kita, karena biarpun tidak makan minum tapi kalau marah2 dan bergunjing jalan terus ya kita tidak akan mendapatkan pahala apa2 kecuali hanya lapar dan haus aja.
  3. Pada akhirnya tubuh menjadi sehat, karena tentu saja berat tubuh berkurang...lebih langsing tentunya dan pikiran menjadi tenang.
Tapi kadangkala kita memaknai puasa secara lain...pada saat menyiapkan buka puasa kita seperti kalap dengan membeli berbagai macam makanan seperti kolak, bubur, lauk pauk yang lebih mewah dibanding biasanya. Dan hal itu tentu saja berimbas ke pengeluaran kita sehari-hari dan tentu saja kurang bagus untuk tubuh kita juga.

Kenapa orang senang berbuka puasa dengan yang manis2 seperti aneka kolak, setup, es buah dll itu? Alasannya karena ada ajaran dari Rasulullah untuk berbuka puasa dengan yang manis. Padahal yang dimaksud makanan manis disini adalah makanan yang manisnya alami seperti kurma dan buah-buahan lainnya, bukan makanan olahan apalagi yang bersantan dan bergula.

Setelah seharian berpuasa tentu pada saat berbuka puasa perut harus diisi dengan makanan, tapi bukan makanan yang manis dan bersantan...karena perut akan kaget. Jadi harus dengan makanan alami yang manis. Setelah sholat Maghrib barulah diisi denngan makanan yang berat seperti nasi, sayur dan lauk pauknya...tapi itu pun jumlahnya juga jangan gila-gilaan (mentang2 abis puasa trus saat buka puasa balas dendam hehehe...)

Jadi marilah kita menjalankan puasa dengan sebaik-baiknya. Tidak salah makan kolak, es buah, es teler dll...tapi jangan berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Makan sewajarnya aja. Sehingga kita tidak akan sakit perut karena kekenyangan dan tetap bisa mmenjalankan sholat wajib dan sholat sunnah dengan baik dan lancar :)
Semoga kita bisa menjalankan ibadah puasa sampai tuntas...dan puasa kita diterima oleh Allah SWT...Amin...Amin...Amin...Allahuma Amin...

1 komentar: