Desember 06, 2010

Renungan frustasi...

Begitu sering berita tentang anak-anak kurang gizi, putus sekolah, anak2 yang harus membanting tulang mencari nafkah karena orang tuanya sakit parah dan berasal dari keluarga miskin di sudut-sudut negri ini. Disisi lain berita tentang kasus korupsi yang semakin merajalela juga semakin gencar. Berita soal korupsi boleh gencar...tapi penanganannya lelet banget...kadang sampai gregetan sendiri.

Hmm...kenapa ya di Indonesia ini kasus2 yang pelakunya orang banyak duit kok seakan-akan lebih bertele-tele...kayaknya kasus yang gamblang jadi ngambang aja gitu. Apa mungkin karena menyangkut banyak orang besar jadinya kasusnya dibuat ruwet sampai pada akhirnya masyarakat lupa (karena orang Indonesia seringkali melupakan suatu kasus kalau udah ada kasus lain lagi yang muncul). Dan hal itu nampaknya disadari benar oleh para penguasa...sehingga begitu banyak kasus baru yang dimunculkan...yang tanpa disadari oleh masyarakat akan membuat lupa terhadap kasus yang sedang jadi sorotan.

Disisi lain...begitu banyak orang ekonomi lemah yang dihukum penjara tanpa keadilan yang jelas. Memang bagaimanapun mencuri itu tetap perbuatan yang salah...tapi kalau yang mencuri orang miskin dengan nilai nominal tidak lebih dari 10ribu rupiah harus mendekam di penjara berbulan-bulan...kenapa para koruptor kelas kakap yang merugikan negara milyaran rupiah bisa melenggang bebas...bahkan sudah di penjara pun masih bisa jalan-jalan keluar kota (miris banget).

Sungguh menyedihkan keadaan seperti ini. Semoga para penegak hukum itu sadar bahwa tanggung jawab mereka itu tidak hanya kepada manusia tapi juga kepada Yang Maha Kuasa. Mengharapkan para koruptor sadar kok kayaknya seperti pungguk merindukan bulan ya. Meninggikan gaji dengan harapan mereka gak korupsi...sepertinya kok kurang ada efek yang signifikan juga. Kalau mentalnya korup mau dikasih gaji setinggi apapun tetap aja korupsi!!!

Memang orang-orang seperti itu harus dimiskinkan semiskin miskinnya...dilepas aja tapi dibuat miskin. Biar ngerasain gimana susahnya orang-orang miskin, yang udah kerja keras, kerja dengan jujur tapi masih harus menghadapi lingkungan yang begitu keras. Biar bisa ngerasain gimana pedihnya menahan lapar karena tidak punya uang buat makan. benar2 bikin emosi dan frustasi melihat para koruptor itu.

Ya Rabb...sadarkanlah mereka...bukakan mata hatinya...
Hindarkan negriku dari kehancuran mental...
Hindarkan negriku dari berbagai bencana yang terus melanda...

1 komentar: