Juni 11, 2011

Last Day @Bangkok

Day 7, June 7, 2011

Hari ini adalah hari terakhirku di Bangkok. Agendaku hari ini adalah ke Vimanmek Mansion dan ke MBK. Karena semua barang udah aku packing jadi pagi itu aku bisa nyantai. Setelah mandi kami turun untuk menikmati sarapan di cafe hotel. Udara terasa dingin karena malam hari turun hujan yang cukup lebat.

Berhubung Vimanmek Mansion baru buka jam 10 am jadinya setelah sarapan pagi kami balik ke kamar dan rebahan lagi...maklum udara dingin banget pagi itu...mungkin selain pengaruh AC kamar juga karena abis ujan. Dan jam 10 am barulah kami berangkat ke Vimanmek Mansion, udara di luar hotel ternyata panas banget. Saat itu sekalian aja kami check out tapi boleh kok nitip barang bawaan di hotel tanpa bayar untuk diambil lagi sore hari saat mau berangkat ke bandara. Kami berangkat dengan naik taksi karena jalur ke arah sana tidak dilewati boat, kami gak mau naik Tuk-Tuk takut dibawa putar-putar dan males naik bus karena selain lama juga tulisan di bus Bangkok itu pakai tulisan Thai semua...nah daripada salah naik bus ya udahlan naik taksi aja.

Oya tiket untuk masuk Vimanmek Mansion itu jadi satu dengan tiket masuk ke Grand Palace. Untuk masuk ke Vimanmek Mansion pemeriksaannya ketat banget, pengunjung tidak boleh bawa kamera dan HP atau benda apapun yang bisa dipergunakan untuk memotret ataupun merekam. Jadi semua barang bawaan harus dititipkan di locker yang sudah disediakan. Dan untuk masuk ke Vimanmek Mansion masih harus melewati detector dan masih diraba-raba ama petugas cewek yang ada disana untuk memastikan benar2 gak bawa kamera atau HP. Pengunjung juga gak bisa jalan sendiri memasuki Vimanmek Mansion, harus dipandu oleh guide yang sudah disediakan.

Saat memasuki Vimanmek Mansion semua pengunjung harus melepaskan alas kaki dan disimpan di tempat yang sudah disediakan. Vimanmek Mansion adalah bangunan yang seluruhnya terbuat dari kayu jati. Hebatnya...bangunan setua itu masih terlihat sangat terawat dan sangat bersih...semua kelihatan berkilau. Pemandu rombonganku waktu itu seorang perempuan yang cantik dan anggun dengan bahasa Inggris dialek Thai. Dia menjelaskan dengan detail setiap bagian dalam Vimanmek Mansion. Dan lagi-lagi dalam rombongan tour-ku banyak bulenya :D

Pengunjung baru boleh berfoto di depan Vimanmek Mansion setelah selesai berkeliling ruangan dan barulah bisa mengambil kamera di locker. Itu pun hanya bisa berfoto didepan bangunan saja. Cuaca hari itu benar-benar panas saat menjelang siang...fiuhhhh...

Tujuan selanjutnya ke MBK dan kami menggunakan taksi lagi untuk ke MBK. Tapi sebaiknya jangan naik taksi dari depan Vimansek Mansion persis...pada belagu gak mau pakai argo...jadi kami jalan agak jauh dan barulah mencari taksi. Sesampai di MBK kami langsung menuju food court di Lt. 6 karena emang udah merasa lapar. Untuk beli makanan di food court kita harus menukarkan uang kita dengan kupon, jadi kita membayar makanan dan minuman dengan menggunakan kupon...kalau masih ada sisa kuponnya bisa ditukar lagi dengan uang.
Tapi ternyata setelah berkeliling kami hanya menemukan 1 stand makanan berat yang bertanda halal...dan itu masakan India...oh nooo...aku gak suka makanan India. Kami lalu turun ke lantai 5, di lantai 5 ada tempat makan juga...dan ternyata banyak yang menjual makanan halal.

Ada resto Jimbaran Bali disitu lho dan makanannya halal...dan akhirnya aku beli makanan disitu...menunya Nasi Goreng Special...nasi goreng dengan sate ayam khas Bali. Jauh-jauh ke Thailand eh makan makanan Indonesia juga huehehehehe...

Selesai makan kami kembali ke Lt. 6 dan beli sticky rice with durian alias ketan durian. Emm...rasanya terlalu manis untuk ukuran lidahku...aku lebih suka ketan durian waktu beli di Pasar Central Kuala Lumpur....yah tergantung selera sih :)

Just info: untuk yang berkunjung ke Thailand tapi gak sempat ke tempat2 wisata kalau mau beli souvenir cari aja di MBK ini. Harganya murah dan masih bisa ditawar.

Ok saatnya kembali ke hotel untuk mengambil barang kami dan segera berangkat ke Suvarnabhumi Airport. Rutenya dari hotel kami naik taksi ke stasiun Phaya Thai dan naik Airport Rail Link menuju Suvarnabhumi Airport. Pesawat kami masih jam 20.50 take off...jadi kami pikir kami masih bisa nyantai di bandara. Ternyata oh ternyata saat check in ketemu dengan Ibu muda dari Padang yang bawa belanjaan berkoper-koper...dia bawa 9 koper...gubrakkkkkkk!!!!! Tadinya aku pikir dia cuma bawa 4 koper ternyata masih ada troley 1 lagi yang isinya 5 koper. Dia minta tolong ke Arum & aku supaya mau dititipin barangnya...maksudnya barang2 dia masuk bagasi atas namaku dan nama Arum. Kami ok2 aja waktu itu...bahkan sampai ikut repot ngurusin pembayaran kelebihan bagasi. Setelah itu baru terpikir olehku...alangkah bahaya-nya menerima titipan barang dari orang yang tidak kita kenal...ya mungkin karena pengaruh nonton berita di tv banyak yg tertangkap tangan di bagasinya ada narkoba atau barang terlarang lainnya. Tapi udah terlanjur...

Dan Ibu itu ternyata sangat hobi belanja. Jadi setelah urusan bagasi selesai dia masih mampir ke beberapa toko. Milih2 parfum, kosmetik, souvenir, makan. Sebenarnya aku udah pengen merem aja tapi gimana lagi hiks. Dan akhirnya pesawat take off tepat jam 20.50 dan setelah penerbangan selama 3 jam 20 menit sampailah kami di bandara Cengkareng. udah lewat tengah malam dan masih harus nunggu bagasi yang seabrek..hiks...
Untung semuanya beres. Dan akhirnya aku bisa pulang dengan naik Blue Bird dengan driver yang baik dan Alhamdulillah sampai di rumah pada pukul 01.40 WIB dengan selamat. Dan pagi pukul 07.00 harus berangkat ke kantor...kerjaaaa.....back to reality....

NOTE:
Jangan mau dititipin bagasi oleh orang yang tidak kita kenal apalagi dalam penerbangan antar negara. Kalau ada masalah akan merugikan kita sendiri.