Maret 27, 2013

Derawan Islands

Day 1, 21 Maret 2013

Pagi-pagi buta aku udah menuju Bandara Soekarno Hatta untuk mengejar pesawat ke Tarakan. Gak lucu kan kalau sampai ketinggalan...lebih baik menunggu daripada ketinggalan ;)
Teman-teman yang lain juga udah siap-siap di Bandara...walaupun mereka beda pesawat denganku...ada yang satu pesawat tapi aku belum kenal orangnya hehehe...orang Taiwan...
Sementara adikku berangkat dari Surabaya.

Pesawat delay selama 1,5 jam...hmmm...katanya sih karena ada masalah teknis. Jadi penumpang semua udah duduk manis di dalam pesawat...kok lama gak berangkat-berangkat...eh trus ada pengumuman disuruh turun lagi. Masuk lagi ke ruang tunggu...setelah agak lama menunggu trus disuruh naik ke pesawat lagi, ganti pesawat.

Jadi rute pagi itu Jakarta - Balikpapan -Tarakan. Perjalanan Jakarta - Balikpapan sekitar 1 jam 50 menit. Adikku ganti naik pesawat yang aku tumpangi di Balikpapan...dan ternyata tempat duduknya pas di depan tempat dudukku :)
Nah waktu di Balikpapan aku sempat buka FB dan ternyata salah satu teman jalan dari Surabaya ketinggalan pesawat...dia dah hampir gak jadi berangkat. Trus aku saranin naik pesawat rute Surabaya- Balikpapan....ganti pesawat lagi Balikpapan - Berau. Dari Berau bisa charter mobil ke PElabuhan Tanjung Batu (2 jam perjalanan) trus lanjut dengan speed boat ke Derawan. Karena rombonganku berangkat dari Tarakan ke Derawan jam 2 siang dan kalau berangkat sendiri agak susah karena harus charter speedboat. Kalau di pelabuhan Tanjung Batu ada speed boat kecil.

Perjalanan Balikpapan - Tarakan memakan waktu sekitar 50 menit. Aku dan adikku ketemuan dengan teman-teman seperjalanan di bandara Juata Tarakan. Dari bandara kami mampir makan siang dulu di Tarakan sekalian sholat. Trus lanjut ke Pelabuhan Tengkayu. Perjalanan Tarakan - Derawan dengan menggunakan speedboat memakan waktu sekitar 3 jam. Saat itu ombaknya cukup besar...jadi kami serasa main jetski di dalam speedboat hehehehe...sampai-sampai ada temenku yang histeris karena ketakutan. aku sih biasa aja...udah terbiasa kali ya hehehe....

Dan akhirnya sampailah kami di Derawan....wuaaaahhhhh indahnyaaaa......
Kami menginap di Penginapan Reza dan sebagian di Penginapan Dina. Lokasinya persis di tepi laut. Kamarnya tanpa AC tapi menggunakan kipas angin. Kamar mandinya bersih dan ternyata di Derawan air tawar melimpah dan ada aliran listrik sepanjang hari :)

Sebagian temanku mulai snorkeling...tapi aku memutuskan mau menikmati senja di Derawan tanpa snorkeling. Hmm....udaranya benar-benar segaaarrrrrrr....
Setelah mandi kami duduk-duduk santai. Makan malam mulai disajikan pukul 20.00 di Avril Resto. Dekat sih dari penginapan kami hanya beberapa menit jalan kaki. Menunya ikan bakar....dan rasanya enak karena menggunakan ikan yang benar-benar segar :)

Setelah makan malam kami melanjutkan dengan jalan-jalan sampai ke Dermaga Rakyat....jalanan begitu sepi. Duduk-duduk di dermaga menikmati angin laut dan kerlap kerlip bintang di langit. Wuahhhh benar-benar nikmat hidup ini. Abis itu kembali ke penginapan, sebagian sih mampir ke Dive Center untuk mencoba peralatan diving sebelum digunakan keesokan harinya. Begitu kembali ke penginapan acara bebas...ada yang langsung tidur...ada yang duduk-duduk ngobrol. Aku sih termasuk yang langsung tidur...capek setelah perjalanan panjang...zzzzzzzzzz.....