Maret 27, 2013

Gusung Pasir @Derawan

Day 3, 23 Maret 2013

Pukul 04.00 WITA aku terbangun mendengar  hujan yang tiba-tiba turun. Langsung loncat dari tempat tidur...lari ke belakang penginapan untuk menyelamatkan jemuran baju renang yang kemarin buat snorkeling...sekalian angkatin bajunya teman-temanku yang lain. Herannya yang terbangun hanya aku dan adikku...teman-temanku tidur dengan pulasnya :D

Abis itu udah gak bisa tidur lagi....gak berapa lama terdengar kumandang Adzan Subuh. Aku dan adikku langsung mandi dan melakukan beberapa aktifitas lain. Begitu udah rapi langsung menuju ke dermaga paling ujung...mau melihat sunrise. Ternyata udah banyak fotografer yang standby disitu...tujuannya sama nungguin sunrise.

Gak berapa lama langit mulai berwarna merah dan matahari muncul perlahan-lahan dari peraduannya...indahnya ciptaanMu Yaa Rabb. Mataharinya benar-benar bulat sempurna...hmm penglihatan langsung memang selalu lebih indah dibandingkan hasil foto :)
Lagi asyik ngeliatin sunrise eh tiba-tiba ada orang yang mendayung perahu...waaaa langsung deh siap-siap ambil foto lagi...yesss...dapat :D

Selesai hunting foto balik lagi ke penginapan....menikmati makan pagi. Abis itu siap-siap buat nyemplung ke laut lagi. Schedule hari ketiga adalah discovery diving (diving untuk pemula), snorkeling di sekitar dermaga dan mengejar penyu...dah gak sabar ngeliat penyu raksasa :)

Aku dan adikku snorkeling lagi di sekitar dermaga, sambil motoin temen-temen yang lompat ke laut dari dermaga. Ternyata di sela-sela kayu penopang dermaga banyak terumbu karang dan ada aneka macam ikan. Aku menemukan clownfish lagi yang menyembul di antara anemon. Tapi saat itu belum ketemu dengan penyu. Puas snorkeling di dermaga kami balik lagi ke penginapan...tapi aku dan adikku nyemplung lagi di dermaga dekat penginapan. Lagi asyik-asyiknya berenang dan snorkeling tiba-tiba aku melihat ada penyu melintas di bawahku...benar-benar besaaaarrr dan punggung penyu itu bahkan udah berlumut....berapa ratus tahun ya umurnya ckckckck....aku bergerak mengikuti penyu itu sambil berusaha mengambil fotonya...susah euy karena si penyu gerak terus. Aku ketemu dua penyu ukuran super besar...seukuran meja makan...sampai takjub ngeliatnya.

Gak berapa lama teman-teman pada nyusul snorkeling dan ketemu penyu yang lain lagi, hanya saja yang ini ukurannya lebih kecil, tidak sebesar penyu yang aku temukan pertama kali tadi. Dan akhirnya aku bisa berfoto bersama penyu besar...seneng...gak sia-sia menempuh perjalanan jauh akhirnya ketemu penyu besar di Derawan :)

Puas berfoto ama penyu kami baik lagi ke penginapan untuk membersihkan diri dan beristirahat. Kemudian lanjut keliling pulau Derawan. Keliling Pulau Derawan di siang bolong itu panas sekali kawan...dan bukannya aku kemayu ya kalau aku pakai payung...aku paling gak tahan kena sinar matahari langsung di kepalaku di tengah hari bolong...bisa langsung sakit kepala. Dan ternyata gantian aja yang nebeng payungku hehehehe....ternyata gak hanya aku aja yang kepanasan.
Tapi biarpun panas banget kami terhibur dengan pemandangan di Pulau Derawan yang sungguh indah. Pasirnya putih bersih, langit biru dengan sedikit awan...benar-benar indah. Acara bernarsis-narsis tetap jalan dong..gak boleh nggak ;)

Akhirnya langkah kami berakhir di Avril Resto...makan siang dengan menu ikan lagi. Tetap enak karena ikannya benar-benar segar...fresh from the sea langsung ke pengorengan dan lanjut ke perut kami hehehe....
Selesai makan kami siap-siap untuk melaut lagi...tujuannya adalah ke gusung pasir yang letaknya tidak begitu jauh dari Derawan. Tapi sebelumnya kami snorkeling lagi, kali ini di perairan yang agak dalam.

Perjalanan ke Gusung Pasir dari Derawan kalau pakai speedboat hanya memakan waktu sekitar 15 menit saja. Rencananya sih menunggu sunset di gusung ini. Kegiatannya masih sama foto-foto tiada habisnya, main rugby untuk menghangatkan badan trus foto-foto lagi. Sayang sekali matahari tertutup mendung jadi gak bisa melihat sunset yang sempurna. Tapi hati tetap senang kawan...pemandangannya sungguh indaaaahhhhhh....

Sore sudah menjemput...saatnya kami pulang ke Derawan lagi. Mandi, ganti baju, Sholat, makan malam, ngobrol-ngobrol, transfer foto. Aku dan adikku memilih duduk di dermaga menikmati malam terakhir di Derawan. Begitu waktu mendekati pukul 22.00 WITA kami memutuskan untuk masuk kamar. Saatnya packing karena besok pagi sudah harus menyeberang kembali ke Tarakan. Tidur dan mimpi indah zzzzzzz....