April 21, 2011

Cuci Otak...

Minggu-minggu ini kasus cuci otak kembali marak. Padahal hal ini udah berlangsung sejak lama....bahkan sejak aku pertama kali kuliah di Jogja aku udah menemui kasus cuci otak ini. Gimana gak tau kalau korbannya teman sekamarku sendiri...fiuhhhh....

Berhubung aku dulu jarang berada di kost....sibuk kesana kemari hehehe...jadinya aku telat tau kalau teman sekamarku udah masuk NII. Malah teman2 kostku yang lain sempat mengira aku udah kena juga...padahal tau apa itu NII juga nggak. Yang jelas temanku dulu tingkahnya jadi aneh banget. Sebelumnya temanku itu ibadahnya top banget...sholat 5 waktu selalu tepat waktu, baca Al Qur'an setiap abis sholat, rajin sholat malam. Eh begitu kenal NII itu ibadahnya jadi amburadul....dan ternyata ibadah yang dilakukan sebelum seseorang masuk NII dianggap tidak ada nilainya sama sekali....benar2 kacau dan sesat!!!

Dan ternyata saat itu di kosku udah ada beberapa orang yang kena...yang kena pertama kali ternyata teman kostku yg kuliah di salah satu fakultas eksakta di UGM, trus teman sekamarku, trus ada lagi 2 orang temanku tapi gak sampai parah. Yang satu anak FISIP UGM...tapi dia gak sampai terpengaruh terlalu jauh...yang satunya lagi aku lupa dari fakultas apa....nah yang terakhir ini udah sempat dibawa ke Kebumen untuk diba'iat...trus namanya diganti....dan dimintai DUIT...ya ternyata semua anggotanya itu dimintai duit dengan jumlah tertentu. Kalau pada waktu itu temanku diharuskan setor Rp 500.000/bulan (jumlah yang cukup besar untuk saat itu). Tapi Alhamdulillah temanku itu bisa lepas...walaupun terus dikejar-kejar. Aku dan teman-teman kosku yang lain ngejagain agar dia tidak sampai sendirian, kemanapun dia pergi ada yang nemenin jadi gak bisa dideketin sama temenku yang anggota aktif NII itu.

Trus suatu saat ada salah satu teman kosku yang datang mengadu ke aku sambil nangis...dia bilang kalau dia dikatain kafir sama teman sekamarku. Aku tanya kenapa kok sampai dikatain kafir...kata dia teman sekamarku itu datang kekamarnnya dia ngajakin ngobrol sambil bawa Qur'an terjemahan....trus sampai akhirnya dia bacain cuplikan Al'Qur'an yang dipenggal-penggal sampai akhirnya yang diajak ngobrol menyimpulkan sendiri kalau dia itu kafir karena gak mengikuti ajaran dari NII itu.
Temanku: "Aku dikatain kafir...bla..bla...bla...(sambil menangis sesenggukan trus dia cerita yang dibacain ayat Qur'an yang dipenggal-penggal itu)
Aku: "Lain kali kalau dia ngomong gitu lagi ke kamu...tampar aja mulutnya...jangan pakai tangan...pakai bakiak!!! Udah jangan nangis, gak usah pedulikan omongan orang gila kayak gitu! (aku ngomong dengan emosi waktu itu...maklum masih umur 18 tahun hehehe....)
Temanku: "Trus aku harus gimana?"
Aku: "Tetap teruskan hidup, gak usah pedulikan pengaruh orang-orang gak berguna macam itu. Yang penting kamu tetap jaga sholat dan ibadahmu yang lain. Tetapi tetap harus hati-hati.

Dan ternyata teman-temanku yang masuk NII itu tau omonganku....dan begitu besar kebencian mereka sama aku....kalau ketemu aku di lorong kosan wiiiihhhhh langsung buang muka (muka cuman satu aja dibuang-buang hihihi...)
Trus pernah aku lagi tidur....eh aku ngerasa gak nyaman dan ngerasa ada orang yang lagi ngeliatin aku. Dan begitu aku buka mata si teman satu kamarku lagi duduk bersila dengan memandang tajam kearahku...pupil matanya kelihatan gede banget dan tajam....dengan cueknya aku balas aja ngeliatin dia....eh dia gak tahan trus ngeloyor keluar kamar. Lama-kelamaan si temen sekamarku itu pindah kosan, rupanya dia gak tahan sekamar ama aku yang nduablegggg ini huahahahahaha....

Kalau kata temanku yang psikolog....di antara penghuni kosan waktu itu...aku adalah orang yang paling susah dipengaruhi orang lain...karena kepribadianku kuat banget...itu kata Mbak I'ik yang psikolog itu lho :D. Atau mungkin karena aku bandel banget ya...ndableg kalau kata orang Jawa :D. Jadinya segala macam hipnotis dan metode cuci otak tidak akan mempan sama aku...masih menurut Mbak I'ik. Tapi emang waktu aku udah di Jakarta pernah kejadian mau digendam orang di Harmoni dengan ditepuk kenceng banget sampai pundakku sakit, tadinya aku pikir orang salah nepuk....eh trus diulangin lagi....eh bukannya aku terhipnotis tapi orangnya aku bentak dan orangnya ngeloyor ketakutan. Kata orang2 yang bareng nyebrang sama aku waktu itu..."Aduh untung Neng gak apa2, hati2 Neng disini sering kejadian orang dihipnotis trus dimintain barang-barang berharganya."
Alhamdulillah....berarti aku masih dilindungi oleh Allah SWT dari orang2 yang berniat jahat terhadapku :)

Trus pernah suatu saat ikut Taining NLP. Nah dalam salah satu sesinya nara sumber tersebut menghipnotis peserta training....dan lagi-lagi hal itu tidak mempan ke aku. Mungkin di alam bawah sadarku aku udah menolak untuk dihipnotis makanya tidak bisa. Kemungkinan lain otakku yang susah untuk fokus menjadi penghambat proses hipnotis...maklum otakku susah diem....menggembara kemana-mana hehehe....

Jadi intinya, biar kita gak gampang kena hipnotis:
  1. Banyak-banyak doa, banyak berzikir biar terhindar dari orang-orang yang berniat jahat
  2. Hati-hati dengan orang yang baru kita kenal
  3. Jangan suka bengong dan membiarkan pikiran kosong....wah itu bakalan jadi sasaran empuk orang jahat
Oya kalau NII yang ada waktu aku awal2 di Jogja itu sih kalau menurutku emang motifnya cuma uang...uang...uang. Jadi target utamanya adalah orang-orang yang kelihatannya potensial mendatangkan uang buat NII. Jadi pemimpinnya tuh yang makmur banget...hidup mewah dari uang hasil morotin orang-orang yang dicuci otak. Jadi, buat yang punya anak, adik, saudara, tetangga yang saat ini masih sekolah atau kuliah....tolong diingatkan....hati-hati dalam bergaul....jangan mau mengikuti kegiatan yang bersifat eksklufif yang selalu diembel-embeli pesan,"Jangan ngomong ke orang lain." Karena begitu udah kena pengaruh hal itu....akan sangat susah untuk melepaskan diri, jadi lupa sama orang tua (bahkan berani melawan orang tua kayak teman kosku dulu tapi tetap minta duit ke orang tua...byuuuuuhhhh)

Jaga diri, jaga hati, jalankan ibadah kepada Yang Maha Kuasa dengan baik...
Semoga kita semua terhindar dari hal-hal menyesatkan...Amin....

1 komentar: