April 11, 2011

Manado Cuisine

Sebagai penggemar masakan Manado (yah paling nggak nyaris tiap Jum'at nyicipin masakan Manado di MDS)...lama-lama aku jadi pengen nyobain masak sendiri. Kenapa aku suka masakan Manado? Yah karena kebanyakan tidak bersantan dan itu sehat menurutku :)
Selain itu juga rata-rata pedasss.....sesuai seleraku....padahal kadang abis makan pedas perutku protes juga hehehe....

Akhirnya hari Minggu kemarin pagi-pagi aku belanja ke pasar Benhil. Tujuan pertama cari ikan kerapu atau ikan kakap...dan ternyata ikan kerapunya abis jadi beli ikan kakap. Trus lanjut belanja aneka sayuran dan bumbu-bumbu. Wiiihhhh ternyata banyak banget bahan-bahan yang harus aku beli. Aku emang mau praktek bikin bubur Manado dan ikan kuah asam.

Yup...begitu nyampe rumah langsunglah acara masak memasak dimulai. Pertama aku bikin bubur Manado...yang lama tuh nyiapin dan motong-motong aneka bahan-bahannya itu. Sayurannya aja ada kangkung, bayam, daun melinjo, kacang panjang, kemangi, jagung manis....trus bahan lainnya ubi jalar merah yang harus dipotong-potong juga. Kalau bumbunya sih gak gitu ribet ya cuma serai, jahe dan garam. Aku juga bikin sambal tomat ala Manado sebagai teman makan bubur Manado...yang terdiri dari cabe merah besar, cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, garam, jeruk nipis, tomat...semua cuma diiris-iris trus dicampur.

Begitu semua bahan udah siap...nyiapiin beras trus direbus dengan air, jahe, serai dan garam. Begitu beras mulai empuk masukkan jagung trus kacang panjang, daun melinjo, ubi jalar merah...nunggu empuk baru masuk deh kangkung, bayam dan kemangi. Diaduk-aduk biar tercampur dan matangnya merata. Gak lama kemudian matanglah bubur Manado ala Ariana :D

Baunya haruuuuummmmm....karena berasnya aku pakai beras pandan wangi trus bercampur dengan harumnya aneka sayuran yang dimasak bareng. Telpon sepupuku...eh ternyata dia lagi mudik ke Jatim...waduh padahal dah bikin lumayan banyak. Akhirnya sebagian aku kasih ke temenku.

Trus malamnya baru deh nyobain bikin ikan kuah asam. Simple aja kok bikinnya...aneka bumbu-bumbu yang udah disiapkan diirebus sampai mendidih trus ikan yang sebelumnya udah dilumuri air jeruk nipis dan garam (selama 10 menit) dimasukkan dalam air yang sudah bercampur dengan bumbu-bumbu. Gak butuh waktu lama ikan udah masak....jadilah ikan kuah asam ala Ariana :)
Rasanya...hmmm lumayanlah untuk pemula hehehe....

Oya selain itu aku baru aja nemu ide baru bikin frame dari foam art untuk souvenir. Karena terbuat dari foam jadi enteng banget. Trus framenya dihias dengan bunga-bunga satin yang cantik. Kalau hiasan pinggirnya sih bisa diganti-ganti dengan bentuk lain...misalkan menggunakan foam art juga...atau tatanan bunga satinnya diubah-ubah...no problemo :)

2 komentar:

  1. Hehe habis masak n maem manado cuisin ide frame muncul.. Jadi rajin2lah mba memasak dan maem yang beraneka ragam, biar idenya tambah seger terus amin2.. btw, salah satu nya dengan beli oven, sambil baking, idenya muncul biasane hehehe *kompor2..

    BalasHapus
  2. Sebenarnya ide frame itu udah muncul sebelum aku masak hehehe...cuman baru sempat aku upload :D

    Iya nih masih bimbang antara mau beli oven atau nggak. Pengen sih...mengingat makaroni panggang dengan taburan keju yang banyak adalah salah satu menu favorit untuk sarapan hehehe...tapi ntar dulu deh. Mungkin bulan depan. Bulan ini masih harus mengalokasikan budget untuk ke Belitung :D

    BalasHapus