April 25, 2011

Belitung yang menakjubkan - Day 2

23 April 2011

Jadwal hari Sabtu ini kami keliling ke pulau-pulau kecil yang ada di Belitung Barat. Jam 07.30 WIB kami udah dijemput oleh Mas Yudi. Dan langsung meluncur ke Pantai Tanjung Kelayang. Nah dari Pantai Tanjung Kelayang ini barulah kami naik ke perahu boat milik nelayan setempat. Dan kami digabungkan dengan 1 rombongan lagi yang berisi 6 orang, jadi total orang yang ada di perahu 12 orang (termasuk pemilik kapal dan para guide).

Sebelum masuk ke kapal kami ganti baju dulu...sengaja pakai baju renang panjang biar begitu nyampe di lokasi snorkeling bisa langsung nyemplung :D
Dan untuk alasan keamanan masing2 memakai jaket pelampung (kecuali pemilik perahu, anaknya pemilik perahu dan 1 guide). Uuuuaaaahhhhh udaranya benar-benar segaaaarrrrrrrrrrrrrrrrrrrr.....aroma laut begitu kuat merasuk ke rongga hidung....hhhhmmmmm....aroma udara segar....(bukan aroma ikan asin lho hehehe....)

Tujuan pertama adalah ke Pulau Pasir.....pulau pasir ini kecil banget...hanya terdiri dari gundukan pasir putih di tengah lautan. Dan yang menakjubkan begitu banyak bintang laut di sekitar Pulau Pasir ini. Bintang laut itu bisa dipegang lho...gak berbahaya kok...dan yang pasti bisa dijadikan alat untuk bernarsis-narsis ria sepuasnya hahahaha....

Perjalanan lanjut lagi ke Pulau Lengkuas. Di Pulau Lengkuas ini ada Mercusuar yang sudah tidak terpakai lagi. Tingginya 18 lantai...dan semakin ke atas semakin mengecil. Wah kalau tiap hari naik turun mercusuar ini pasti badan langsing dan singset dengan cepat hehehe....

Kalau mengambil foto dari atas Mercusuar ini woooowwwwww pasti bakalan dapet view yang menakjubkan...indah bangetttttt....pantai, perahu, batu-batu, pohon-pohon kelihatan semua...dan warna air laut kalau dilihat dari atas ternyata begitu indah...gradasi warnanya sungguh sangat menakjubkan...hmmm Indonesia-ku memang sangat indah :)

Puas berfoto-foto di Pulau Lengkuas kami melanjutkan lagi perjalanan ke Pulau Burung untuk snorkeling....lokasinya masih di dekat Pulau Burung juga. Wah gak sabar pengen langsung nyemplung. Tapi sebelum nyemplung gak lupa pakai sunblock dulu (tujuannya sih biar kulit gak terbakar sinar matahari yang begitu ganas...tapi apadaya tetap aja kulitku gosong hahahahaha....muka, telapak tangan dan telapak kaki...merah-merah gosong gimana gitu hihihi...tapi gak apa-apa yang penting puas nyemplung ke laut :D)

Snorkeling sambil megangin Arum yang tadinya takut masuk air karena gak bisa renang...tapi akhirnya berani dengan catatan harus selalu dipegangin :D
Setelah beberapa saat sempat naik ke perahu lagi...tapi gak lama aku nyemplung ke laut lagi...renang ke tempat yang agak jauh dari perahu...dan ternyata pemandangannya lebih bagus dibanding yang di deket perahu...tapi harus balik lagi deh karena gak boleh terlalu jauh dari perahu. Abis gimana ya...kalau dah nyemplung di Laut gak nyadar semakin menjauh dari perahu...saking asyiknya :)

Kalau untuk pantainya sih Belitung emang sangat indah...berpasir putih lembut...tapi kalau untuk alam bawah lautnya menurutku masih lebih indah di Karimunjawa. Tapi gak tau juga ya kalau di lokasi yang lebih dalam. Hmm...nikmat sekali saat berenang di laut lepas kayak gini...air yang tenang dan berwarna bening indah...angin sepoi-sepoi...cuaca cerah...wiiihhh nyaris sempurna deh pokoknya...

Sesudah snorkeling baru deh makan siang...lagi-lagi seafood...untuk makan siang kali ini menunya cumi goreng tepung, ikan ganggan, kepiting saus padang dan ikan bakar...wuahhh benar2 kenyang....
Selesai makan aku masih sempat jalan-jalan ke pulau kecil di dekat Pulau Burung (namanya lupa hehehe...). Seperti biasa puas-puasin foto2 trus nyari kerang deh :D

Abis itu lanjut lagi ke Pulau Batu Belayar...pulaunya kecil tapi lagi-lagi sangat indah...banyak batu-batu menjulang di pulau ini. Selain itu juga banyak bintang laut yang kecil dengan jenis yang berbeda dengan bintang laut yang ada di Pulau Pasir. Waktu aku taruh di tangan rasanya geli banget...karena bintang laut ini kakinya banyak banget dan berjalan merambat :D

Puas di Pulau Batu Belayar perjalanan lanjut lagi ke Pulau Babi. Kami snorkeling lagi disini...tapi view-nya lebih bagus di Pulau Burung. Dan disinilah tanganku tertusuk bulu babi...huhuhu...kejadian di Karimunjawa terulang lagi...tapi kok lebih sakit waktu kena bulu babi di karimunjawa dulu ya dibanding di Pulau Babi ini. Tapi aku masih mending cuma kena di 1 di tangan. Arum kena tusuk 2 di tangan...eh abis itu kena lagi 4 di kaki. Kalau aku sih langsung aku pencet2 biar bulu babinya hancur dan darahnya keluar...abis itu ilang deh bekasnya. Tapi waktu aku pencet2 kakinya Arum tuh bulu babi napa gak mau hancur juga ya?

Dan satu lagi nih pengalaman agak2 menegangkan di Pulau Babi ini. Guide-ku...si Mas Yudi itu kan jago berenang tapi dia tetap pakai pelampung...trus saat itu pelampung dia lepas...katanya pengen nyobain tanpa pelampung. Eh gak lama kemudian kakinya kram...langsung deh dia teriak2 minta tolong (sepintar apapun orang itu berenang kalau kaki kram bisa tenggelam lho).
Mas Yudi pertama kali ditolongin oleh Guide satunya (duh aku lupa namanya...), trus abis itu aku ama Arum yang nopang Mas Yudi untuk dibawa ke tepi...fyi...Arum tidak bisa berenang tapi dia pakai pelampung. Lumayan berat juga bawa cowok berenang ya...(jadi inget digayuti Alvin waktu arung jeram dulu...gara2 gak bisa berenang dia panik trus bergayut ke aku....duh duh duh...)

Akhirnya kami kembali lagi ke pantai Tanjung Kelayang. Selama perjalanan menuju pantai Tanjung Kelayang banyak sekali melewati pulau-pulau kecil yang indah...

Kembali lagi ke hotel di Tanjung Pandan. Di perjalanan pulang kami mampir untuk beli oleh-oleh (harus tuh buat orang kantor). Sampai di hotel langsung mandi...karena badan udah lengkat terendam air laut. Malamnya kami dijemput lagi oleh Mas Yudi untuk makan malam. Malam itu menunya bukan seafood lagi tapi ayam tulang lunak...rasanya yummy...tulangnya benar2 lunak. Kami makan di Kedai SS. Hmm nikmat benar menikmati ayam tulang lunak, tumis kangkung dan segelas orange juice...

Back to hotel...karena juga gak ada tujuan lain lagi. Tujuan satu-satunya saat itu adalah tiiduuuurrrrr....zzzzzzzzzzzz..........