Juni 02, 2010

Karimunjawa - Day 2

Minggu, 30 Mei 2010

Pagi-pagi pintu kamarku udah digedor untuk diajak menyaksikan sunrise di Pantai Nirwana. Langit masih gelap ketika kami sampai dan matahari pun belum muncul. Tidak berapa lama langit mulai memerah...perlahan-lahan matahari mulai muncul...hanya sayang sekali lagi-lagi tertutup awan tebal...hmmm belum beruntung juga menyaksikan sunrise....tapi gak apa-apalah toh aku bisa menikmati udara pantai yang begitu segar.

Sunrise di Pantai Nirwana

Pulang ke penginapan untuk mandi dan makan pagi....dan berangkat lagi naik perahu kayu. Tujuannya kali ini adalah ke Pulau Menjangan untuk snorkling dan berenang di kolam hiu :D
Begitu sampai di lautan Pulau Menjangan kami disambut dengan ikan-ikan yang berkerumun dibagian bawah kapal yang kami tumpangi...wuih langsung deh gak sabaran buat nyebur ke laut. Dan ternyata pemandangan bawah laut disini sangat indah....begitu banyak terumbu karang dan ikan-ikan aneka warna yang bersliweran disela-sela terumbu karang. Hanya hati-hati ya banyak juga bulu babi disini. Bayangkap hanya dengan sewa alat 35 ribu saja udah bisa melihat pemandangan bawah laut yang begitu indah dan menakjubkan.

Terumbu Karang Karimunjawa

Menurutku mendingan snorkling di Karimunjawa daripada sea walker di Tanjung Benoa Bali....dengan biaya yang jauuuuhhhhhhh lebih murah bisa menyaksikan pemandangan bawah laut yang begitu indah. Rasanya gak puas-puas berenang kesana kemari....wuih pokoknya bener2 indah. Apalagi kalau diving pasti akan menemukan pemandangan yang lebih indah lagi...tapi sayang waktu kami sangat terbatas...just info biaya diving disini hanya Rp 250.000/orang (temenku tanya langsung ke instrukturnya)

Sayang sekali kesenangan snorkling harus diakhiri....malas juga naik ke perahu lagi hehehe...
Selanjutnya kami pindah ke glass boat untuk melihat pemandangan di bawah laut dari perahu yang bagian dasarnya ada kacanya...hmmm aku jauh lebih senang snorkling daripada melihat dari perahu :D

Kapal Kaca

Lanjut lagi ke penangkaran penyu dan ikan hiu. Sebelum ke kolam hiu kami melewati kolam-kolam yang diisi penyu-penyu kecil...lucu-lucu deh. Tapi aku gak lama di kolam itu karena waktu terbatas dan aku lebih tertarik ke kolam hiu.

Penyu Kecil

Dan aku gak mau melewatkan kesempatan untuk nyebur ke kolam hiu. Ada 2 kolam hiu disini, kolam yang pertama dihuni hiu yang ukurannya agak kecil dengan kepala agak lonjong dan badannya bergaris di bagian tengahnya, sedangkan di komal yang kedua dihuni oleh hiu-hiu berwarna hitam pekat dengan ukuran tubuh yang lebih besar. Wuih agak deg-degan juga sih waktu renang di kolam hiu yang besar...yah bagaimanapun kan hiu binatang buas, jadi biarpun udah dijinakkan tetep aja binatang buas....
Hiu-hiu besar itu ngumpul disatu sudut penangkaran membentuk lingkaran dan beberapa diantaranya bersliweran diatas tubuh teman-temannya itu...cukup memacu adrenalin juga....
Selain hiu bisa juga main-main ma penyu yang udah agak gede, trus megang-megang bintang laut yang lumayan gede juga :D. Hmm pengalaman yang menyenangkan.

Hiu Karimunjawa

Yup waktunya kembali ke penginapan...karena pukul 14.00 WIB kapal cepat akan membawa kami kembali ke Semarang. Begitu sampai di penginapan kami makan siang, mandi dan sholat....untuk selanjutnya diantarkan kembali ke dermaga Karimunjawa. Hmm rasanya masih pengen tinggal lebih lama...mungkin lain waktu kali ya...sekalian nyobain diving...

Setelah terombang-ambing selama 4 jam di Laut Jawa...Pelabuhan Tanjung Mas mulai kelihatan. Aku masih sempat menyaksikan sunset dari atas dek kapal yang sedang melaju di Laut Jawa.
Cukup sempurna walaupun mulai dikelilingi mendung disekelilingnya.

Sunset di Laut Jawa

Saat itu hujan turun dengan derasnya...tapi untung saja ombak laut begitu tenang. Alhamdulillah kami tiba dengan selamat di Semarang. Dan perjalanan masih berlanjut dengan kereta ke Jakarta. Lelahhhhhh.....tapi senaaaanggggg...............