Agustus 05, 2010

Disiplin...disiplin...disiplin...

Lagi mengharap...kapan ya masyarakat Indonesia bisa bagus tingkat kedisiplinannya?
  • Disiplin saat di jalan raya,
  • Disiplin saat antri,
  • Disiplin buang sampah di tempat sampah (bukan di jalan, di sungai dan tempat lain yang bukan diperuntukkan untuk buang sampah)
  • Disiplin untuk tidak buang air kecil sembarangan
  • Disiplin waktu
  • Disiplin untuk tidak meludah di sembarang tempat dan lain sebagainya
Beberapa hari yang lalu saat pulang kantor...aku heran karena dari mulai depan gedung Bank Indonesia ke arah Thamrin - Sudirman macet banget...padahal cuaca lagi cerah. Dan ternyata menurut informasi dari temenku yang kerja di Sudirman ada orang yang tertabrak Trans Jakarta karena nyebrang di jalur bus.
Jam pulang kantor + TransJakarta yang penuh sesak penumpang + orang2 Indonesia yang punya rasa ingin tahu yang gede...jadi pengendara lainnya melambatkan kendaraan untuk melihat kecelakaan yang terjadi....akhirnya terjadilah macettttt parahhhhhhhhhhh.

Kalau menurutku itu bukan salah supir bus-nya karena orang yang menyeberang itu memang menyeberang di Sudirman yang "diharamkan" untuk disebrangi kecuali lewat jembatan penyebrangan dan biasanya dijalur itu steril dan bus melaju kencang. Tapi begitulah hukum di Indonesia kalau ada kecelakaan pasti pihak yang menabrak walaupun di luar kuasa dia...akan kena imbasnya juga. Sering miris melihat angkot yang berhenti seenaknya di tengah jalan, mobil2 pribadi yang semakin banyak dan saling serobot plus membunyikan klakson yang memekakkan telinga, sepeda motor yang nyalip kanan kiri dan kalau kesenggol mobil atau sesama motor marah2 dan pengendara lain biasanya ikutan ngeroyok yang punya mobil/motor yang dituduh nyenggol...walaupun kadang kesalahan dipihak si "korban". Motor yang seenaknya naik ke trotoar yang diperuntukkan untuk si pejalan kaki, sehingga pejalan kaki harus minggir biar gak tertabrak. Pejalan kaki yang nyebrang bukan pada tempatnya (di jalur cepat atau nyebrang saat lampu lalu lintas masih hijau sehingga kendaraan melambat untuk memberikan jalan untuk mereka dan macet juga akhirnya)

Belum lagi orang-orang (terutama yang berjenis kelamin pria) sering banget terlihat buang air kecil di pinggir jalan....dinding, roda mobil dan semak-semak yang sering jadi korban dikencingin mereka...pesing dimana-mana....najis dimana-mana.....
Dan yang paling gemes liat orang buang sampah tanpa rasa bersalah di sungai...dan beberapa kali ngeliat mobil mewah terbuka jendela kacanya dan pluk...penumpang di mobil mewah itu buang plastik aqua gelas...OMG...ternyata gak jaminan orang kaya itu mentalnya juga bagus, banyak yang gak ngerti disiplin dan etika.

Aku gemes banget ngeliat hal-hal kayak gini. Kedisiplinan dan budi pekerti sepertinya harus dijadikan mata pelajaran wajib di sekolah sejak kecil. Dan harus dimulai dari lingkungan keluarga. Bagaimana anak-anaknya bisa disiplin kalau ngeliat orang tuanya tidak disiplin.

Belum lagi soal antri...entah antri di ATM, antri di loket, antri di kasir swalayan....paling sebel ama orang yang tanpa rasa bersalah nyelonong aja kedepan antrian....halooooooo emang dipikirnya orang-orang yang antri itu gak capek apa. Dan kalau menghadapi kasus kayak gini aku gak segan-segan menegur orang yang nyerobot antrian...gak peduli statusnya apa, gak peduli umur berapa...kebanyakan yang sering nyerobot antrian tuh bukannya anak2 ABG tapi kebanyakan Ibu-Ibu atau Bapak-Bapak yang dengan umur yang sudah sangat dewasa (tapi belum termasuk tua). Plis dong...orang lain dah capek2 antri, orang lain maunya juga cepat...seenaknya aja main serobot!!!

Jadi kesimpulannya....ajari anak-anak kita kelak untuk disiplin sejak dini...dan tidak ada kata terlambat untuk membentuk prilaku disiplin. Untuk orang tua...jadilah contoh yang nyata untuk anak-anaknya...untuk atasan....jadilah contoh yang baik untuk anak buahnya....untuk ulama...jadilah contoh yang baik untuk umatnya...dan untuk Pejabat Negara jadilah contoh yang baik untuk warga negara...

0 comments:

Posting Komentar