Mei 18, 2014

Diving @Tulamben

Yeahhh hari ini saatnya diving. Pagi-pagi kami sudah dijemput oleh driver dengan tujuan Tulamben dan Amed. Perjalanan dari Denpasar ke Tulamben memakan waktu 2 jam. Di sepanjang jalan di Tulamben banyak operator diving. Kami berhenti di salah satu operator yaitu Bali Reef Divers. Biaya diving disitu adalah Rp 300.000/orang untuk diver berlisensi, sedangkan untuk discovery diving (diver yang benar-benar baru mulai diving) biayanya adalah Rp 750.000/orang untuk sekali diving dan Rp 900.000/orang untuk dua kali diving.

Aku diving dua kali, pertama di Coral Garden, nah sewaktu diving di coral garden ini ada segerombolan Bump Head Fish yang lewat. Panjang Bump Head Fish yang ada di Tulamben saat itu sekitar 1 meter. Trus ada Butterfly Fish yang berwarna kuning cerah dan ikan kuning juga yang ukurannya lebih besar, aku lupa namanya. Di corel garden Tulamben juga ada clown fish yang berwarna orange putih. Oya kalau di Tulamben itu batu-batunya kayak batu sungai yang berwarna hitam.

Bump Head Fish
Butterfly Fish
  Setelah diving di coral garden kami istirahat dulu kurang lebih 1 jam. Setelah itu kami berjalan kaki menuju ke pantai dan akan melakukan wreck dive. Di lokasi ini ada bangkai kapal yang tenggelam puluhan tahun yang lalu dan sekarang ditumbuhi aneka terumbu karang dan menjadi rumah yang nyaman buat ikan-ikan yang berada disana. Saat diving kali ini telingaku terasa sakit, sepertinya aku mulai tertular flu keponakan-keponakanku. Gara-gara hobi nyiumin mereka. Saat mulai turun berasa banget euy sakitnya...walaupun aku beberapa kali memencet hidungku untuk menjaga stabilizer tapi tetap aja berasa sakit.

 Telinga yang sakit ini bener-bener mengganggu kesenanganku diving. Sebenarnya aku kepengen explore lebih banyak di sekitar bangkai kapal tapi apadaya aku udah gak tahan dengan telingaku. Jadinya aku naik duluan dibanding adikku. Padahal pengen juga ketemu ama hiu, karena kata temenku di Tulamben ada hiu juga...yah pengen kenalan aja hehehe.... Tapi hiu biasanya memang di bagian yang lebih dalam lagi, sementara baru di kedalaman 10 meter telingaku udah benar-benar sakit gara-gara mulai kena virus flu. 

 Okay waktu diving udah selesai (sebelum waktunya). Kami berjalan lagi ke arah Bali Reef Divers. Setelah mandi dan ganti baju kami langsung pulang. Dalam perjalanan pulang kami mampir ke Amed, tapi sekedar berhenti sebentar aja dan foto-foto. Sudah terlalu sore untuk snorkeling, karena kami seharian udah diving di Tulamben...udah capek juga. Perjalanan ke Denpasar memakan waktu 2 jam juga.

Sampai di rumah disambut dengan pertanyaan Azka,"Pergi lagi????" Emang sih aku perginya saat dia masih sekolah, begitu dia pulang sekolah langsung nanya ke Mbak-nya.
"Mbak Budhe kemana? "
"Pergi jalan-jalan."
"Uh kok Azka gak diajak sih..."
Maaf ya Azka sayang, bukannya Budhe tidak mau mengajak Azka jalan-jalan, tapi Azka kan harus sekolah. Lagian Budhe perginya buat diving jadi gak mungkin juga ngajakin kamu...cup cup cup...

Maunya sih langsung istirahat, tapi kok malah susah tidur. Padahal besok harus pergi pukul 03.30 WITA karena harus ke Lovina dan Menjangan. Akhirnya bisa tidur juga.....zzzzzzzzzzzz........................

0 comments:

Poskan Komentar