September 12, 2011

Asem - Asem Daging ala Ariana

Gara-gara pas pulang kampung trus nyicipin asem-asem daging masakan Bulekku akhirnya aku pengen nyoba bikin juga. Dan baru tadi malem sempat masak...setelah memuaskan diri tidur-tiduran hehehe (mumpung masih bisa tidur siang)

Bahan - Bahan:
  • 500 gr daging sapi yang ada lemaknya (aku pakai daging yang biasa dipakai untuk rawon)
  • 4 lembar daun salam
  • 4 cm lengkuas
  • 10 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 cabe hijau besar
  • 5 cabe merah besar
  • 6 cabe rawit
  • 3 sendok makan kecap manis
  • garam secukupnya
  • 10 buah belimbing wuluh (berhubung kemarin gak ada belimbing wuluh aku ganti dengan 5 buah tomat hijau yang kecil-kecil)
  • 2 buah tomat hijau
  • 100 gr buncis potong-potong (berhubung aku kurang suka buncis jadi aku gak pakai buncis waktu masak kemarin)
Cara Membuat:
  1. Masak daging yang sudah dipotong-potong dengan air, daun salam dan lengkuas yang sudah dikeprek. Tunggu sampai daging empuk, angkat, sisihkan.
  2. Iris tipis bawang merah dan bawang putih. Iris cabe hijau dan cabe merah sepanjang 1 cm. Panaskan minyak sayur, tumis bawang merah dan bawang putih sampai layu, masukkan cabe merah, cabe hijau dan cabe rawit utuh, tumis hingga layu.
  3. Masukkan bumbu-bumbu yang telah ditumis kedalam rebusan daging. Masak lagi dengan api sedang.
  4. Tambahkan garam, kecap manis dan irisan tomat dan buncis (kalau pakai buncis)
  5. Angkat dan siap disantap
Rasanya enak dan segar...udah gitu cara bikinnya sangat simple kan :)

0 comments:

Posting Komentar