Desember 31, 2014

Mak Uyik

Di Kampung halamanku aku punya tetangga namanya Mak Uyik, mungkin sekarang beliau sudah berumur sekitar 70-75 tahun. Mak Uyik adalah seorang pedagang pecel, pecel buatannya benar-benar top markotop apalagi kalau pakai empal daging...uuhhh maknyuzzzz.
Sampai sekarang Mak Uyik masih berdagang pecel dengan dibantu oleh menantu dan cucu-cucunya. Lho anak-anaknya kemana?

Mak Uyik mempunyai 5 orang anak, seingatku sih 4 laki-laki dan 1 perempuan. Suami Mak Uyik meninggal dunia saat Mak Uyik mengandung anak bungsunya yang kembar (aku tahu cerita ini dari Ibuku). Mak Uyik tidak pernah menikah lagi, beliau berjuang seorang diri membesarkan dan menyekolahkan anak-anaknya dengan berdagang pecel...hebat ya...salut...

3 orang anak Mak Uyik sudah meninggal dunia, aku juga kurang tahu karena apa. Anehnya ketiga anak Mak Uyik itu meninggal saat usia mereka 44 tahun...di tahun yang berbeda-beda. Tinggal 2 anak bungsunya yang kembar yang bernama Mas Woko dan Mas Wadi. Beberapa bulan yang lalu Mas Woko dan Mas Wadi menginjak usia 44 tahun...Alhamdulillah mereka sehat wal afiat. Karena sudah melewati usia 44 tahun dengan selamat mereka mengadakan syukuran.

Tak dinyana tak dikira....minggu lalu Mas Wadi meninggal saat tengah bekerja di kantornya (di salah satu BUMN), menurut cerita yang aku dengar Mas Wadi saat itu hanya minta balsem. Saat temennya lagi mencarikan balsem Mas Wadi meninggal, detailnya aku juga kurang tahu. Innalillahi wa inna ilayhi rojiun.... Berarti saat ini anak Mak Uyik tinggal Mas Woko.

Yah umur memang rahasia Illahi...
Kita tidak pernah tahu kita hidup sampai umur berapa...
Kita tidak pernah tahu kita akan menghembuskan nafas terakhir kita dimana...
Kita tidak pernah tahu kita akan meninggal karena apa...

Terlepas dari keherananku dan orang-orang kenapa 4 orang anak Mak Uyik meninggal di usia 44 tahun, kami semua mendoakan supaya Mak Uyik dan Mas Woko selalu sehat dan diberi umur yang panjang... Aamiin Aamiin Aamiin Allahumma Aamiin...
Semoga Mas Wadi diterima segala amal baiknya dan diberi tempat yang indah disisi Allah SWT...
Semoga Mak Uyik dan seluruh keluarganya diberi keikhlasan dan ketabahan menghadapi ketentuan Allah SWT ini... Aamiin...

1 komentar:

  1. Yen jenenge Hendrik iku anak-e mak Uyik apa dudu? Apane Woko?

    BalasHapus