Mei 18, 2014

Mirza dan Azka

Dua hari pertama di Bali aku menggunakan waktu untuk istirahat setelah mengikuti Komodo Sailing Trip yang lumayan melelahkan karena banyak aktivitas trekking, hiking, snorkeling. Puas-puasin tidur...dan main ama dua keponakanku yang lucu-lucu, Mirza yang baru berumur 10 bulan dan Azka yang berumur 4 tahun. Begitu pulang sekolah Azka pasti langsung ngajakin aku main, terkadang main lego, terkadang dia menggambar trus dipamerin ke aku...hobinya menggambar ogoh-ogoh. Nah pernah suatu waktu Azka menggambar ogoh-ogoh yang kepalanya miring trus aku tanya,"Azka kok ogoh-ogohnya kepalanya miring?" 
Jawab Azka,"Kan ogoh-ogohnya lagi sakit tenggorokan Budhe." (dia menjawab sambil terus menggambar)...hadeuh perutku sakit menahan ketawa.

Trus aku tanya,"Azka di sekolah tadi belajar apa?
"Azka diajarin menyanyi."
"Nyanyi lagu apa aja?"
Trus Azka langsung nyanyi lagu Bintang Kecil, Balonku dan beberapa lagu anak-anak lainnya.
Trus aku tanya,"Azka udah diajarin lagu Burung Kakak Tua?"
"Belum Budhe, gimana lagunya?"
Aku nyanyi lagu Burung Kakak Tua dan Azka ngikutin, eh dia cepet banget lho hafalnya. Nah sewaktu aku udah kembali ke Jakarta, Helmy (Bapaknya Azka) cerita kalau Azka nyanyi lagu Burung Kakak Tua. 

"Burung Kakak Tuaaaaa......"
Tiba-tiba nanya,"Pak, yang tua burungnya atau kakaknya?" (nanya serius)
Bapak dan Ibunya langsung ketawa ngakak gak bisa ditahan...tinggallah Azka yang tengkurep di meja belajarnya dan ngambek, dia nanya serius kok malah diketawain. Hadeuh Azka kamu pinter banget sih, kalau punya anak kecil emang harus siap dengan pertanyaan yang tiada habisnya.



 Azka juga aku ajarin nyanyi lagu Aku Seorang Kapiten dan lagu Nenek Moyangku Seorang Pelaut. Mungkin karena diajari dua lagu di waktu yang bersamaan jadinya syair kedua lagu itu nyampur di kepalanya. Nah sewaktu pulang sekolah dan lagi main sama aku tiba-tiba Azka nyanyi,"Nenek Seorang Kapiten!!!!" dengan nada lagu Aku Seorang Kapiten.
Hadeuh sodara-sodara aku gak tahan menahan ketawa...ngakak sejadi-jadinya...Azka Azka kamu lucu banget siiiihhhhh....
Kata Dewi Ibunya Azka kalau menjelang tidur Azka masih aja ngapalin kedua lagu itu :D

Lain lagi dengan Mirza, adiknya Azka yang baru berumur 10 bulan itu. Mirza itu menggemaskan banget dengan tubuhnya yang montok itu. Mirza lagi seneng merangkak kemana-mana dan mulai belajar berdiri sendiri. Dan juga lagi hobi menggigit...abis deh tanganku digigitin ama Mirza. Mungkin karena giginya mau tumbuh jadi hobi menggigitnya makin menjadi-jadi hehehe...
Nah kalau Mirza sering aku nyanyiin lagu lain lagi:

"Satu-satu Mirza sayang Ibu."
"Dua-dua juga sayang Ayah." (pas bagian ini diprotes ama Azka, kata Azka,"sayang Bapak!"....karena mereka memang memanggil orang tuanya dengan sebutan Ibu dan Bapak)
Okay akhirnya aku ganti.
"Dua-dua juga sayang Bapak."
"Tiga-tiga sayang adik kakak." 
 "Satu, dua, tiga sayang semuanya..." 

Awal-awal aku nyanyiin lagu itu Mirza hanya diam mendengarkan...lama-lama kepalanya gerak-gerak mengikuti nada lagu...eh lama-lama dia kayak bersenandung gitu...ala bahasa bayi tentunya...iiihhhh lucuuuu bangeeetttt... kiss kiss hug hug... Mirza udah bisa ikutan nyanyi :). Dan ternyata Mirza seneng banget ngeliat hasil rekama dia...bisa minta diputer lagi tuh berkali-kali dan nonton rekamannya sambil senyum-senyum. Ih narsis juga nih keponakan kecilku hehehehe....

Trus aku beberapa kali merekam tingkah laku Mirza pakai HP-ku. Lucu-lucu deh tingkahnya :D. Ada yang lagi berusaha menggigit kerupuk (kerupuknya masih didalam plastik), digigitin dari ujung ke ujung sampai mengeluarkan suara kres kres kres. Kalau diminta kerupuknya marah dianya....eeehhhhhh....gitu protesnya Mirza :D
  
Trus pernah suatu waktu aku lagi makan strawberry eh Mirza minta. Aku kasih satu yang besar...aku pikir cuma buat dimainin aja. Ternyata strawberrynya digigit ama Mirza dan sepertinya terasa asem dimulut mungilnya....karena dahinya langsung mengeryit dan bibirnya ditarik yah seperti ekspresi orang yang merasakan makanan yang asam. Tapi tetap digigit lagi ama Mirza dan gak boleh diminta...abis euy satu strawberry besar. Untung perutnya gak apa-apa. Kata Dewi sih mungkin karena Mirza masih makan makanan yang tanpa rasa jadi begitu menikmati rasa lain dia selalu excited.

Mirza juga suka ama kucing, kalau ada kucing langsung dipanggil-panggil dengan caranya sendiri....eeehhhh....ehhhhh....puuu...puuu....sambil tangannya melambai-lambai ke arah kucingnya :D

Azka lain lagi, saat dia sedang ikut lomba mewarnai...sementara peserta yang lain pakai krayon...Azka maunya pakai spidol. Trus daunnya ama dia dikasih warna kuning, sewaktu ditanya,"kenapa kok daunnya berwarna kuning?" Jawab Azka,"Kan pohonnya gak pernah disiram jadi daunnya jadi kuning." Hmm...benar juga ya...
Jadi jangan dipaksakan kalau daun itu harus selalu berwarna hijau...memang ada daun yang kuning, coklat bahkan merah :)
Biarkan anak berkreasi sesuai dengan imajinasi mereka, jangan merusak imajinasi anak-anak. Karena kalau dikekang akan membunuh kreatifitas mereka. Terus berkarya Azka, menggambarlah sesuai dengan imajinasimu.
Luv you Azka, luv you Mirza...Budhe kangen banget sama kalian. Nanti Lebaran Insya Allah kita ketemu lagi :)

0 comments:

Poskan Komentar