Agustus 24, 2011

Dapur Umum Marina Ancol

Kemarin adalah untuk kedua kalinya aku ikutan Bukber dengan teman-teman kantor. Kali ini yang punya acara adalah Sang Bos...jadi gratis..tis..tis...hehehehe....
Bukber diadakan di Dapur Umum Marina Ancol...emang sengaja cari lokasi yang dekat kantor jadi terhindar dari resiko terjebak macet. Tadinya yang diundang ada sekitar 100-an orang tapi berhubung acaranya mendadak jadi banyak yang tidak bisa hadir, karena kendala lokasi juga sih...karena sebagian berada di luar Jakarta (area Botabek).

Untuk bukber kali ini pesan menu paket dengan harga Rp 660.000/10 orang. Menu yang disajikan antara lain seafood asam manis, kerang saus tiram, ayam bakar, ikan patin bakar, ikan gurame goreng sambal mangga, kangkung belacan, kepiting saus padang dan udang sambal pete (tapi petenya dihilangkan dari menu ama temenku karena alasan2 tertentu hihihi....)

Acara dimulai dengan mendengarkan Tausiyah dari Bapak Ali yang memaparkan tentang betapa tolerannya Nabi Muhammad terhadap Non Muslim. Nabi Muhammad sering diperlakukan dengans angat buruk oleh seorang Yahudi...setiap Nabi lewat dekat rumah orang Yahudi tua itu beliau selalu dilempar dengan kotoran onta. Tapi Nabi Muhammad tidak membalasnya, beliau tetap bersabar. Sampai suatu hari saat Nabi Muhammad lewat di dekat rumah orang Yahudi itu beliau tidak mendapat lemparan kotoran onta. Dan Nabi kemudian menanyakan hal tersebut ke orang2 disekitarnya kemana orang Yahudi itu dan ternyata dia sedang sakit keras. Nabi Muhammad kemudian menjenguk orang Yahudi itu tanpa ada dendam untuk membalas perlakuan si Yahudi selama ini. Betapa luhur dan agungnya jiwa Nabi Muhammad dan hal itu harus kita jadikan panutan supaya kita tidak mudah terpancing emosi saat mendapat perlakuan buruk dari orang lain.

Setelah sekitar 20 menit tausiyah berlangsung...adzan maghrib sudah berkumandang....Pak Ali membaca do'a dan setelah itu langsung deh aktifitas di meja berlangsung dengan serunya :D
Saatnya review makanan di Dapur Umum:
  • Kepiting saus Padang --> enak tapi berhubung harus berbagi dengan banyak orang enaknya jadi berkurang huehehehehe...
  • Seafood asam manis yang isinya udang, cumi, kerang bambu --> enak, cuma sempat ngerasain udang dan cuminya...bumbunya meresap ke daging udang dan cumi
  • Kerang saus tiram --> kata teman2ku berasa amis banget jadi aku gak mau nyobain :D
  • Gurame goreng sambal mangga --> maknyuzzz...hanya saja sambal mangganya asam bangettttt (soalnya pas makan di Kitchen Thai sambal mangganya enak dan gak berasa asam)
  • Ikan patin Bakar --> enak lho...mantap rasanya
  • Kangkung belacan --> enak hanya saja dimasak terlalu matang
  • Ayam bakar --> enaaakkkk...bumbunya benar2 meresap ke dalam daging ayamnya (btw satu2nya menu yang gak bernuansa laut nih hehehe...)
  • Udang sambal --> biasa2 aja...apa mungkin karena faktor pete yang dihilangkan ya jadi mengurangi rasa :D
Setelah buka puasa kami sholat maghrib secara bergantian, sebelumnya memang sengaja minta disiapkan ruangan untuk sholat karena disana tidak ada mushola. Setelah sholat ada sambutan dari Pak Dirto...wejangan lebih tepatnya :) Setelah itu seperti biasa...narsis time hehehe...berfoto ramai-ramai di depan Dapur Umum. Sayang sekali disana pencahayaannya sangat tidak mendukung untuk foto outdoor malam hari. Jadinya fotonya tidak begitu jelas hiks hiks...tapi tidak apa-apa yang penting bisa kumpul dalam acara buka puasa bersama setelah sekian lama tidak pernah kumpul2 lagi ama yang senior-senior :)

0 comments:

Poskan Komentar