April 13, 2009

Pemilu oh Pemilu....

Pemilu untuk calon legislatif sudah terlaksana dengan aman...walaupun di beberapa daerah di Indonesia ada sedikit kericuhan. Tapi overall sih aman dan kondusif. Hanya saja seperti yang aku perkirakan sebelumnya....jumlah golput sangat besar....golput karena memang pilihan masing2 individu atau golput karena keadaan (aku termasuk yang kedua nih hehehe...).
Menurutku banyaknya pemilih yang golput karena:
  1. Berniat ikut pemilu tapi tidak mendapatkan undangan atau tidak terdaftar di DPT --> anak kost, perantauan, pasien Rumah Sakit, bahkan penduduk setempat pun ada yang tidak masuk dalam DPT (hal yang sangat aneh menurutku)
  2. Dari awal memang memilih untuk golput karena tidak puas dengan keadaan yang ada dan merasa tidak sreg dengan semua caleg...atau emang masa bodoh dengan kejadian apapun yang ada di Indonesia ini (hal paling konyol menurutku....masa bodoh dengan negerinya sendiri tapi biasanya protes paling keras kalau merasa ada kebijakan pemerintah yang dirasa tidak sesuai dengan kemauannya)
  3. Golput karena pemilu kali ini dilaksanakan berbarengan dengan libur panjang...banyak orang yang lebih memilih liburan daripada ikutan mencontreng (untuk Pemilu selanjutnya KPU harus lebih memperhatikan tanggal pelaksanaan Pemilu nih)
Dan dari Pemilu kali ini bisa juga disimpulkan bahwa sebenarnya KPU kurang siap menjadi pelaksana Pemilu...yah walaupun selalu ada pembenaran bahwa hal2 seperti itu selalu terjadi di pemilu-pemilu sebelumnya (tapi kan seharusnya belajar dari pengalaman Pak & Ibu yang terhormat)

Catatan mengenai Pemilu tahun 2009 ini:

  1. DPT yang masih amburadul (Contoh konkrit: Ayah temenku yang sudah lama meninggal dapet undangan padahal tahun 2004 gak dapet undangan karena emang udah meninggal sejak tahun 1999, sementara Tantenya yang masih segar bugar malah gak dapet undangan)
  2. Kertas suara yang tertukar di beberapa TPS (baik di Jawa maupun Sumatra)
  3. Nama Caleg tidak tercantum di Daerah Pemilihan
  4. Tinta yang katanya tahan 3 hari ternyata dalam hitungan menit dah bisa dihapus.
  5. Mulai bermunculan caleg2 yang stress karena gak kepilih (konyol banget ini sih...gak berbesar hati menerima kekalahan)
Tapi di luar itu semua seharusnya rakyat Indonesia berterima kasih kepada semua pihak yang suudah mensukseskan jalannya Pemilu 2009 ini....siapa pun itu...KPU, Bawaslu, Panwaslu, Lembaga Survey, KPPS, Polisi, Rakyat yang mau menggunakan hak suaranya dll.
Tidak akan ada perubahan ke arah yang lebih baik kalau kita tidak berusaha untuk merubahnya ke arah yang lebih baik...bukan dengan saling hujat...tapi dengan saling bekerja sama.
Tidak semua orang sejalan...tapi perbedaan tidak harus berakhir dengan permusuhan...semoga Indonesia bisa menjadi bangsa yang jauh lebih baik...Amin...

Dan semoga Caleg yang terpilih benar-benar bekerja untuk rakyat...tidak menjadi anggota legislatif hanya karena kedudukan yang terhormat dan berbagai macam fasilitas yang akan diterima....dan bisa menjaga kehormatannya...tidak korupsi, tidak membodohi rakyat, tidak melakukan hal2 asusila dan hal2 yang bertentangan dengan norma agama dan norma kemasyarakatan...SEMOGA....

0 comments:

Posting Komentar