Maret 18, 2011

Kipas Jepang pesenan Mbak Priscilia

Beberapa hari yang lalu Mbak Priscilia kirim email menanyakan soal souvenir dan katanya lagi butuh dalam waktu cepat karena mau dipakai hari Minggu tanggal 20 Maret 2011 ini...wiiii mendadak sekali Mbak :)

Akhirnya setelah memilih-milih Mbak Priscilia pesan Kipas Jepang Polos dengan packaging opp plastic. Aku kasih free thank you card...yang lama kalau bikin thank you card itu adalah tahap memotong-motongnya...jadi bikin aku lembur semalaman. Soalnya kalau gak pas bisa gak simetris.
Pasang pita satin sekaligus thank you card di souvenir juga membutuhkan waktu yang lama lho.
Kadang lebih lama proses packaging dan pemasangan pita dibandingkan bikin souvenirnya hehehe...

Yup pesanan Mbak Priscilia untuk acara Dewi & Yopi selesai sudah...udah aku packing dengan rapi dan tinggal dikirim pakai JNE paket YES (dikirim hari ini besok nyampe).
Kayaknya untuk selanjutnya kalau kirim barang aku akan lebih sering pakai jasa JNE dibanding TIKI. Beberapa kali kirim barang ke Sumatra pakai jasa TIKI selalu meleset dari jadwal dan bikin sport jantung karena ditanyain terus ma customer. Kata customerku yang di Medan untuk wilayah Medan emang lebih cepat kalau pakai JNE...selain itu keberadaan barang bisa dilacak. Soalnya kejadian terakhir waktu kirim barang ke Medan...barang harusnya nyampe Sabtu eh hari Senin sore baru nyampe, udah gitu waktu tanya perwakilan TIKI di Medan dijawab gak tau keberadaan barang tersebut padahal saat tanya ke TIKI Pusat Jakarta katanya barang udah di Medan dan tinggal dikirim ke alamat penerima.

Waktu kirim barang ke Jambi juga gitu...aku ambil layanan ONS yang katanya besoknya langsung nyampe eh nyampenya 4 hari kemudian
(sama aja kayak pakai reguler) dan dengan biaya yang mahal. Trus katanya biaya bisa diklaim dan dikembalikan full...cuman prosesnya berbelit-belit. Kata CS yang satu begitu kita ngirim bukti asli pengiriman uang akan langsung ditransfer...tapi kata CS yang lain lagi ternyata harus datang sendiri ke kantor pusat TIKI di Raden Saleh....beuh ngabis-ngabisin duit, energi dan kesabaran. Belum harus terima komplain dari customer karena mengira barang telat dikirim ckckck....
Sayang banget ya kalau nama yang sudah begitu besar tidak diimbangi dengan peningkatan pelayanan. Harusnya di beberapa daerah yang sering komplain mengenai keterlambatan barang kiriman...pelayanan disana harus diperbaiki lagi dan harus lebih ditingkatkan lebih baik lagi. Karena udah beberapa customerku dari Sumatra terang-terangan bilang...lain kali kalau kirim barang kesana mendingan pakai JNE.

Yah itulah bisnis...setiap bisnis butuh promosi...dan promosi yang paling ampuh adalah promosi dari mulut ke mulut....efeknya akan bagus kalau customer puas dan akan sangat buruk kalau customer tidak puas dan bercerita ke orang lain. Karena biasanya orang akan lebih ingat saat dikecewakan dan akan cerita ke lebih banyak orang dibandingkan kalau customer itu merasa puas...mungkin dia juga akan cerita ke orang lain tapi tidak sebanyak saat dia dikecewakan :))

3 komentar: