Agustus 26, 2013

Kurang tidur = berat badan naik

Apa hubungannya kurang tidur dengan kenaikan berat badan? 
Ternyata sangat berhubungan lho, berdasarkan pengalaman pribadi nih. Tahun lalu aku banyak sekali lembur dan kurang tidur karena mengerjakan pesanan...akibatnya dalam waktu 1 tahun berat badan naik 10 kg...wadawwww.... Bikin sebel karena baju-baju jadi sesak, celana panjang jadi sempit, badan jadi berat, jadi merasa kurang sehat.

Pertama kali nyadar kalau berat badan naik drastis adalah waktu kawinan sepupuku dan kebayaku menjadi sesaaaakkkkkk... hadeuhhhh. Usut punya usut ternyata itu akibat setahun belakangan aku terlalu banyak kurang tidur, bahkan kadang tidak tidur semalaman. Aku bukan orang yang hobi ngemil saat lembur tapi ternyata tetap pengaruh ke berat badan.

Ternyata setelah baca-baca beberapa artikel kesehatan kurang tidur itu akan menyebabkan kenaikan berat badan, karena pada saat kita tidur pun ternyata ada proses pembakaran lemak dan hal itu tidak akan terjadi saat kita masih terjaga.
Setelah itu aku berusaha menormalkan jam tidurku lagi, mengurangi begadang. Membatasi pesanan-pesanan yang masuk, aku tidak mau badanku jadi gak sehat gara-gara mengejar omset pesanan. Kesehatan itu mahal harganya, aku gak mau masuk Rumah Sakit lagi gara-gara kecapekan.

Alhasil begitu aku menjalankan pola tidur yang cukup berat badanku juga berkurang dengan sendirinya...syukur Alhamdulillah. Tentu saja dengan menjaga asupan makanan juga. Tetapi sampai saat ini rutinitas olah raga seperti dulu belum aku jalankan. Dulu sih rajin joging di Senayan, tapi sekarang nggak pernah sama sekali hiks...malesss euy. Dulu jaman-jaman rajin ngegym badan rasanya juga kencang dan gak gampang capek...tapi ya itu belum ada kemauan lagi untuk ngegym hehehehe... Niat cuma sekedar niat. Diajakin temenku ikut senam di Benhil juga gak jadi-jadi daftar, masih susah mengatur waktunya.

Nah kemarin waktu aku pulang kampung itu kesempatan untuk tidur sepuas-puasnya, apalagi ditunjang udara yang sedang dingiiiiinnnn. Plus olahraga pagi menyapu halaman rumahku yang luas, atau menyapu lantai rumah yang luas. Ternyata begitu aku balik ke Jakarta kata orang-orang kantor aku lebih kurusan...oyaaaaaa??? Semoga gak naik lagi deh :D

0 comments:

Poskan Komentar