November 02, 2014

Candi Borobudur

Weekend minggu lalu aku ke Borobudur bersama dengan keluarga. Kami berangkat dari Yogyakarta sekitar pukul 03.30 WIB, jalanan tentu saja masih begitu sepi. Sekitar pukul 04.45 kami sampai di lokasi Candi Borobudur. Saat itu pintu masuk ke lokasi parkiran Candi Borobudur masih digembok...emmm...jadi bingung mau parkir dimana. Trus ada tukang ojek yang menawarkan kami supaya bisa parkir lebih dekat dengan pintu masuk ke Candi Borobudur dengan imbalan Rp 10.000. Mobil berjalan memutar mengitari area parkiran...ternyata oh ternyata cuma memutar sedikit dari lokasi pertama kali kami berhenti. Tujuan pertama begitu parkir adalah mencari toilet dan mushola.

Selesai sholat kami menuju ke lokasi parkiran lagi...saat itu pukul 05.00, sekitar pintu masuk ke Candi Borobudur masih begitu sepi. Ada beberapa rombongan yang duduk-duduk di area parkiran dan mereka asyik menyantap bekal makanan dan minuman hangat yang mereka bawa sendiri. Sementara kami yang tidak siap dengan bekal makanan berat ya hanya menatap dengan iri...duh...lapeeeerrrrr....perut hanya terganjal beberapa keping biskuit. Jadi...buat yang berniat datang ke Candi Borobudur pagi-pagi harus siap dengan bekal makanan dan minuman sendiri, karena para pedagang makanan belum ada yang buka lapak.

Pintu masuk Candi Borobudur dibuka pukul 06.00 WIB. Biaya masuk untuk wisatawan domestik adalah Rp 30.000/orang, kalau biaya masuk untuk wisatawan asing aku kurang tahu karena lokasi loketnya terpisah agak jauh. Hmm...udara begitu segar dan kalau pagi cuaca masih terasa agak dingin. Kalau datang ke Candi Borobudur enakan pagi-pagi kayak gini karena selain udara masih segar, matahari belum terik...pengunjungnya juga masih sedikit jadi kalau mau foto-foto bisa dapat lokasi yang sepi :)

  
Candi Borobudur terletak di bukit jadi kami harus menaiki sederetan anak tangga. Sebenarnya sebelum ini aku udah dua kali ke Borobudur yaitu saat kelas 6 SD dan kelas 3 SMP untuk acara Study Tour. Nah saat bertahun-tahun kuliah di Yogya malah sama sekali belum pernah ke Borobudur hehehe...
Kalau soal sejarah Cando Borobudur dan kisah-kisah di relief candi jangan tanya ke aku deh...karena aku kurang tertarik dengan hal itu. Jadi kalau ke Candi itu ya hanya untuk foto-foto hahahaha. Kalau mau cari info mendetail soal Candi Borobudur bisa googling ;)


Beberapa peraturan di lingkungan Candi Borobudur ini antara lain:
  1. Dilarang merokok
  2. Dilarang mengotori area Candi
  3. Dilarang duduk di atas candi, dilarang memanjat stupa, dilarang menyentuh relief di dinding candi
  4. Dilarang memasukkan tangan ke dalam stupa dengan tujuan menyentuh patung yang ada didalamnya.
  5. Dilarang makan di area candi
  6. Sebelum memasuki candi pengunjung diwajibkan memakai kain batik yang sudah disediakan dan kain dikembalikan saat turun dari candi
Seingatku itu beberapa aturan yang harus ditaati pengunjung, mungkin ada beberapa aturan lain tapi aku lupa. Yah walaupun masih banyak pengunjung yang tidak taat aturan sih, di beberapa lokasi di dalam candi sudah ada peringatan dilarang duduk tapi ternyata masih banyak pengunjung yang duduk di lokasi tersebut...malahan duduk didepan tulisan peringatan dilarang duduk....hadeuh...
Security yang bertugas harus berkali-kali mengingatkan pengunjung yang membandel tersebut, kalau aku perhatikan wisatawan asing sangat taat dengan peraturan yang ada sementara justru wisatawan domestik yang begitu sulit mentaati peraturan. Rupanya tingkat kedisiplinan masyarakat Indonesia itu sudah sedemikian parahnya :(


Setelah puas mengelilingi Candi Borobudur dan puas bernarsis-narsis di candi kami memutuskan untuk turun dan kembali ke parkiran untuk pulang kembali ke Yogyakarta. Kami turun dari candi sekitar pukul 08.15 WIB dan saat itu jumlah pengunjung semakin membludak karena hari Sabtu kemarin kan bertepatan dengan 1 Muharram sehingga anak-anak sekolah libur. Kalau ramai banget kayak gitu udah gak nyaman lagi berkeliling candi karena susah untuk berjalan saking berjubelnya pengunjung dan semakin siang matahari semakin bersinar dengan teriknya.

Yeah saatnya kembali ke Yogyakarta. Sebenarnya kalau jalan sendiri abis dari Borobudur aku pasti langsung menuju ke Merapi dan sorenya ke Candi Prambanan. Tapi berhubung jalan sama saudara jadi harus banyak kompromi hehehe...

0 comments:

Poskan Komentar