April 15, 2013

Kreatifitas yang kebablasan...

Orang yang kreatif itu bagus, apalagi kalau kreatif di bidang teknologi. Bisa mengembangkan hasil karya yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Tapi kalau kreatifitasnya kebablasan maka dampaknya akan buruk.

Seperti kita tahu pada hari Sabtu kemarin salah satu pesawat Lion Air rute Bandung - Denpasar mengalami kecelakaan, pesawat jatuh ke laut Bali. Alhamdulillah semua penumpang dan awak pesawat selamat, walaupun ada beberapa yang sampai sekarang masih harus dirawat di Rumah Sakit. 


Dan yang bikin aku gak abis pikir, tidak lama setelah kejadian kecelakaan itu beredar foto pesawat Lion Air yang mengalami kecelakaan tersebut lengkap dengan hasil editannya. Disamping pesawat dikasih gambar Ultraman ukuran raksasa...jadi seakan-akan Ultraman itu yang menyelamatkan pesawat Lion Air dan ada beberapa foto hasil editan lainnya.

Tidak cukup hanya itu...kemudian foto hasil editan tersebut menyebar di berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter dan ada beberapa orang yang pasang di profile picture BBM. Lengkap dengan komentar-komentar yang (dianggap) lucu. Sungguh aku gak habis pikir...bagaimana bisa orang-orang itu membuat lelucon dari sebuah kecelakaan yang bisa saja menewaskan banyak orang...sama sekali tidak lucu!!! AN ACCIDENT IS NOT A JOKE!!!

Apakah orang-orang yang mengedit dan menganggap hal itu lucu pernah merasakan bagaimana berada di dalam pesawat yang mengalami turbulence...terguncang-guncang di ketinggian 36.000m dari permukaan laut...atau mungkin terguncang-guncang dalam pesawat baling-baling yang tiba-tiba mati mesin??? Aku pernah mengalami hal yang pertama...pesawat mengalami guncangan hebat pada saat terperangkap dalam awan yang hitam pekat. Bahkan pada saat itu aku sudah berpikir kemungkinan terburuk seandainya pesawat jatuh dan aku mati...apakah jasadku masih akan dikenali...

Aku sama sekali belum pernah naik Lion Air...jadi aku tidak bermaksud membela Lion Air. Tapi menurutku membuat lelucon atas kecelakaan yang menimpa orang lain itu adalah suatu kebodohan, kekonyolan, kedunguan dan menunjukkan tidak adanya rasa empati terhadap musibah yang dialami oleh orang lain.

Tidak cukup hanya membuat lelucon dengan gambar-gambar konyol. Muncullah komentar-komentar sok tau apapun itu yang berkaitan dengan kecelakaan pesawat tersebut. Mungkin perlu dipikirkan oleh berbagai media massa online apabila membuat kolom untuk komentar diharuskan memasang nama dan foto asli. Biar pembaca yang lain tau bagaimana sih tampang orang yang memberikan komentar. 

Jadilah orang yang mempunyai rasa simpati dan empati, punya rasa toleransi yang tinggi terhadap kecelakaan yang menimpa orang lain. Tidak ada orang yang mau celaka dan hindarilah hal-hal yang bisa membuat kita dan orang lain celaka seperti mengendarai kendaraan apapun dalam keadaan mengantuk, mabuk alkohol, ngedrug.

1 komentar:

  1. Itulah Indonesia,
    i hope their family is not being a victim of traffic crashed...

    BalasHapus