Oktober 28, 2010

Pray for Indonesia

Bencana alam seakan tidak pernah berhenti menghantam bumi Indonesia...banjir bandang di Wasior Papua...banjir yang menerjang beberapa kota di Indonesia tidak terkecuali Jakarta...gempa dan tsunami di Kepulauan Mentawai Sumbar dan erupsi Gunung Merapi di Yogyakarta. Bencana begitu datang bertubi-tubi....apakah ini cobaan atau peringatan dari Tuhan?

Apapun itu sudah seharusnya kita semua instrospeksi diri...sudahkan kita bersahabat dengan alam, sudahkah kita bersyukur dengan segala nikmat yang sudah diberikan Allah SWT untuk kita...sudahkan kita berlaku baik kepada sesama...

Beberapa hari yang lalu aku mengalami sendiri kemacetan yang begitu panjang di Jakarta saat jam pulang kantor...karena hujan yang tiada henti, karena jumlah kendaraan yang begitu banyak, karena hampir seluruh jalanan tergenang air...dari yang hanya genangan 10 cm sampai tertutup banjir 2 meter...
Status di facebook maupun twitter banyak yang ngedumel, protes, menghujat orang nomor 1 di Jakarta...yah menagih janji2 dia waktu kampanye dulu tentunya.

Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya banjir di Jakarta...dan lagi2 kita sebagai warga masyarakat harus instrospeksi diri...tentunya sang pemimpin Jakarta harus bekerja lebih keras lagi...jangan hanya menyalahkan faktor cuaca (ingat jadi pemimpin itu tanggung jawabnya dunia akhirat, harus dipertanggungjawabkan di hadapan rakyat dan di hadapan Tuhan). Poin - poin yang bisa aku simpulkan:
  • Apakah kita sudah membuang sampah pada tempatnya? karena percuma kali dikeruk dengan biaya milyaran trus masyarakatnya tetap aja membuang sampah ke kali atau seenaknya membuang sampah di jalan (beberapa kali melihat jendela mobil terbuka sedikit dan penumpangnya membuang sampah keluar dari jendela mobil...ckckck....)
  • Pejabat sebagai abdi masyarakat harus benar2 bekerja keras membenahi Jakarta, misalnya melakukan penggerukan di kali - kali yang banyak terdapat di Jakarta, membenahi saluran air agar ada pembuangan saat hujan, koordinasi yang bagus antara pemprov dan pihak2 yang akan melakukan penggalian di jalan sehingga tidak akan terulang lagi masyarakat yang tiba2 terjeblos saluran air gara2 ada lubang galian yang tidak tertutup, tidak dipasang tanda bahaya dan kemudian tertutup air saat hujan.
  • Pejabat yang berwenang membatasi memberi ijin pendirian bangunan2 seperti mall, perumahan mewah dan perkantoran yang menyalahi fungsi lahan. Karena semakin banyak bangunan besar yang berdiri...semakin banyak air tanah yang tersedot...tanah di Jakarta akan mengalami penurunan dan saat hujan akan gampang sekali banjir karena tidak ada resapan lagi.
  • Pengusaha property juga harus menahan diri, jangan hanya mementingkan kepentingan bisnis pribadi.
Memang akan sangat susah untuk membangun mental yang bagus...tapi segala sesuatu pasti ada awalnya kan? Melarang anak membuang sampah sembarangan tapi orang tuanya sendiri membuang sampah sembarangan...anak akan meniru perilaku orang tua. Setiap orang yang diberi wewenang untuk mengelola suatu daerah hendaknya wewenang itu dipergunakan dengan baik, jangan digunakan hanya untuk kepentingan pribadi semata.

Belum lagi bencana alam yang benar2 tidak bisa dikendalikan oleh manusia seperti gempa, tsunami dan gunung meletus. Manusia hanya bisa mengantisipasi dengan selalu waspada dan menghindar ke tempat lain saat bencana itu datang.

Aku miris sekali kalau melihat berita di TV...korban tsunami di Mentawai yang begitu banyak...ratusan orang meninggal, ratusan orang masih hilang, ribuan orang yang selamat kehilangan tempat tinggal. Belum lagi kalau melihat korban letusan Gunung Merapi, begitu banyak anak kecil dan orang dewasa yang terserang penyakit, kekurangan makanan bergizi dan lain sebagainya.

Marilah kita semua berdo'a agar keadaan Indonesia bisa pulih kembali, masyarakat bisa hidup tentram. Berikan bantuan kepada yang membutuhkan...sumbangan uang, pakaian, makanan dll akan sangat membantu untuk para saudara kita yang tertimpa bencana alam.

Yaa Rabb....hindarkan negeri ini dari bencana2 lain...
Yaa Rabb....berilah petunjuk dan kekuatan kepada para pemimpin kami supaya bisa memimpin negeri ini dengan baik...
Yaa Rabb...berilah kekuatan, kesabaran dan ketabahan kepada saudara-saudara kami yang tertimpa bencana...
Yaa Rabb...terimalah saudara-saudara kami yang meninggal disisi-Mu...berilah tempat yang indah untuk mereka...
Yaa Rabb...berilah petunjuk kepada seluruh penduduk di negeri kami...agar mau menjaga alam di negeri ini dengan baik... Amin... Amin... Amin... Yaa Rabbal Alamin....

0 comments:

Posting Komentar