Agustus 10, 2011

Tumis Daun Pepaya ala Ariana

Mumpung hobi masak lagi kambuh...jadi rajin memasak lagi hehehe...tapi masakan yang gampang2 aja mengingat waktu yang terbatas :)
Kemarin aku masak tumis daun pepaya. Daun pepaya bagus lho untuk kesehatan. Gak suka karena rasanya yang pahit? bikin dong supaya daun pepaya gak berasa pahit :)

Bahan-bahannya:
  • 1 ikat daun pepaya
  • 1 ikat daun singkong
  • 1 papan petai
  • 1/2 ons teri medan (digoreng)
  • 1 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk purut
  • 1 batang serai diiris tipis-tipis
  • 5 butir bawang merah diiris tipis-tipis
  • 4 butir bawang putih diiris tipis-tipis
  • 5 cabe rawit diris serong
  • 6 cabe keriting diris serong
  • Lengkuas
  • Garam secukupnya
  • Minyak sayur untuk menumis secukupnya
Cara Membuat:
  1. Didihkan air, tambahkan garam. Masukkan daun pepaya dan daun singkong yang sudah dicuci bersih. Rebus sampai empuk. Angkat, tiriskan dan potong-potong.
  2. Panaskan sedikit minyak sayur, masukkan irisan bawang merah, bawang putih dan petai tumis sampai baunya harum.
  3. Masukkan cabe rawit, cabe keriting, daun salam, daun jeruk, irisan serai, lengkuas, irisan bawang merah dan irisan bawang putih.
  4. Masukkan daun pepaya dan daun singkong yang sudah disiapkan sebelumnya. Tumis dengan bumbu-bumbu. Masak dengan api kecil sehingga bumbu-bumbu tidak gosong.
  5. Tambahkan garam secukupnya
  6. Masukkan teri medan goreng yang sudah disiapkan sebelumnya. Aduk-aduk sampai rata.
  7. Tumis daun pepaya siap dihidangkan.
Gampang banget bukan bikinnya? Dan yang jelas dengan adanya daun singkong menjadikan daun pepaya tidak pahit lagi. Jadi gak ada salahnya kita menyiapkan hidangan untuk sahur dan berbuka dengan masakan kita sendiri...lebih sehat, lebih murah dan lebih puas menikmatinya :)

2 komentar:

  1. buat yg di wilayah Surabaya & Sidoarjo yg ingin mendapatkan masakan daun pepaya tidak pahit bisa mampir ke:

    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=510785286#post510785286

    BalasHapus