Oktober 22, 2008

Payet Kebaya Akad

Baru mood nulis lagi nih....
Kebaya akadku yang warna putih itu selesai dijahitkan di Laris Benhil pada minggu terakhir sebelum aku pulang mudik Lebaran ke Jatim. Kebaya itu aku bawa pulang juga dengan maksud ntar dipayet dirumah.
Rencana awalnya sih kebayanya aku payet bagian bawah, lengan bawah dan leher aja...hanya saja model payetannya berbeda dengan kebaya lammaranku. Payetnya pakai payet Jepang model bambu patah dan payet pasir.

Ternyata saat pasang payet kadang jenuh juga...maklum harus benar2 sabar dan telaten....dan tau dong Lebaran suasananya kayak apa. Bentar2 ada tamu datang...entah saudara, kenalan Nyokap atau tetangga2...jadi sering berhenti nih mayetnya. Kata Nyokapku biar gak bosan bagian yang dipayet dipindah-pindah aja jadi keliahatan merata dan hal itu bisa sedikit mengurangi kebosanan....dan ternyata emang bener lho...saat hal itu aku terapin aku lebih semangat memayet.

Tapi....tetep aja sampai sekarang aku belum selesai memayet kebaya akadku itu hehehehe...maklum aku kan juga bikin kerudung akad sendiri. Bahannya dari kain Tulle yang aku beli di Mayestik dengan harga Rp 8.000 saja per meter dan aku beli 2,5 meter. Tapi akhirnya kainnya aku potong jadi 2,25 meter karena kalau 2,5meter terlalu panjang. Dan berhubung ukuran kainnya juga lebar jadi aku kurangi juga lebarnya. Setelah itu kainnya aku bawa ke Delfia (toko aneka payet, pita dll) trus disana dikasih pinggiran gitu dan aku cukup bayar Rp 1.500 saja (murah ya hehehe) trus juga beli lem kain yang segulung harganya Rp 8.500 saja.

Oya sebelumnya aku minta sisa kain kebayaku di Laris Benhil. Nah motif bunga dari sisa kain kebayaku itu aku potong sesuai motif terus aku tempel di kain Tulle. Ditempelnya pakai lem kain, caranya lem yang bentuknya kayak pita itu aku potong sesuai kebutuhan terus aku letakkan diantara kain Tulle dan potongan bunga dari kain sisa kebaya terus diatasnya ditaruh kain yang udah dibbasahi dan disetrika dengan suhu hangat kurang lebih 10 detik....nempel deh...tapi tetep aja setelah itu harus dijahit tangan karena takutnya kalau cuma pakai lem ntar copot saat dicuci. Dan ternyata jahit kerudung itu butuh waktu 3 hari karena sering terhalang acara2 lain.

Oya ngelanjutin soal payet kebaya akad....akhirnya aku harus beli payet lagi karena ternyata kurang....sebelumnya aku beli 3 bungkus kecil payet bambu patah dan 2 bungkus payet pasir. Trus begitu balik ke Jakarta aku beli lagi 2 bungkus payet pasir. Dan sampai sekarang aku belum selesai memayet hiks....masih kurang beberapa motif bunga lagi yang harus dipayet, bagiann leher juga belum dipayet nih...Semangat!!!!!!!!!

2 komentar:

  1. Mba boleh tau beli lem kainnya dimana? Merk lemnya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku beli lemnya di toko kecil yang menjual peralatan jahit di salah satu kota di Jatim. Tidak ada merknya. Biasanya ada di toko-toko yang menjual peralatan jahit, kalau di Jakarta mungkin bisa dicari di pasar pagi mangga dua.

      Hapus