Januari 31, 2014

Outbound PE - CPI

Alhamdulillah di hari terakhir kami di Cisarua cuaca sangat bersahabat, cerah dan tidak hujan. Jadi outbound bisa tetap berjalan sesuai rencana. Sebelum outbound semua peserta sarapan terlebih dahulu. Setelah semua selesai sarapan barulah acara outbound dimulai. Walaupun cuaca cerah tapi lapangannya licin karena malam sebelumnya hujan jadi semua peserta harus tetap berhati-hati.

 Sebelum acara dimulai fasilitator memberikan briefing ke semua peserta seputar rencana game. Kelompoknya tetap sama dengan kelompok hari sebelumnya, tapi ada penambahan anggota dari peserta yang sebelumnya ikut meeting jadi belum masuk dalam kelompok yang sudah dibentuk.

Game pertama adalah Gelang-Gelang Cinta, disini masing-masing kelompok membuat barisan dan mengestafetkan gelang-gelang tali melalui tubuh seluruh anggota kelompok. Saat permainan berlangsung semua anggota kelompok harus saling bergandengan tangan.

 Game kedua adalah Penjahit Karung, masing-masing kelompok berbaris dan memindahkan "jarum" jahit dan "benang" jahit melalui pakaian seluruh anggota kelompok. Dalam permainan ini benangnya berupa tali tambang kecil dan jarumnya berupa gagang balon.

 Game ketiga adalah Menjinakkan Ranjau, dalam permainan ini masing-masing kelompok akan diberikan perangkat berupa batang pensil yang terikat pada beberapa utas tali rafia yang harus dipegang oleh masing-masing anggota kelompok. Semua anggota kelompok harus menghadap keluar dan membentuk lingkaran dan berusaha memasukkan pensil ke dalam sebuah botol. Dalam permainan ini dibutuhkan koordinasi yang baik antar anggota kelompok.

 Game keempat adalah Walking Tarantula, dalam permainan ini setiap kelompok membentuk sebuah lingkaran kecil dengan posisi badan menghadap keluar lingkaran dan tangan saling terkait. Kemudian semua kelompok harus berjalan secara bersamaan menuju ke garis finish. Dalam permainan ini bisa terlihat mana kelompok yang peduli dengan anggotanya dan mana yang cuek. Karena pasti terdapat perbedaan langkah jadi anggota kelompok yang di posisi belakang bisa terseret oleh yang lain karena harus berjalan mundur.

 Game kelima adalah Garis Khatulistiwa, dalam permainan ini setiap kelompok harus membuat satu garis panjang dengan benda apapun yang melekat ditubuhnya, misal: tali sepatu, topi, tali name tag, kaos dll. Kelompok yang berhasil membuat garus lurus paling panjang itulah yang benang. Di permainan ini semua peserta benar-benar total lho bahkan sampai ada yang melepas kaosnya :D


Game keenam adalah Genjot Produksi, dalam permainan ini setiap kelompok harus menyediakan bagian kompresor, bagian operator pipa, operator QC dan Finishing. Setiap kelompok akan diberi beberapa buah balon yang harus ditiup melalui pipa oleh orang yang ditunjuk sebagai bagian kompresor dan bagian QC-nya harus mengikat balon-balon itu dan kemudian dikumpulkan di bagian finishing. Disini yang dinilai adalah keseragaman balon yang berhasil ditiup dan jumlah balonnya.

 Yup akhirnya permainan berakhir. Kami semua kembali ke villa masing-masing untuk mandi dan siap-siap untuk mengikuti acara penutupan. Sambil makan siang dibacakan pemenang outbound dan pembagian hadiah. Okay saatnya kembali ke Jakarta. Syukurlah saat kami dalam perjalanan pulang sedang tidak ada penutupan arus lalu lintas jadi kami sampai di Jakarta saat matahari masih bersinar :)

0 comments:

Poskan Komentar