Mei 21, 2014

Nusa Dua, Pantai Pandawa & Pantai Padang-Padang

Hari terakhir untuk jalan-jalan di Bali....jadwalnya adalah ke Nusa Dua, Pantai Pandawa dan Padang-Padang. Kami berangkat pukul 08.30 WITA dengan tujuan pertama adalah ke Pantai Nusa Dua. Melewati jalan tol Bali yang masih baru....hmm bagus juga ya pemandangannya...bisa melihat hutan bakau, deretan kapal-kapal dan awan-awan di langit biru. Biaya tol untuk mobil adalah Rp 10.000.


Gak berapa lama kami sampai di Nusa Dua, melewati pemeriksaan security di gerbang depan karena memang di Nusa Dua ini ada beberapa hotel berbintang jadi tentu pemeriksaannya lebih ketat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Dari parkiran ke pantai kami masih harus jalan kaki...matahari lumayan terik juga walaupun masih pagi.
Pantai Nusa Dua terdiri dari dua bagian...bagian sebelah kiri benar-benar pantai...tidak ada kursi-kursi pantai yang berjajar.


Sementara di sebelah kanan dipenuhi oleh deretan kursi pantai yang terisi oleh turis asing dan turis lokal. Kami tidak begitu lama di Nusa Dua karena masih harus meneruskan perjalanan lagi. Tujuan berikutnya adalah ke Pantai Pandawa.


Setelah beberapa lama kami sampai di Pantai Pandawa. Jalan menuju ke Pantai Pandawa itu begitu gersang dan jarang ada perumahan penduduk. Kata Bli Wayan Neka, akses menuju ke Pantai Pandawa ini sengaja dibuat dengan membelah bukit batu yang ada disana...pemandangannya sungguh menakjubkan. Tebing-tebing batu yang hitam, tinggi menjulang dengan deretan semak yang menghijau...dan di depannya ada pantai yang begitu putih bersih dengan laut yang biru...indaaaahhhh...
Hanya panasnya itu lho yang seakan-akan bikin kulit mau meleleh...bener-bener menyengat.


 Kalau di Pantai Pandawa ini aku lihat pengunjungnya kebanyakan adalah wisatawan domestik, wisatawan asing ada tapi tidak begitu banyak. Pantai Pandawa memiliki garis pantai yang panjang dan masih sangat bersih (mudah-mudahan sampai kapan pun tetap bersih). Wisatawan bisa menyewa kano kalau mau main air. Tapi aku udah kenyang main air...jadi sekedar menikmati pantai saja. 


 Di sepanjang dinding batu di dekat pantai dibuat patung-patung tokoh Pandawa Lima, kalau mau berteduh disitu juga enak kok...adem. Pas ambil foto gak sengaja ada yang lagi berduaan di bawah patung Bima...matching ya bajunya ama Bima :D


Puas menikmati Pantai Pandawa kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Padang-Padang yang lokasinya agak jauh dari Pantai Pandawa. Untuk menuju ke Pantai Padang-Padang harus melewati beberapa anak tangga, melewati lorong yang sempit sampai akhirnya sampai di Pantai Padang-Padang. 


Disini ada batu karang yang besar-besar dan ombaknya cukup besar jadi ada beberapa wisatawan yang surfing, banyak juga wisatawan yang hanya berjemur terutama wisatawan asing...bahkan ada yang topless. Menurutku kurang cocok mengajak anak-anak untuk datang kesini, karena pemandangannya terlalu seronok untuk anak kecil.


 Waktu menuju ke pantai ini masih enak sih karena kan jalannya turun...nah waktu naiknya itu yang bikin ngos-ngosan. Aku sempat duduk untuk beristirahat karena benar-benar kegerahan....panas banget cuacanya...keringat udah mengucur deras plus ngos-ngosan karena harus menaiki anak tangga. Duduk manis dulu sambil kipas-kipas sementara adikku sibuk mengambil foto lorong. 
Okay saatnya kembali ke mobil....cussss perjalanan lanjut ke Kuta. Tujuannya ke Khrisna dan ke Joger. Di Khrisna sih aku hanya membeli beberapa camilan sampai pas bayar di kasir ditanya,"Hanya ini?"
Aku hanya ngangguk ringan. Mungkin dia heran ada orang yang belanja cuma habis beberapa puluh ribu sementara yang lain abis ratusan sampai jutaan hehehe....

Abis itu lanjut lagi ke Joger. Ada beberapa barang yang pengen aku beli. Pas lagi di tempat kaos eh liat kaos kecil lucu...bagus nih buat keponakan, lanjut ke bagian dewasa...beli kaos lagi, milih yang bahannya benar-benar nyaman buat dipakai. Sepertinya waktu yang aku habiskan buat memilih barang lebih cepat dibandingkan waktu yang aku habiskan buat antri...panjang aja nih antriannya ampe pegel, untung gak sampai mual kayak dulu gara-gara kelamaan berdiri.

Selesai acara belanja-belanja langsung kembali ke Denpasar. Besoknya adikku udah kembali ke Jawa Timur sementara aku masih dua hari lagi balik ke Jakarta. Jadi waktu yang tersisa selama di bali aku habiskan untuk bermain sama keponakan...melanjutkan ngajarin nyanyi, nemenin main, gendong-gendong dll.

Sampai akhirnya tiba saatnya aku harus meninggalkan Bali. Hmm...liburan yang menyenangkan...2 minggu liburan menyusuri NTB, NTT dan Bali. Meninggalkan kenangan indah dan kulit yang gosong hahaha...dan sampai sekarang tanganku masih aja gosong...kayaknya butuh waktu berbulan-bulan buat balik lagi nih...itemnya bener-bener meresap hehehe... 

Perjalanan Denpasar - Jakarta yang sebenarnya tidak butuh waktu terlalu lama ini buatku terasa sangat lama...kenapa??? Karena...entah mimpi apa aku...duduk sebelahan dengan orang yang punya aroma tubuh yang sangat tidak sedap... Dan aku tidak bawa masker...aku langsung mengaduk-aduk tasku mencari tissue basah dan untungnya ada. Jadi selama di perjalanan tissue basah itu nempel dimukaku sampai kering dan membuatku tidak bisa tidur padahal pengen tidur banget. Akhirnya sampai juga di Jakarta... Untung Tuhan berbaik hati dengan memberi pemandangan langit yang indah jadi perhatianku teralihkan.
Alhamdulillah sudah sampai dengan selamat...

1 komentar:

  1. Niy saya lagi mau cari info ttg pandawa trus jadi mampir kesini. Makasiy sharing-nya, mba ariana. Salam kenal :)

    BalasHapus