Juni 05, 2012

Menjelajah Pulau Sebuku, Pulau Umang-Umang dan Pulau Sabesi

Day 3, 3 Juni 2012

Pagi hari si Pulau Sabesi....terbangun saat Subuh...langsung gosok gigi, wudhu trus Sholat Subuh. Setelah itu kami jalan ke arah pantai. Menunggu matahari terbit...duduk  berjajar di pinggir pantai...tapi sayangnya tercium bau anjing...hadeuhhh...benar2 mengurangi keasyikan menanti sunrise... (emang di Sabesi banyak anjing kampung yang berkeliaran).

Tak berapa lama muncullah yang ditunggu-tunggu...matahari pagi mulai menyembul perlahan-lahan. Walaupun...lagi-lagi kurang sempurna karena sebagian tertutup awan...tapi tetap indah kok :)

 Puas menikmati sunrise kami beranjak ke kamar untuk bersih-bersih trus makan pagi. Abis itu siap2 menjelajah pulau-pulau yang ada di dekat Pulau Sabesi. Pertama kami mengunjungi Pulau Sebuku Kecil....pasir pantai disini berwarna putih bersih dan pemandangannya benar2 indah (jauh lebih indah aslinya daripada di foto). Dan mulailah kenarsisan muncul...foto di berbagai titik hehehehe....

 Eh sedang asyik-asyiknya foto-foto datanglah satu perahu lagi yang membawa banyak orang....dan parahnya perahunya ditambatkan di spot yang bagus banget sebagai background foto...lagi2 pengen ngejitakin tukang perahu...huuuuhhhhhh....kenapa mesti parkir disitu sih???

Akhirnya kami pergi dari situ, soalnya kalau udah banyak orang gak asyik lagi. Perjalanan lanjut ke Sebuku Besar...rencananya sih mau snorkeling di Geligi. Dan begitu sampai disana kami disambut oleh air yang benar2 bening...sehingga terumbu karang kelihatan jelas dari atas perahu. Tapiiiiiii....ternyata lagi banyak ubur-ubur....dan kayaknya dia lagi berkembang biak....batal deh snorkeling-nya hiks hiks hiks...
Kami gak mau kulit kami terbakar dan melepuh gara2 dielus-elus ama ubur-ubur itu. Yahhh terpaksa deh harus puas menikmati pemandangan bawah laut dari atas perahu aja.

Gak berapa lama kapal yang tadi ada di Sebuku Kecil udah nyusul aja gitu kesini....akhirnya kami lanjut lagi ke Pulau Umang-Umang dengan harapan bisa menikmati Pulau Umang-Umang sebelum rombongan yang lain itu nyusul. Tapi harapan tinggal harapan...karena ama tukang perahu kami dikasih tau kalau di Geligi banyak ubur-ubur akhirnya mereka langsung ke Umang-Umang...yaaahhhhhhhhhh.....kenapa sih gak berhenti dulu menikmati keindahan di Geligi :(

Tasinya kami sempat pengen balik ke Sebuku Kecil tapi ama tukang perahunya diajak ke Pulau Sabesi bagian sisi lain...yang dekat dengan Umang-Umang. Dan disitu kami menemukan rumah pohon yang dimiliki oleh orang Jerman dan Villa yang dimiliki oleh orang Rusia. Hiiii...apa gak serem ya tinggal ditengah-tengah hutan gitu...yah walaupun mereka hanya datang sesekali sih...tidak menetap disitu.



Perjalanan lanjut lagi ke Pulau Umang-Umang. Dan rombongan yang satunya masih tetap berada disana. Kami sih tidak berniat snorkeling di Umang-Umang karena kata Oline terumbu karangnya gak bagus. Tapi tetap aja kami harus berbasah-basah karena perahu tidak bisa terlalu merapat ke tepi pantai jadi saat turun dari perahu airnya nyampe sebatas dada. Yah sekalianlah kami berenang-renang disitu...sebenarnya bukan renang sih tapi bergaya ala putri duyung yang terdampar di pantai hahahaha....


 Pasir pulau Umang-Umang ini putih bersih dan banyak pecahan terumbu karang. Kalau disini terumbu karang pecah karena keganasan ombak lautan karena emang berbatasan langsung dengan laut bebas. Pulau Umang-Umang ini dikelilingi batu-batu dalam berbagai ukuran. Setelah puas main air dan main pasir kami memutuskan untuk segera kembali ke Pulau Sabesi. Karena kami harus segera pulang....perjalanan masih jauh kawan...

Mandi, sholat, packing, makan siang....dan kami bersiap-siap lagi untuk kembali menyeberang ke Pantai Canti. Aku dan adikku memilih duduk di geladak kapal...kalau duduk di dalam berasa mual...karena polusi suara mesin perahu trus bau bahan bakar dan goncangan ombak laut yang cukup besar. Jadi enakan duduk di luar walaupun panas terik menyengat. Dan akhirnya sampailah kami di Pantai Canti...udah ditungguin oleh angkot yang kemarin menjemput kami di Bakauheni. Di tengah perjalanan kami sempat makan bakso trus mampir beli oleh-oleh...wuihhhh bawaan semakin berat aja nih...

