Januari 31, 2014

Pernikahan Pepi

Pertengahan bulan ini sepupuku Pepi menikah, jadi aku pulang ke Jatim. Pepi menikah dengan Imron teman SMA-nya. Acara Akad Nikah diadakah di Masjid depan rumahku. Oya untuk acara pernikahan Pepi ini tugasku lumayan banyak yaitu bikin souvenir, menyusun uang mahar, merangkai bunga untuk dekorasi di ruangan, dan PIC untuk acara Akad Nikah :)

Acara pernikahan Pepi ini diadakan secara sederhana saja, acara Akad Nikah di Masjid dan Walimatul Ursy di rumah. Tapi jangan dikira kalau acara pernikahan di rumah itu simple lho...menurutku malah lebih ribet daripada di gedung, karena terkadang tamu-tamu undangan itu datang tidak kenal waktu...ada yang datang pagi-pagi, siang, sore dan malam. Kalau acara di gedung kan ada batas waktunya biasanya 2-3 jam saja. 

Okay kembali ke tugasku, tugas bikin souvenir udah aku kerjakan di Jakarta dan barangnya aku kirim via ekspedisi. Kalau maharnya aku susun dalam pigura 3 dimensi dan aku tenteng saat aku pulang naik kereta Gajayana. Nah kalau tugas merangkai bunga untuk dekorasi ruangan itu termasuk tugas dadakan karena tadinya aku pikir semua udah termasuk paket dari perias tapi ternyata yang termasuk paket hanya bunga di pelaminan saja. Alhasil sore-sore aku harus nyari bunga segar ke toko bunga dianterin temennya Pepi. Aku pilih bunga mawar merah, krisan putih, pompom putih, pompom hijau, daun pilo dendrum, krisan pink, sedap malam pink dan sedap malam putih. Kata penjualnya kalau mau yang segar dipesenin dulu ke supplier bunganya. Akhirnya sore itu aku hanya bawa pulang sedap malam putih aja. Sisanya aku ambil keesokan harinya, tapi yang bener-bener bikin kecewa ternyata bunga krisan pink-nya diganti ama ungu...gggrrrrrrr....

Aku bikin rangkaian bunga untuk kamar pengantin (di kepala tempat tidur, di atas pintu kamar dan untuk di meja rias), trus bikin rangkaian untuk di meja penerima tamu, bunga untuk di depan pelaminan. Bunga sedap malamnya aku rangkai tersendiri dalam dua vas besar untuk ditaruh di depan kursi undangan. Sementara bunga krisan ungu aku rangkai tersendiri dalam vas tinggi.

 Malamnya aku pulang dari rumah Bulikku karena pagi-pagi harus menyiapkan tempat untuk Akad Nikah di Masjid. Pagi-pagi aku langsung menyiapkan tempat akad nikah, karena acaranya dimulai jam 09.00 WIB. Karpetnya aku menggunakan karpet warna hijau dengan 6 bantal kecil untuk alas duduk. Kalau meja untuk Akad Nikah sih pinjam dari Masjid dan aku alasi dengan taplak meja warna putih trus aku kasih rangkaian bunga segar ditengahnya. Selain itu aku juga menyiapkan snack untuk para tamu undangan yang hadir di acara Akad Nikah.
 Acara Akad Nikah dimulai dengan do'a trus pembacaan khotbah nikah dan acara Akad Nikah dimulai. Imron mengucapkan ijab qabul dalam Bahasa Arab dan diucapkan dengan tegas dan lancar...Alhamdulillah sah. Oya untuk Maharnya selain uang dengan jumlah sesuai tanggal, bulan dan tahun pernikahan juga 10 gr emas batangan. Kemudian ada acara penyerahan Mahar dan foto bersama.

 Kemudian Pepi kembali ke rumahnya untuk ganti baju untuk resepsi, sementara Imron menunggu dirumahku untuk ganti baju juga. Acara panggih diadakan pukul 11.00 WIB dan berjalan dengan lancar. 

 Tapi acara belum berakhir sampai disitu lho, sorenya masih banyak tamu-tamu yang datang dan malamnya ada acara walimatul ursy. Untuk acara malam hari Pepi di make up oleh asisten periasnya dan menurutku riasannya lebih bagus dibanding acara saat siang hari karena lebih natural dan tidak menor.

 Dan acara walimatul ursy berlangsung sampai sekitar jam 21.00 WIB, uuuhhhhh badanku rasanya udah gak karu-karuan euy. Jam 23.00 WIB barulah aku, adikku dan Ibu pulang ke rumah barengan dengan sepupuku yang lain. Begitu sampai rumah langsung ganti baju, bersih-bersih dan langsung pulasssss.

Selamat ya adikku yang cantik akhirnya menemukan belahan jiwanya juga, semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah... Aamiin...Aamiin...Aamiin...Yaa Robbal Alamin...
“Barakallahu laka wa baraka ‘alaik, wa jama’a bainakuma fi khair”
Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan”
(HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibn Majjah)

0 comments:

Poskan Komentar