Mei 08, 2014

Komodo Sailing Trip

Yeah akhirnya aku jadi ikut Komodo Sailing Trip setelah sekian kali dibujuk-bujuk oleh Indra dan Erland hahaha...

Day 1

Pagi-pagi aku udah meluncur ke Bandara Soekarno Hatta dengan menaiki burung biru. Tujuannya adalah ke Lombok karena meeting point untuk Komodo Sailing Trip adalah di Senggigi. Di Bandara ketemu ama Lady dan Numan dan kami satu pesawat. Nah sewaktu di pesawat aku duduk bersebelahan dengan seorang Oma-Oma dan ternyata beliau adalah salah seorang pengusaha besar di Lombok. Usahanya meliputi hotel, mall, rumah makan dan lain-lain. Salut euy...udah setua itu masih bepergian sendiri dan terlihat masih sehat dan gesit. Ternyata beliau juga hobi traveling lho, beliau bercerita pernah menginap di Bandara JFK USA, trus saat traveling ke Eropa, China, Jepang dll. Cerita juga tentang perjuangannya membangun bisnis di Lombok bersama dengan suaminya. Trus beliau menawariku mampir di rumah makannya di Mataram. Aku sih hanya bilang akan menanyakan dulu ke teman-temanku karena kan perginya bareng-bareng :)

Nyampe di Bandara Lombok saat jam makan siang. Icha dan Puput yang udah nyampe sejak pagi udah nungguin di Bandara. Mobil sewaan pun juga sudah menunggu. Akhirnya kami menuju ke salah satu rumah makan di depan bandara untuk makan nasi puyung. Rasanya beda dengan nasi puyung Inaq Esun yang pernah aku cicipin waktu kunjunganku ke Lombok 2 tahun lalu. Kalau di RM Cahaya ini ayamnya tidak pedas sama sekali, kalau di Inaq Esun wah pedasnya mantappp sampai huhah huhah hehehehe....

Selesai makan kami Sholat Dzuhur di musholla SPBU, selesai sholat balik lagi ke Bandara untuk menjemput Iis yang baru mendarat. Iis dari Makassar dan tidak ada penerbangan langsung dari Makassar ke Lombok, jadi dia harus transit dulu ke Surabaya dan ternyata pesawatnya delayed. Perjalanan lanjut ke Pantai Mawun, memakan waktu kurang lebih 45 menit. Sayangnya saat itu cuaca mendung banget jadi gak bagus untuk ambil foto. Pantai Mawun itu indah sebenarnya tapi sayangnya sampah berserakan dimana-mana...sayang sekali ya.

Setelah puas di Mawun kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Selong Belanak. Di Selong Belanak kondisinya juga kotor dan banyak anjing liar berlarian di pantai. Anak-anak kecil mandi di pantai dengan bebasnya. Kami tidak begitu lama di Selong Belanak dan memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Senggigi. Perjalanan memakan waktu selama 2 jam. Dan sayangnya kami tidak bisa mampir ke rumah makan Ibu Markus, maaf ya Ibu...lain waktu kalau saya ke Lombok lagi diusahakan mampir :)

Akhirnya sampailah kami di Senggigi, kami menginap di penginapan Shinta di belakang Hotel Sheraton. Selesai mandi dan sholat kami menuju ke salah satu warung tenda yang ada di Jl. Raya Senggigi yaitu warung Cak Poer yang menyajikan seafood dan pesan beberapa jenis menu. Rasanya sih biasa aja ya tapi berhubung lapar jadi ya habis semua hehehe...
Indra yang baru sampai langsung menyusul kami di warung tersebut, dan seperti biasa dia pesan makanan selain seafood karena buat dia segala jenis makhluk laut adalah teman jadi gak boleh dimakan...hahahahaha....

Selesai makan kami sempat mampir ke mini market untuk beli air mineral trus balik ke hotel. Dan hari semakin malam, mataku udah gak bisa diajak kompromi. Teman-temanku yang lain berdatangan satu persatu. Arif dari Jogja, gini, Meli dan Ario dari Jakarta.

Day 2

Pagi-pagi sarapan udah siap...dan mulai detik itu dan beberapa hari ke depan kami harus siap dengan makanan jenis ini. Makanan apakah itu??? Pancake sodara-sodara :D
Selesai makan kami packing dan bersiap untuk menuju ke Pelabuhan Khayangan di Lombok Timur. Dalam perjalanan kami mampir ke salam satu mini market untuk belanja kebutuhan selama dalam pelayaran nanti. Kami beli aneka minuman botol baik air mineral maupun minuman yang berasa, aneka snack, kopi, obat-obatan, tissue basah, tissue kering dan lain sebagainya. Bayangin aja 4 hari 3 malam kami akan berada di atas kapal yang berlayar di lautan jadi ya semua kebutuhan harus benar-benar disiapkan kalau gak mau kelaparan dan kehausan di atas kapal. Kalau makanan berat udah disiapkan oleh awak kapal, tapi tau sendiri kan kalau orang yang habis nyemplung ke air itu biasanya laper bangettt jadi butuh snack aneka macam :)

Perjalanan lanjut lagi dan mampir lagi ke tempat penjual buah. Beli salak, jeruk, pear dan apel. Oya sempat beli nanas juga lho. Dan setelah beberapa lama kami sampai di Pelabuhan Khayangan, kapal kami sudah menunggu dengan manis di depan dermaga. Okay...mari kita berlayar...

Perjalanan di mulai dan kami makan siang di atas kapal dengan menu nasi kotak. Selesai makan aku sholat dan ganti baju karena harus siap berbasah-basah untuk snorkeling. Byuuurrrr snorkeling dimulai...spot pertama di dekat Gili Kambing. Selesai snorkeling kami trekking di Gili Kambing. Gili Kambing adalah sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni. Tanahnya dipenuhi alang-alang. Butuh waktu kurang lebih 30 menit untuk menaiki puncak Gili Kambing. Saat itu hari sudah sore dan kami menyaksikan puncak Gunung Rinjani dari Gili Kambing...indahnyaaa... Bisa menyaksikan gunung dan laut secara bersamaan adalah sebuah kemewahan. Subhanallah... indah sekali kawan... sangat indaaahhh... (foto-foto menyusul)

Puas bernarsis-narsis di puncak Gili Kambing kami memutuskan untuk turun karena hari semakin gelap. Setelah mandi dan ganti baju kami makan malam di atas kapal, menikmati sajian makanan yang dimasak oleh anak buah kapal. Malam itu kami mulai bermalam di atas kapal, sebelum tidur kami menikmati taburan bintang-bintang yang berpendar indah di langit yang gelap....indah bangetttt....