Setelah beberapa saat sampailah kami di Bakauheni...beli tiket trus langsung menuju dermaga....dan kapal udah hampir berangkat....lari-lari dehhhh....
Kembali kami masuk ke ruangan ber-AC....gak ngebayangin naik kapal Ro-Ro tanpa AC pasti panaasssss.....
Setelah teromabng-ambing selama 3 jam di lautan sampailah kapal di Pelabuhan Merak. Perjalanan masih harus lanjut lagi ke Jakarta. Aku naik salah satu bus jurusan Kampung Rambutan karena katanya bus akan lewat bawah jadi aku bisa turun di Slipi....ternyata oh ternyata bus lewat tol terus...jadi aku, adikku, Eva dan Septi diturunkan di tengah tol dekat mall Taman Anggrek pukul 00.30 WIB.....hadeuuuhhhhh....

Dini hari cewek2 di tengah tol ckckck. Terpaksalah kami jalan lumayan jauh ke arah Taman Anggrek dan cari taksi disekitar situ. Untungnya ada taksi Blue Bird...dan aku sampai di Benhil pukul 01.00 WIB....wuaahhhh lelahnyaaaa. Mandi, Sholat....lanjut tidur....dan paginya ngantor lagi. Yah walaupun perjalanannya sangat melelahkan dan kulitku jadi eksotis alias gosong....tapi aku puas banget karena pemandangan alamnya sangat indah. Memang Indonesia itu sangat indah kawan...percayalah... :)

7 komentar:

  1. nice story..
    dan makasih untuk info"a... ^_^

    BalasHapus
  2. Waah padahal kemaren aku tetep snorkeling tuh, berenang bareng ubur-ubur asik kok, ubur-ubur kecil sengatannya cuma kaya digigit semut.. cekit-cekit.. tapi asik, kata yg kemudiin kapal malah bagus buat terapi syaraf ;)

    salam kenal, blogwalking...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo salam kenal juga :)

      MAsalahnya waktu itu banyak indukan ubur-ubur yang melayang-layang di air. JAdi mending gak usah nyebur deh hehehe...

      Hapus
  3. Wah blog nya menarik sekali aqw udah beli tiket penerbangan ke Bali utk feb dan gili trawangan untuk bulan agustus 2013 melalui tiket mantab.com  http://m.facebook.com/pages/Tiket-Mantabcom/287631221248329?id=2876312 harga lebih murah dibanding harga website ke lombok cuma 600rb PP klo ada yg mau jalan2 nih aqw share linknya Lampung indah jg ya mba ariana. Next bakal jd tujuan aqw.

    BalasHapus
  4. Sebelumnya terima kasih telah menulis informasi ttg pulau sebuku kecil, pada bulan depan saya berencana mengunjung pulau sebuku kecil dengan beberpa teman Kurang lebih 7 orang....! Ada beberapa informasi yang sangat minim kami dapatkan yaitu masalah akomodasi dan biaya menuju pulau tersebut. Kiranyanya saudara bisa membantu kami ttg informasi tsb?

    1. Menggunakan apa saudara, menuju dermaga canti?

    2. Tempat penyeberangan dermaga canti, adakah batas waktu penyeberangan menuju pulau itu?

    3. Mengenai tempat penginapan, bagaimanakah kondisi tempat penginapan disana untuk kami menginap dengan jumlah 7 orang ?

    4. Apa yang kami perlu kami bawa ttg perlengkapan dan kebutuhan, yang berkaitan dengan keadaan lingkungan dan alam sekitar?

    5. Bisakah menjelaskan tentang rincian biaya?

    Terima kasih sebelumnya, kiranya saudara berkenan membalas pertanyaan di atas dengan menjawab melalui email : rezaabiyasa13@gmail.com

    salam

    abiyasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Reza,

      Saya ikut tour www.hematwisata.blogspot.com jadi segala macam urusan transportasi dan akomodasi mereka yang ngurusin. Dari Pelabuhan Bakauheni Lampung ke Pelabuhan Canti kami menggunakan angkot (carter angkot), trus nyebrangnya memakai perahu nelayan setempat yang tentunya sudah dibooking. Biaya tepatnya saya kurang tahu karena udah diurusin oleh pihak tour.

      Penginapan yang ada di Pulau Sabesi sangatlah sederhana, bentuknya satu ruangan besar dengan deretan kasur. Kamar mandi juga terbatas dengan air yang juga sangat terbatas. Makanan sudah disediakan oleh pihak penginapan...makan pagi, siang dan malam. Kalau mau makanan tambahan misalkan barbeque ikan akan dikenakan biaya tambahan.

      Peralatan yang perlu dibawa adalah peralatan snorkeling, harus sewa di canti atau tempat lain karena di sabesi tidak ada yang menyewakannya. Obat-obatan seperlunya buat jaga-jaga, lotion anti nyamuk, makanan ringan karena biasanya habis kegiatan di air akan terasa sangat lapar, sun block dan sunglasess. Tentu saja harus menyiapkan baju untuk berbasah-basahan dan baju ganti seperlunya.

      Selamat berlibur, semoga menyenangkan :)

      Hapus